Widget HTML Atas

7 Jurusan Kuliah yang Paling Sulit di Dunia, Calon Mahasiswa Harus Tahu !

Mediasiana.com -  Jurusan Kuliah Paling Sulit atau Susah di Dunia dan ditakuti bahkan dihindari calon mahasiswa baru. Calon Mahasiswa Harus Tahu agar nantinya tidak salah dalam mengambil jurusan dan tidak stres saat mengerjakan tugas-tugas kuliahnya. Ada beberapa jurusan kuliah yang paling susah di dunia yang akan saya rangkum dalam kesempatan ini. Semoga dengan uraian tentang 7 Jurusan Kuliah yang Paling Sulit di Dunia ini menambah referensi bagi calon mahasiswa baru agar tidak terjebak dalam liku-liku dunia kuliahan.


Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja yang Menjanjikan


Jurusan kuliah yang mayoritas susah biasanya memiliki prospek kerja bagus setelah lulus nanti, karena tugas ataupun proyek yang dikerjakan dalam masa perkuliahan juga sebanding dengan bidang yang akan ditempuh nantinya setelah lulus kuliah.



jurusan kuliah yang paling sulit di dunia

Sebenarnya ada banya sih jurusan yang sulit, namun semua kembali pada diri masing-masing seberapa kuat ataupun sebera cerdas seseorang dalam dunia pendidikan. Karena kapasitas seorang mahasiswa juga berbeda beda baik itu skil, mental maupun tingkat kecerdasannya.

Pada kesempatan ini saya akan merangkum 7 Jurusan Kuliah tersulit atau Tersusah di Dunia versi Mediasiana. Bagi kalian yang sudah penasaran langsung saja baca ulasannya berikut ini.



7 Jurusan Kuliah yang Paling Sulit di Dunia



1. Jurusan Engineering



Apa itu Engineering ? Engineering adalah salah satu ilmu keteknikan yang biasanya dipraktekkan dalam kehidupan kita  sehari-hari, tujuannya untuk mempermudah kita dalam melakukan sesuatu hal. Ilmu Engineering dapat mengatasi berbagai permasalahan yang ada di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari baik itu dari hal yang paling terkecil hingga hal besar. Jadi, engineering ini juga mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk kemajuan pembangunan suatu negara khususnya dibidang teknologi.

Jadi, Jurusan Engineering ini adalah Ilmu Teknik atau rekayasa , jadi penerapan ilmu ini digunakan dalam dunia teknologi. Hal ini untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh manusia. Tentunya hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, serta matematika dan pengalaman praktis, yang biasa diterapkan untuk mendesain sebuah objek atau proses yang berguna. Adapun untuk sebutan para praktisi teknik profesional biasa disebut sebagai insinyur.

Adapun untuk disiplin ilmu dalam Engineering antara lain : matematika, IPA:( fisika, kimia, dan biologi). Jika ikalian ngin menjadi seorang engineer, maka Anda harus benar-benar paham dan juga menguasai beberapa bidang ilmu tersebut, karena bidang ilmu inilah yang akan digunakan dalam setiap kegiatan ke-engineering-an.

Jadi dalam proses kuliahnya juga akan lebih banyak proyek yang dikerjakan dan tugasnya juga banyak praktek karena seorang Engineering ini dia biasanya akan membuat proyek yang berbau mesin, desain kapal, kapal terbang, baut, desain mobil sampai juga tahap perakitannya. Maka dari itu setelah Anda lulus dari kampus dengan jurusan Engineering maka Anda akan di cari perusahaan untuk bekerja dan menyelesaikan suatu proyek tentunya gajinya terbilang fantastis.

Adapun untuk jenis-jenis jurusan Enginering sebagai berikut :
  1. Petroleum Engineering
  2. Chemical Engineering
  3. Nuclear Engineering
  4. Electrical Engineering
  5. Computer Engineering
  6. Aerospace Engineering
  7. Materials Science and Engineering
  8. Mechanical Engineering
  9. Industrial Engineering
  10. Software Engineering


2. Jurusan Teknik Arsitektur


Jurusan arsitektur ini tergolong jurusan yang susah, selain jago dalam matematika juga jago dalam menaksir serta desain. Karena di jurusan ini biasanya Mahasiswa akan diminta untuk mendesain suatu objek dan memberikan sebuah hitungan kerinciannya dari Hitungan bahan baku sampai dengan anggaran.

Bahkan di teknik arsitektur mahasiswa ini layaknya seorang Tukang bangunan yang hali, maka tidak heran proses pendidikannya disiplin, dan juga harus bisa menyelesaikan proyek dengan tepat waktu. Namun bagi kalian yang hobi atau jago menggambar ataupun membuat sebuah skema bangunan tidak ada salahnya kalian mencoba masuk jurusan ini. Karena setelah Anda lulus nanti banyak perusahaan yang membutuhkan seorang arsitek.


3. Jurusan Farmasi


Di jurusan ini mahasiswa akan lebih banyak menghitung, eksperimen tentang obat-obatan bahkan juga harus pintar dalam mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi. Karena obat-obatan yang dibuat ini tidak bisa sembarangan. Kalau salah takar maka akan berbahaya bagi orang yang mengkonumsinya bisa-bisa mati. 

Bahkan di jurusan ini banyak sekali tugas ataupun praktikum yang dilaksakan belum lagi harus menggarap laporan ilmiah atau hajil pengujian. Maka tidak heran sehabis lulus dari farmasi maka Anda akan dibutuhkan dalam dunia kerja terutama di Rumah Sakit.


4. Jurusan Kedokteran


Jurusan kedokteran di seluruh dunia juga hampir sama, yaitu sering ada praktikum , pembuatan laporan belum lagi belajar bedah hewan dan jasad orang mati. Pokoknya serem, apalagi saat belajar operasi bedah orang waduh pokoknya serem. Tapi buat kalian yang hobi bedah-bedah binatang tidak ada salahnya mengambil jurusan kedokteran.

Selain biaya mahal tentunya akan sebanding dengan hasil nantinya ketika lulus, Anda akan langsung bisa terjun kedunia kerja tanpa repot lagi.


5. Teknik Sipil


Jurusan teknik sipil biasanya calon mahasiswa baru akan menjalani tes baik itu tes desain ataupun tes dalam pembuatan proyek kecil. Ketika seorang Mahasiswa baru berada dalam jurusan ini maka siap-siap juga dalam banyaknya proyek. Karena lebih banyak praktek, menghitung. Kalian juga dituntut pandai dalam mata pelajaran Matematika, Kimia,Geologi, Fisika dan Biologi karena ini masih berkaitan dengan Pembanguna Infrasturtur. Hingga merancang desain baru dari desain yang ada bahkan juga membangun bangunan baru yang belum ada.


6. Manajemen Bisnis "Akutansi"



Nah, untuk juruan yang susah di perkuliahan ada Manajemen Bisnis terutama dalam ilmu Akutansi, selain dituntut jago matematika juga jago dalam penggunaan aplikasi keuangan. Apalagi basis sekarang ini dunia keungan menggunakan teknologi komputer. Maka dari itu selain di tuntut piawai dalam menghitung juga harus pandai dalam menggunakan teknologi.

Biasanya yang paling susah adalah ketika menghitung laporan keunagan dan ada jumlah selisih atau kurang, maka biasanya akan pusing banget setengah mati mencari angka selisihnya.


7. Jurusan Matematika


Jurusan yang ke tujuh adalah matematika. Dari masa sekolah di SD, SLTP bahkan sampai SLTA mata pelajaran Matematika ini banyak dihindari banyak pelajar, selain kerjaannya menghitung, kadang suka bingung apa fungsi menghitung sampai susah-susah tapi waktu di masyarakat banyak menggunakan kurangan, tambahan, sama bagian. Namun saat disekolah hitungannya rumus aljabar, algoritma dan macam-macam lagi buat pusing.

Nah, saat di perkuliahan juga, jurusan matematika ini jurusan paling dihindari, apalagi buat calon mahasiswa yang tidak jago dalam menghitung. Namun jurusan ini juga memiliki kompetitor yang sedikit didalam dunia kerja, maka dari itu agar kalian lulus kuliah bisa langsung kerja maka saya sarankan pilihlah jurusan yang lulusannya itu sedikit diwilayah Anda jadi kompetitor Anda dalam dunia kerja juga sedikit maka banyak peluang bagi Anda untuk bisa langsung melamar di suatu instansi, sekolah ataupun perusahaan.



Baca Juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Organisasi di Kampus

Penutup

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya uraikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Janganlupa baca juga ulasan lainnya dibawah ini. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya. :)