Apa itu Freelancer, berapa Gajinya ?

Mediasiana.com - Pengertian Freelancer, Syarat jadi Freelancer, Gaji Freelancer, Contoh Pekerjaan Freelancer. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu Freelancer dan apa saja pekerjaan seorang Freelancer. Buat kalian yang baru dengar istilah ini mari simak ulasannya berikut ini. Semoga kalian semua bisa faham dan tertarik menjadi Freelancer profesional sesuai dengan bida kalian masing-masing.

Pengertian Freelance


Freelance Adalah salah satu profesi seorang yang bekerja sendiri, secara lepas dan tidak terikat secara komitmen dalam jangka panjang kepada perusahaan atau organisasi, jadi bekerjanya bisa paruh waktu dan tidak terbatas oleh jam layaknya orang bekerja di kantor bisa disebut juga dengan pekerja lepas. Dan orang yang bekerja Freelance dengan pola seperti ini disebut sebagai Freelancer.


pengertian freelancer


Syarat Jadi Freelancer


Sebenarnya tidak ada syarat khusus menjadi seorang Freelancer, karena semua tergantung pada keahlian masing-masing dan juga berdasarkan permintaan penyedia JOB. Menjadi Freelancer juga tidak bisa dikukur dari status pendidikannya melainkan semua ini berdasarkan skil atau bakat yang dmiliki. Menjadi Freelancer berarti dia akan mengerjakan sesuatu yang diingikannya sesuai dengan tawaran JOB yang diberikan oleh seseorang baik melalui situs-situs web penyedia JOB ataupun tawaran melalui media sosial.

Seorang Freelancer juga bisa dari kalangan orang biasa, master IT, pecinta novel, ataupun seseorang yang berbakat dalam menulis, merancang web, medesain grafis, penginput data dan masih banyak lainnya job seorang Freelancer. Akantetapi biasanya para penyedia JOB ada juga yang memberikan beberapa persyaratan demi mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan dari pekerjaan Freelancer, berikut ulasannya :

1. Pengalaman

Biasanya perusahaan atau penyedia JOB mencari seorang Freelancer yang sudah berpengalaman, maka tidak jarang perusahaan akan meminta CV atau Curriculum Vitae dalam bentuk JPG. Serta deskripsi pengalaman yang pernah dikerjakan sebelumnya. Hal ini tiada lain untuk memastikan bahwa pihak perusahaan mencari orang yang tepat dan sesuai dengan JOB yang akan diberikan kepada seorang Freelancer.

2. Fleksibilitas

Menjadi seorang Freelancer, tentunya dituntu untuk bisa bekerja secara bebas dan dimana saja tegantung seornag Freelancer itu sendiri. Jadi dalam teknis bekerja akan di atur oleh Freelancer itu sendiri, baik jam kerja, dan juga tempat bekerjanya. Karena bekerja menjadi Freelancer itu bisa dilakukan dirumah bahkan di cafe sekalipun.

3. Bisa Online atau Bisa menggunakan Internet

Menjadi seorang Freelancer tentunya di tuntut untuk bisa menggunakan media internet. Karena segala pekerjaan terkait Freelancer adalah media Internet. Banyak situs-situs penyedia JOB untuk Freelancer juga di Internet. Karena dengan Internet kita bisa lebih luas dalam menjalin kerjasama dan mudah. Karena tidak terbatas jarak dan waktu, sehingga sangat simpel, fleksibel dan juga akurat dalam memanajemen waktu. Kalian bisa mendapatkan JOB atau pekerjaan bagi seorang Freelancer ada di beberapa situs seperti, di Sosiago.com, sribulancer.com, projects.co.id, sribu.com, 99design dan masih banyak lagi situs lainnya. Silahkan cari saja di Google, banyak kok.

4. Disiplin atau Bisa Memanajemen Waktu dengan Baik 

Menjadi seorang Freelancer juga dituntut untuk disiplin karena dalam pekerjaan JOB ini juga diberikan batas waktu. Bisa waktu pekerjaan satu minggu - satu bulan tergantung kerumitan JOB itu sendiri. Nah, buat kalian yang mendapatkan JOB banyak maka Anda harus pintar dalam memanajamen waktu agar nantinya pekerjaan Anda bisa selesai tepat waktu. Meskipun pekerjaannya tidak diberikan batasan waktu harian akantetapi juga ada tempo dalam waktu minggu dan juga bulan. Jadi jangan terlena dengan waktu yang diberikan oleh para pemakai jasa Anda ya.


Contoh Pekerjaan Freelancer


Ada berbagai pekerjaan seorang Freelancer yang sudah banyak dilakukan, bahkan teman saya juga seorang Freelancer ketika saya membutuhkan artikel untuk saya publikasikan di mediasiana ini. Nah, buat kalian yang baru dengar istilah Freelancer dan belum mengetahui pekerjaan apa saja seorang Freelancer mari simak ulasannya berikut ini..!

1. Jadi Penulis atau Writer

Nah, buat kalian yang jago menulis atau mengarang cerita bisa Anda menekuni menjadi seorang Freelancer dalam bidang menulis artikel. Ada banyak job biasanya yang ada di situs penyedia JOB yang berupa Jasa artikel ini. Ada JOB artikel tentang wisata, kesehatan, bisnis, review produk hingga juga jasa penulisan SEO. Nah, buat kalian yang pandai dalam menulis bisa mengambil JOB penulis pada suatu perusahaan yang membutuhkan seorang penulis lepas.

2. Penginput data di MS Office, Webiste dan juga Pengisian Survei

Buat kalian yang jago memainkan Ms. Office seperti Ms. Excel ataupun Word tentunya kalian juga bisa menjadi seorang Freelancer. Karena saya lihat di situs-situs JOB Freelancer banyak perusahaan ataupun instansi membuka JOB tersebut.

3. Desain Grafis dan Editing Foto

Buat kalian yang jago desain, bisa juga mengambil JOB di situs JOB Freelancer. Karena di sana banyak juga perusahaan ataupun CV yang membutuhkan seorang Desain garfis dalam mengerjakan proyek mereka seperti desain undangan, spanduk, poster dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Vedio Editor

Yang jago ngedit vedio, juga bisa jadi seorang Freelancer. Banyak orang yang membutuhkan seorang Freelancer dengan jago dibidang Vedio Editor. Apalagi jaman sekarang ini kebanyakan orang suka nonton vedio di media Internet. Seperti Youtube, Facebook , Instagram dan situs yang lainnya.

5. Pemandu Wisata

Nah, buat kalian para mahasiswa yang tidak sibuk pada hari libur, bisa mengambil JOB sebagai pemandu wisata. Apalagi JOB jadi pemandu wisata ini juga tidak berlaku dalam waktu panjang. Sehingga Anda bisa menjalani sebagai seorang Freelancer pemandu wisata. 


Gaji Freelancer


Karena pekerjaan seorang Freelancer ini tak terbatas waktu harian atau bebas alais paruh waktu tentunya gaji seorang Freelancer ini tidak bisa di prediksi, karena bayaran sesuai dengan JOB yang akan di kerjakan. Kalau JOB yang di ambil itu proyek besar ataupun pekerjaannya cukup sulit tentunya akan mendapatkan bayaran yang cukup besar. Dan gaji juga diataur di awal sesuai dengan kesepakatan antara seorang Freelancer dengan Pembuka JOB itu sendiri.


Penutup

Nah, itulah tadi penjelasan tentang Freelancer, pengertian Freelancer dan juga contoh pekerjaan seorang Freelancer. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Buat kalian yang baru tahu dan mengenal pekerjaan Freelancer, semoga bisa tertarik ya. Sekian saja yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini, sampai jumpa di ulasan artikel yang lainnya. :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Freelancer, berapa Gajinya ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel