Widget HTML Atas

7 Alasan Kenapa Mahasiswa Ingin Cepat WISUDA - AWAS di DO !

Mediasiana.com - Alasan Mahasiswa ingin cepat WISUDA. Semua mahasiswa pasti menginginkan dirinya di WISUDA, meskipun untuk program sarajana dijaman ini standarnya 4 tahun atau 8 semester minimalnya untuk WISUDA. Namun, kalau lebih dari 8 semester bagaimana ? tetep sah-sah saja asalkan masih dalam batas waktu yang telah ditentukan, kalau udah lebih dari batas yang ditentukan maka bisa di Drop OUT (DO) jadi Mahasiswa. Ambang batas jadi Mahasiswa silahkan kunjungi link berikut ini untuk mengetahui berapa ambang batas untuk seorang mahasiswa sesuai dengan program studinya : Aturan DO


Alasan Pengen Cepat Wisuda


Ketika seorang calon mahasiswa bertujuan untuk kuliah tentunya dirinya menginginkan meraih gelar studinya kalau bisa waktu cepat kenapa masih milih yang lambat ? namun untuk hal ini sepertinya sudah ditentukan oleh Menristekdikti.


alasan cepat wisuda

Ada beberapa alasan kenapa kita ketika jadi Mahasiswa menginginkan cepat bisa wisuda, selain jadi tujuan utama adalah Gol seorang Mahasiswa memang itu. Buat apa kuliah kalau tidak ingin jadi Sarjana ? namun ternyata ada juga seorang Mahasiswa yang sengaja menunda-nunda kelulusannya tujuannya yaitu ada yang masih betah jadi mahasiswa mungkin karena masih suka berorganisasi di Kampus dana juga yang masih pengen seneng-seneng banyak temennya kalau jadi Mahasiswa, ataupun ada yang malas mengerjakan tugas penelitiannya.

Walaupun itu hak individual masing-masing kita juga tidak bisa memaksa orang buat cepat lulus kalau hal itu kemauan mereka sendiri. Setidaknya, dengan menunda kelulusan tetap saja hal tersebut akan terjadi kalau toh masih mau ya tunggu aja di DO lalu kembali lagi di semester awal, iya kalau kampus masih mau menerima seorang Mahasiswa modelnya seperti itu ? pasti pengelola kampus akan berpikir dua kali untuk menerimanya walaupun kampus yang lainnya.

Dari pembahasan diatas, maka sebaiknya kita bisa lulus dengan tepat waktu itu lebih baik karena ada beberapa alasan yang membuat kita bisa lulus tepat waktu. Berikut ini saya akan merangkum 7 alasan mahasiswa harus lulus tepat waktu, berikut ulasannya.


Alasan Kenapa Mahasiswa Ingin Cepat WISUDA, simak selelngkapnya:


1. Bebas dari Tugas Kuliah


Kalau masih berstatus Mahasiswa tentunya pasti saja ada tugas kuliah bahkan tugas ini terus saja ada dan tidak pernah hilang. Walaupun berada di semester akhir kalau tugas untuk menggarab Skripsi tentunya tetap masih ada, bahkan mahasiswa untuk program sarjana S1 tidak bisa lulus sebelum melakukan penelitian secara ilmiah. 

Karena salah satu kunci utama seorang Mahasiswa yang berada di semester akhir adalah menyelesaikan pendidikannya dengan melakukan penelitian ilmiah yang biasa disebut dengan SRIPSI. Kalau belum melakukan ujian SKRIPSI ataupun melakukan penelitian secara ilmiah dengan melalui proses pengujian maka jangan harap Mahasiswa bisa ikut Wisuda. 

Apalagi kebanyakan mahasiswa mengalami dilema bahkan stres itu ketika berada di semester akhir, selain di buru waktu juga di buru dengan keadaan. Suasana hidup akan gelisah dan tidak tenang sebelum melakukan Sidang SKRIPSI, karena saya sudah mengalami hal ini jadi saya tahu persis bagaimana sih kondisi seorang Mahasiswa yang berada di semester akhir.


2. Bisa Mulai Cari Kerja dengan Ijazah Sarjana atau Diplomanya


Sebenarnya kurang idealis mencari kerja dengan menunggu lulus sarjana atau Diploma, karena tetap saja dunia kerja menuntut skil dan pengalaman. Kalau kuliah saja belum banyak praktek di dunia kerja tentunya dengan menyodorkan Ijazah saja dirasa belum cukup meyakinkan skilnya. Maka dari itu biasanya seorang lulusan Sarjana akan tetap di training dulu, meskipun gelarnya udah S1 ataupun D3.

Karena dunia kerja dengan dunia pembelajaran di kampus itu berbeda. Bahkan teori yang di pelajari dikampus dengan praktek di dunia kerja saja berbeda. Kalau di dunia kerja sudah menggunakan Aplikasi komputer dalam proses kerjanya sedangkan dalam dunia perkuliahan masih banyak teori sedangkan untuk prakteknya belum begitu banyak. Karena setiap perusahaan atau instansi berbeda-beda sistem kerjanya.

Oleh karena itu, ketika sudah lulus atau sudah di Wisuda maka kalian sudah bisa mulai cari kerja menggunakan titel kalian, enak yak ,hehe..


3. Agar Bisa Nikah


Nikah sebenarnya sebuah kebutuhan, tetapi kalau status masih jadi Mahasiswa atau Mahasiswi tentunya ada sebagian orang menunda untuk menikah. Maka biasanya mereka akan menunggu selesai pendidikan dulu baru bisa melangsungkan pernikahan. Tujuannya agar nantinya pikiran lebih nyaman dan tidak terlalu beban. Karena status jadi Mahasiswa mana status juga punya anak jadi harus bisa kerja ekstra mikir anak, mikir tugas kuliah, mikir suami dan lainnnya. Walaupun ada juga sebagain orang yang memutuskan untuk menikah disaat dirinya menjadi Mahasiswa. Akantetapi mayoritas dari kalangan mahasiswa yang mempunyai cita-cita yang lebih jauh kedepan mereka enggan untuk cepat menikah. Jadi tunggu lulus baru deh nikah biar playning bisa berjalan lancar, itu sih menurut mereka.


4. Pergi Merantau


Alasan yang ke empat adalah merantau, karena ingin segera pergi berlayar menyusuri kehidupan yang lebih luas. Apalagi kalau kerja dengan perusahaan tentunya akan lebih bebas kalau nanti ada mutasi atau naik jabatan dan di mutasikan ke luar daerah jadi tidak ada beban lagi yang terpikirkan. Dengan lulus lebih cepat ataupun tepat waktu tentunya akan leluasa kita bisa pergi ke daerah lain dalam waktu yang lama. Entah itu bekerja ataupun tinggal di daerah lain yang jauh dari tempat tinggal sebelumnya.


5. Bisa Lebih Fokus Mebangun Bisnis


Nah, alasan yang kelima adalah bisa lebih fokus dalam membangun bisnis. Dengan kita sudah wisuda berarti kita sudah lulus artinya kita sudah terbebas dari tanggungan seorang Mahasiswa yang biasanya harus pergi ngampus, mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya yang bersangkutan dengan kampus. Dengan kita sudah lulus tepat waktu tentunya akan lebih plong dan lebih fokus dalam mengembangkan usaha kedepannya.


6. Bisa Membahagiakan Orang Tua


Tujuan kita kuliah adalah bisa wisuda, meraih gelar sarajana terus dapat IPK yang baik, dapat ilmu pengetahuan, skil bertambah. Dan yang paling membahagiakan orang tua adalah ketika melihat anaknya di Wisuda bersama teman-teman se angkatan lainnya. Lihat saja raut wajah orang tua kita saat melihat kita yang statusnya masih saja mahasiswa sedangkan teman se angkatannya sudah lulus, pasti mereka akan sedih dan gelisah kenapa anak saya belum saya wisuda sedangkan teman-teman se-angkatan dia sudah wisuda. 

Orang tua kita akan sangat bahagia menyaksikan nama anaknya di panggil maju kedepan saat prosesi wisuda, apalagi kita mendapatkan predikat Cumlaude terbaik dari mahasiswa Cumlaude lainnya. Sungguh terpancar raut wajah sumringah dan bahagia dari bapak atau ibu kita yang turut menyaksikan moment tersebut.


7. Bisa Lanjut Ke Jenjang Selanjutnya


Dengan selesainya kita di jenjang diploma ataupun program sarjana, tentunya kita bisa lebih mudah untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi terutama untuk program S1 bisa lanjut ke S2. Jadi buat kalian yang cita-citanya ingin jadi Magister tentunya kalian harus bisa wisuda dengan tepat waktu dulu ya. Jadi inilah alasan kenapa kita harus bisa wisuda atau lulus dengan tepat waktu.


Baca Juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi di Kampus


Penutup

Nah, itulah uraian dari Alasan Kenapa Mahasiswa Ingin Cepat WISUDA. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan dan juga motivasi kita baik itu calon mahasiswa, mahasiswa baru dan juga mahasiswa yang berada di semster akhir agar bisa cepat menyelesaikan tugas akhirnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya uraikan semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. :)
.....KLIK 1X (CLOSE).....