16 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan ternyata bisa mencegah kanker. Pasti diantara kalian sudah mengetahui dengan kayu manis, ya' kayu manis adalah salah satu jenis bumbu atau rempah-rempah yang biasa dijual di pasar dan digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis masakan makanan. Selain itu dengan menambahkan kayu manis ini pada masakan akan menambah rasa dan menambah aroma yang semakin sedap. Selain sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat dari kayu manis ? yuk simak ulasan selengkapnya !

Manfaat Kayu Manis bagi Kesehatan Tubuh


Selain sebagai bumbu masak, kayu manis sudah banyak digunakan untuk bahan herbal pengobatan tradisional sejak dulu, akantetapi khasiat dari kayu manis untuk kesehatan masih saja menjadi pro kontra dikalangan masyarakat. Oleh karena itu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan terkait kandungan dan manfaat dari kayu manis ini.


Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kulit dari batang kayu manis juga memiliki aroma yang khas, rasa pedas, agak manis dan juga sedikit kelat. Jika kita melakukan pengamatan secara makroskopik, potongan dari kulit kayu manis ini berbentuk gelondong. Kulit kayu manis juga agak menggulung dan membujur serta panjangnya antara 1 meter dengan ketebalan kulitnya 1 mm sampai dengan 3 mm.

Beberapa manfaat dari kayu manis untuk kesehatan tubuh, terdiri dari:



1. Dapat mengobati akibat Infeksi bakteri dan jamur


Kayu manis ternyata mengandung zat cinnamaldehyde, zat tersebut diyakini dapat membantu untuk melawan berbagai jenis infeksi termasuk yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Minyak yang berasal dari kayu manis ini juga telah terbukti secara efektif dapat mengobati infeksi yaitu saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur. Efek dari antimikroba pada kayu manis ini dapat membantu untuk mengurangi bau mulut dan juga dapat mencegah kerusakan gigi.

2. Dapat Mengatasi Alzheimer


Manfaat dari kayu manis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengatasi Alzheimer. Kandungan antioksidan pada kayu manis seperti zat polifenol yang tinggi. Kandungan antioksidan pada kayu manis ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan juga dipercaya dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit Alzheimer.

Selain kandungan antioksidannya yang tinggi, terdapat kandungan lain yang ada pada kayu manis dan dipercaya juga dapat menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer.

3. Dapat Sebagai Antiinfeksi


Manfaat selanjutnya dari kayu manis adalah bisa untuk mengatasi infeksi. Hal ini karena adanya sebuah komponen anti infeksi natural pada kayu manis. Dalam berbagai penelitian bahwa kayu manis ini terbukti cukup efektif untuk menghilangkan bakteri H. Pylori, dimana bakteri ini dapat menyebabkan sakit maag dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri.

4. Menyeimbangkan kadar pada hormon Tubuh


Kandungan cinnamaldehyde telah digadang-gadang dapat menyeimbangkan hormon baik itu pada wanita, hal ini dapat meningkatkan hormon progesteron, dan juga dapat mengurangi kadar hormon testosteron pada wanita.

5. Sebagai Antimikroba


Tanaman kayu manis telah dipercaya sebagian orang bisa melawan pertumbuhan jamur dan bakteri, salah satunya adalah jenis jamur Candida. Candida adalah salah satu mikroorganisme yang menjadi penyebab munculnya infeksi yang bisa ditemukan di area mulut, vagina dan juga usus, hal inilah yang menyebabkan penyakit pada kulit dan membran mukus.

Infeksi Candida pada tubuh manusia bagian dalam bisa dikurangi bahkan dapat dihentikan dengan Anda mengkonsumsi kayu manis tersebut. Hal ini dikarenakan ada kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

6. Dapat Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin


Kandungan kromium dan polifenol pada kayu manis juga terbukti dapat meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin, mengingat mayoritas senyawa-senyawa ini mempunyai efek yang hampir mirip dengan persinyalan insulin dan kontrol glukosa.

Semakin banyak dan meningkatnya sensitivitas terhadap insulin di dalam tubuh seseorang, maka semakin sedikit jumlah insulin yang dibutuhkan oleh orang tersebut untuk bisa membuat gula darah menjadi stabil. Dengan meningkatnya sensitivitas terhadap hormon insulin, maka risiko penyakit diabetes tipe dua, tekanan darah tinggi, dan kolesterol bisa diminimalisir.

7. Dapat Meningkatkan fungsi otak


Dengan mencium bau kayu manis saja diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Selain itu, aroma pada kayu manis ini juga bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan dapat membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan juga meningkatkan kecepatan bekerja.

8. Menurunkan kolesterol


Kandungan kayu terdiri dari kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan. Oleh karena itu, kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung dan kolesterol.

Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, khasiat kayu manis juga bisa mengobati konstipasi karena kandungan seratnya.

9. Mencegah pertumbuhan sel kanker


Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Texas menunjukkan bahwa manfaat kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

10. Menghangatkan


Kayu manis biasanya digunakan oleh pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

11. Mengontrol gula darah


Kayu manis dipercaya mampu mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah.

Selain itu, kayu manis juga membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, trigliserida, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

12. Mencegah penggumpalan darah


Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dipercaya bisa mencegah darah untuk menggumpal. Kayu manis juga mengeluarkan asam lemak antiperadangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

Cinnamaldehyde adalah suatu senyawa atau komponen di dalam minyak atsiri terletak pada sel minyak pada kulit kayu manis. Minyak atsiri semula di luar sel kemudian merusak sel-sel disekitarnya sehingga terbentuklah saluran semacam organ dengan minyak atsiri di dalamnya yang disebut kelenjar. Pembentukan kelenjar yang demikian disebut sebagai pembentukan secara schizolysigen.

13. Meringankan sakit pada penderita rematik


Manfaat kayu manis untuk kesehatan sadalah mampu mengatasi rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

14. Menjaga kondisi sel saraf


Kematian sel saraf merupakan pemicu berbagai penyakit saraf, seperti penyakit Huntington, Alzheimer, Parkinson, dan sejenisnya. Penyakit-penyakit neurodegeneratif ini berhubungan dengan kerusakan sel-sel saraf dan memengaruhi pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik, hingga pengambilan memori.

15. Baik untuk jantung


Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi makanan yang kaya akan rempah-rempah seperti kunyit dan kayu manis, dapat mengurangi efek negatif dari makanan berlemak, sehingga dipercaya dapat dipercaya menurunkan risiko penyakit jantung.

16. Antioksidan


Bagi Anda yang sering terpapar polusi udara, disarankan untuk mendapatkan khasiat kayu manis. Khasiat kayu manis yang bisa dirasakan oleh tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi yaitu polifenol, zat yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.

Polifenol dalam kayu manis juga bisa bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan lainnya antara lain, mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi inflamasi, dan menjaga kesehatan otak.

Nah, itulah manfaat kayu manis untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Meski kayu manis berguna untuk menunjang kesehatan tubuh, namun Anda juga perlu memperhatikan jumlah takaran yang sebaiknya diterima tubuh. Meski tidak ada takaran yang pasti, dalam sehari biasanya Anda disarankan tidak lebih mengonsumsi kayu manis lebih dari 2 sendok atau 5 gram.

Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat, sampai jumpa di ulasan yang lainnya. Janganlupa baca juga artikel lainnya dibawah ini..!

Sumber : doktersehat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel