Surat Perjanjian Kerjasama Konsinyasi

Mediasiana.com - Perjanjian Kerjasama Konsinyasi adalah salah satu surat perjanjian bisnis yang biasa terjadi diperusahaan. Buat kalian yang baru denger istilah konsinyasi maka tentunya mempelajari hal ini, apalagi buat teman-teman pelaku bisnis. tentunya dengan adanya surat perjanjian kerjasama konsinyasi ini akan mengatur dan mempermudahkan dalam pembagian keuntungan dalam suatu bisnis yang sedang dijalankan secara kerjasama.

Berikut ini salah satu contoh dari surat perjanjian konsinyasi, silahkan Anda simak ulasannya berikut ini..!

Surat Perjanjian Kerjasama Konsinyasi

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Konsinyasi


SURAT PERJANJIAN KERJASAMA Konsinyasi


Perjanjian kerjasama Konsinyasi ini dibuat pada tanggal 16 Januari 2009 oleh dan antara :  

Bapak Ricky Mudjiono, selaku Purchasing   Manager   Toko  Buku   Karisma (PT Karisma Aksara Mediatama, PT Interaksara Mediatama, PT Gospel Karisma Mediatama) dengan alamat di Gedung Karisma, Jalan Mohammad  Toha No. 2 ( Raya Parung ), Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang 15418, dalam hal ini disebut sebagai   PIHAK PERTAMA. dan  Bapak Asep Eka Yadi S., selaku Marketing  dari CV.Mujahid Press Dengan alamat di Jl. Tambakan No. 06 Bojongkunci Pameungpeuk Bandung 40376, dalam hal ini disebut sebagai    PIHAK KEDUA 

Para pihak terlebih dulu menerangkan bahwa :  

1.  Pihak Pertama   merupakan   suatu   Perseroan Terbatas    yang   salah   satu   kegiatannya    bergerak   di bidang   retail  ( buku ). 

2.  Pihak    Kedua   adalah  suatu perusahaan  yang  bergerak dalam distribusi dalam bidang penerbitan buku   dengan  status  NPKP ( Non Perusahaan Kena Pajak ) atau jika PKP ( Pengusaha Kena Pajak ) maka pihak kedua harus menerbitkan faktur pajak dan melampirkan surat pengukuhan PKP. 

Oleh karena itu, para pihak dengan ini setuju dan sepakat untuk mengadakan kerjasama  dalam bidang perdagangan (jual/beli) buku dengan   ketentuan   dan   syarat-syarat   sebagai   berikut :  

Pasal 1 
Bentuk Kerjasama
  
1. Pihak   Kedua    setuju dan sepakat menunjuk   Pihak Pertama  sebagai  pelaku  jual beli buku untuk menjual buku milik  pihak  kedua. 

2. Pihak Pertama dengan ini menerima  penunjukkan  Pihak Kedua tersebut selaku    penjual buku Pihak Kedua untuk seluruh cabang Toko Buku Karisma berada. 

3. Khusus untuk produk buku, harga buku yang dimaksud di dalam perjanjian ini ditetapkan oleh Pihak Kedua, kecuali telah dipejanjikan terlebih dahulu.        

Pihak Kedua berhak menetapkan harga jual buku tersebut semata-mata menurut     perhitungan Pihak Kedua sendiri, akan tetapi tidak boleh lebih mahal dibandingkan dengan Toko Buku lainnya misalnya TB Gramedia dan TB Gunung Agung.  Pihak Kedua akan memberikan harga resmi dan bersaing kepada TB. KARISMA, dan bersedia untuk dipotong atas pembayaran jika terbukti melakukan “ MARK UP “ dari harga resmi modern retail.

4. Untuk produk buku Pihak Pertama berhak menentukan  buku  yang  akan  dibeli dalam  setiap  judul yang ditawarkan.

Pasal 2 
Wilayah Pemasaran   

Wilayah pemasaran adalah seluruh cabang Toko Buku Karisma dimana berada, kecuali telah disepakati sebelumnya oleh kedua belah pihak.
   
Pasal 3 
Imbal Jasa dan Sistem Pembayaran 

 1.  Para    pihak   dengan ini setuju dan sepakat   bahwa   sistem  pembayaran  yang dipergunakan untuk transaksi adalah system “Konsinyasi”   dengan  potongan   rabat  sebesar 40 % ( Empat Puluh persen ).  2.  Pihak kedua bersedia untuk memberikan tambahan discount promosi untuk pembukaan toko baru sebesar : 5 %  3.  Adapun mekanisme pembayaran yang dilakukan Pihak Pertama kepada Pihak Kedua adalah sebagai berikut  :

a.  Semua bentuk penagihan harus dilengkapi dokumen yang telah ditentukan oleh Departement Keuangan , Accunting serta Pajak Pihak Pertama (terlampir) pembayaran akan tertunda apabila dokumen tersebut tidak lengkap. 

b.  Untuk setiap penagihan harus dilampiri kwitansi yang terdiri dari masing-masing cabang toko (bukan per PT).  

c.  Untuk penagihan yang dilakukan dalam satu hari dan nilai nominalnya kurang dari Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) dapat dilakukan dalam bentuk cash. 

d.  Untuk penagihan yang dilakukan dalam satu hari tapi jika globalnya melebihi nominal Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) akan dilakukan melalui transfer bank. 

4.  Setiap penagihan yang melalui transfer bank dialamatkan ke :  

Nama    : Toha Nasrudin, S.Ag 
No Rekening   :  3373003413 
Bank  : BCA 
Alamat Bank  :  KCP Dayeuhkolot Bandung 

5.  Apabila Pihak Kedua akan mengadakan perubahan alamat transfer harus memberikan surat pernyataan bermeterai yang menerangkan hal tersebut di atas ke Pihak Pertama. 

Pasal 4 
Mekanisme Penagihan Komisi  

1. Kedua belah pihak telah setuju dan sepakat bahwa untuk pembuatan LPK (Laporan Penjualan Komisi) dilakukan paling cepat “2 ( dua ) bulan sekali” 

2. Bilamana dalam 14 (empat belas) hari setelah menerima LPK (Laporan Penjualan Komisi) kami tidak menerima sanggahan dari Pihak Kedua maka kami anggap LPK (laporan Penjualan Komisi) tersebut sudah disetujui dan kami tidak menerima komplain setelah masa tersebut. 

3. Pihak Kedua diharuskan untuk mengambil LPK (Laporan Penjualan Komisi) secara teratur sesuai perjanjian, jika terjadi keterlambatan kami akan memprioritaskan yang mengambil secara rutin terlebih dahulu.  

Pasal 5 
Pajak-Pajak  

1. Pihak Pertama dan Pihak Kedua setuju dan sepakat untuk mematuhi dan menjalankan seluruh Peraturan Perpajakan yang berlaku dan berhubungan dengan perjanjian kerjasama ini. 

2. Pihak Kedua setuju dan sepakat untuk menerbitkan/menyerahkan Faktur Pajak Standar pada saat Pihak Kedua melakukan pengajuan penagihan kepada Pihak Pertama. 

3. Dalam hal Pihak Kedua tidak dapat menerbitkan Faktur Pajak Standar karena belum terdaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP) maka jumlah Pajak Pertambahan Nilai (PPN 10%) yang terutang akan dipotong dari tagihan Pihak Kedua. 

4. Pihak Kedua wajib mengganti Faktur Pajak Standar yang dianggap Pihak Pertama sebagai Faktur Pajak Standar yang cacat/rusak/tidak sesuai dengan Peraturan Perpajakan yang berlaku. 

5. Pembayaran akan tertunda apabila dokumen Faktur Pajak Standar yang diterbitkan/diserahkan oleh Pihak Kedua rusak/cacat/tidak sesuai dengan Peraturan Perpajakan yang berlaku.  

Pasal 6 
Mekanisme Pengiriman   

1.  Untuk produk buku Pihak Kedua akan mengirimkan satu eksemplar buku contoh secara cuma-cuma untuk setiap judul buku yang ditawarkan, sebagai bahan pertimbangan sebelum Pihak Pertama melakukan  pemesanan. 

2.  Pihak  Kedua  akan  mengirimkan  barang/produk  setelah  menerima  PO (Purchase  Order)  dan  jumlah serta jenis barang yang  dikirim  adalah  harus sesuai dengan yang tertera didalam  PO. 

3.  Setiap pengiriman barang dilakukan di Gedung Karisma Jl. Mohammad Toha (Raya Parung) No 2 Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang 15418, atau telah diperjanjikan terlebih dahulu. 

4.  Jika pada waktu pengiriman ada ketidaksesuaian antara PO dan pengiriman maka yang akan diambil sebagai pedoman adalah sesuai dengan PO. 

