Widget HTML Atas

Kewajiban Kita Menuntut Ilmu sebagai seorang Manusia yang dikaruniai Akal

Mediasiana.com - Kewajiban menuntut ilmu itu juga diperintahkan oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yang artinya : Menuntut ilmu itu wajib bagi tiap laki-laki yang islam dan juga perempuan yang islam.  Jadi, untuk kita seorang muslima dan muslimah hendaknya jangan bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Ada sebuah pribahasa tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat, artinya menuntut ilmu itu sejak kecil sampai ajal datang kepada diri kita masing-masing.

Kewajiban Kita Menuntut Ilmu


Ketahuilah oleh kalian bahwasanya tidak diwajibkan atas tiap laki-laki yang islam dan perempuan yang islam menuntut ilmu segala ilmu, tetapi diwajibkan untuk kalian menuntut ilmu beberapa hal seperti belajar ilmu Akidah Akhlak yaitu ilmu yang menerangkan cara bertingkah laku yang baik sesama manusia. Seperti yang dikatakan seorang pemuka islam : Sebaik-baik ilmu itu ialah ilmu akhlak dan sebaik ilmu itu memelihara perilaku.

menuntut ilmu

Maka dari itu, ilmu ini banyak bagaikan lautan, dan kita tidak akan mampu mempelajari ilmu itu secara keseluruhan karena otak manusia juga ada kapasitasnya. Maka dari itu pelajarilah ilmu yang berkenaan dengan adab dan perilaku kita selaku manusia. Baik berperilaku sesama makhluk maupun terhadap sang pencpta.

Pelajarilah ilmu yang kamu butuhkan bukan kamu inginkan, karena yang wajib patut lebih dulu dikerjakan ketimbang  kalian mengerjakan yang sunat. Sunat boleh dikerjakan namun jangan meninngalkan yang wajib dan lebih memilih yang sunat.

Artinya, betapa pentingnya sejak kecil kita belajar ilmu tentang akhlak, berperilaku yang baik. Dengan kita belajar sejak kecil tentang akhlak InsyaAllah kita kelak besar nanti dapat menjadi orang yang baik, orang yang bertaqwa, orang yang beriman dan orang yang bermanfaat bagi orang lain di sekelilingnya.

Semoga artikel yang singkat ini dapat bermanfaat dan menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT dan juga rasul-Nya. Demikian yang dapat saya sampaikaikan, sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. Wassalamualaikum wr, wb.
.....KLIK 1X (CLOSE).....