5.  Jika pada waktu pengiriman antara Faktur sudah sesuai dengan PO akan tetapi fisik barangnya berbeda antara lain : 

a.  Barang yang dikirim lebih banyak dibandingkan faktur, maka yang jadi pedoman adalah faktur. 
b.  Barang yang dikirim lebih sedikit dibandingkan faktur, maka yang jadi pedoman adalah jumlah barang tersebut. 
c. Barang yang terkirim ternyata rusak/salah produksi maka yang jadi pedoman adalah jumlah barang yang diterima saja. 

Pasal 7 
Buku-Buku Bajakan  yang Dilarang oleh Undang-Undang
   
1.  Pihak  Pertama  berhak  untuk  mengembalikan/menahan buku  yang  dikirim  oleh  Pihak     Kedua, dalam hal buku tersebut dilarang  peredarannya  oleh  pemerintah dan atau masuk kategori buku bajakan,  serta apabila baru diketahui di  kemudian  hari bahwa  isi  materi   buku  dinilai   berbau  SARA  atau   porno. 

2. Apabila terjadi hal ayat 1 dan ayat 2 di atas maka biaya retur barang merupakan beban sepenuhnya Pihak Kedua. 

3. Apabila terjadi hal ayat 1 di atas maka Pihak Pertama dibebaskan atas segala resiko  dan  biaya  yang  mungkin  timbul atasnya. 

4.  Tanggung jawab dari hal tersebut di atas sepenuhnya adalah tanggung jawab Pihak Kedua. 


Pasal 8 
Hak Cipta dan Izin Edar  

Hal-hal  yang  menyangkut   hak   cipta,  izin  edar  dan  lain-lain  yang  berkaitan     dengan  materi  buku , sepenuhnya  menjadi  tanggung  jawab  Pihak Kedua dan Pihak  Pertama  dibebaskan   dari   segala   tuntutan  hukum  dari   Pihak  Ketiga maupun penguasa.  

Pasal 9 
Biaya-Biaya  

1.  Biaya  kirim  buku dari  tempat  Pihak  Kedua   ke  gudang  kantor  pusat  Pihak Pertama,    sepenuhnya    menjadi   beban  dan   tanggung   jawab  Pihak   Kedua. 

2.  Biaya atas  pendistribusian  buku dari   gudang   kantor   pusat  Pihak Pertama ke seluruh  Toko Buku Karisma,  sepenuhnya menjadi beban dan tanggung jawab Pihak Pertama. 

3.  Biaya atas retur Buku yang disuplay oleh pihak kedua, sepenuhnya akan menjadi tanggungan pihak kedua
.  
Pasal 10 
Perselisihan 

1.  Segala sesuatu yang belum diatur dalam pasal-pasal perjanjian ini akan diatur kemudian secara bersama-sama antara kedua belah pihak. 

2.  Bilamana terjadi perbedaan pendapat dalam pelaksanaan  perjanjian  ini  antara Pihak Pertama dan Pihak  Kedua,  maka   kedua  belah  pihak  bersepakat  untuk  mengusahakan  penyelesaian  secara  musyawarah  untuk  mufakat. 

3. Dalam hal penyelesaian dengan jalan musyawarah untuk mufakat tidak tercapai, kedua belah pihak sepakat untuk mencari penyelesaian melalui Pengadilan Negeri setempat sesuai dengan domisili Pihak Pertama. 

Pasal 11 
Klausul Khusus  

Dengan adanya perjanjian ini maka semua bentuk perjanjian yang telah dibuat dan disepakati serta ditandatangani bersama antara Pihak Pertama dan Pihak Kedua, dinyatakan batal dan tidak berlaku lagi.   

Pasal 12 
Lain-lain  

Hal-hal  yang  belum tercantum dalam surat perjanjian ini akan dibicarakan dan     diputuskan  oleh  kedua  belah pihak,  yang   hasilnya  merupakan   lampiran/ amandemen  dari  surat  perjanjian  ini,  menjadi  sah dan mempunyai kekuatan hukum bila ditandatangani kedua belah pihak.  

Demikian surat perjanjian ini dibuat dalam dua rangkap, masing-masing dibubuhi materai cukup, ditandatangani oleh kedua belah pihak dan mempunyai kekuatan hukum yang sama.  

Perjanjian ini  mulai berlaku sejak tanggal surat perjanjian  ini  ditandatangani oleh kedua belah pihak.


    Pihak Pertama :                                 Pihak Kedua :     

     Materai 6.000,- 

    Ricky Mudjiono                                  Asep Eka Yadi S                                                      Purchasing Manager                                 Marketing            


Untuk dokumen dalam bentuk PDF silahkan Anda unduh filenya dibawah ini ..!

UNDUH DOKUMEN

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Surat Perjanjian Kerjasama Konsinyasi"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel