Widget HTML Atas

Cara Merawat Kelinci - Tutorial Lengkap

Cara Merawat Kelinci dirumah dengan kandang minimalis namun mudah untuk di lakukan. Tips merawat kelinci dirumah bagus untuk media edukasi bagi anak. Apalagi anak-anak suka sekali dengan hewan yang imut ini. Kelicni adalah hewan yang memiliki bulu cukup tebal dan mempunyai pendengaran yang cukup kuat. Kelinci suka sekali dengan makanan sayuran terutama wortel dan kangkung.

Cara Merawat Kelinci


Memelihara hewan Kelinci banyak memiliki kelebihan, karena sifat-sifat kelinci yang manis dan mempunyai daya adaptasi yang cepat terhadap kehidupan manusia, termasuk lingkungan tempat tinggal di hotel maupun apartemen. Untuk tetap bisa bahagia dan hidup sehat, kelinci juga membutuhkan sebuah perawatan khusus, diantaranya dari pasokan jerami hingga sayur-sayuran yang cukup banyak.

Cara Merawat Kelinci

Selain itu Kelinci juga membutuhkan sarang atau tempat tinggal yang hangat dan juga nyaman, hingga kelinci bisa berlari dan melompat-lompat sesuka hati. Sebagai seorang yang memiliki kelinci maka Anda juga harus membawanya masuk rumah agar kelinci dapat terhindar dari predator seperti buaya, ular, anjing hutan, sigung, macan, serigala, rubah, anjing, dan kucing.

Menyiapkan Rumah Kelinci


Siapkan kandang yang ukurannya sesuai dengan kelinci Anda. Untuk kelinci dengan berat sekitar 4 kg atau lebih, Anda akan membutuhkan kandang dengan panjang sekitar 1,5 m, tinggi 0,75 m, dan lebar 0,75 m. Kelinci harus bisa berbaring dan merentangkan tubuhnya dengan nyaman, serta masih memiliki ruang untuk tempat makanan, air, dan kotak kotoran.

Untuk kandang di luar rumah, Anda bisa membeli atau membuatnya sendiri. Kandang ini harus menyediakan tempat bagi kelinci untuk bersarang, melompat-lompat, meletakkan makanan, minuman, serta wadah khusus untuk kotorannya.

Siapkan kandang exercise pen agar kelinci memiliki ruang tambahan untuk berkeliaran. Kelinci bertubuh besar membutuhkan ruang berkegiatan yang lebih besar. Kelinci harus bisa berkeliaran dan berbaring dengan leluasa. Pastikan Anda menggunakan kandang yang cukup luas sehingga kelinci Anda bisa bermain-main!

Beberapa orang menggunakan metode yang disebut “merumahkan kelinci tanpa kandang”. Metode ini memberi kelinci kebebasan lebih besar untuk menjelajah rumah Anda, seperti halnya anjing atau kucing. 

Metode ini kerap dianggap sebagai pilihan terbaik karena kelinci punya banyak tempat untuk dijelajahi dan didiami. Meskipun demikian, metode ini menuntut Anda untuk lebih berhati-hati dalam masalah keamanan, baik untuk kelinci maupun properti. Oleh karena itu, metode ini jelas membutuhkan uang tambahan dibandingkan sekadar membeli kandang

Carilah jenis kandang yang tepat


Pilihlah kandang dengan alas kawat atau alas padat dengan dinding kawat khusus kelinci. Anggap kandang ini sebagai “sarang” bagi kelinci untuk tidur sekaligus sumber makanan dan air baginya. Anda perlu merancang agar selama 8-12 jam kelinci berada di luar kandang, tetapi masih di dalam pagar kandang latihan atau ruang khusus yang aman untuk dijelajah.

Lantai kawat sebetulnya tidak seburuk yang dibayangkan orang. Mitos konyol yang menyebutkan bahwa lantai kawat dapat menyebabkan kaki kelinci terluka tidaklah benar. Kaki kelinci bisa terluka pada permukaan lantai apa pun yang tidak dirawat dengan baik. Lantai bulu sekalipun tidak serta-merta bisa menghindarkan kaki kelinci dari luka. 

Jika lantai kandang dirawat baik, kaki kelinci tidak akan terluka. Lantai kawat menyediakan ventilasi udara yang bagus, pembuangan kotoran yang lebih baik, dan lebih mudah dibersihkan.

Kandang di luar rumah haruslah kokoh dan mampu melindungi kelinci dari cuaca dan predator.  Anda bisa membeli atau membuat kandang sendiri. 

Yang jelas, harus Anda pastikan bahwa kelinci terlindung dari predator dan semacamnya. Selain itu, pastikan juga bahwa kandang itu cukup leluasa. Banyak orang meletakkan kelinci di dalam kandang sempit yang sumpek seharian penuh, padahal tindakan ini sangat keliru!

Meskipun kandangnya berada di luar rumah, jangan meletakkan kelinci sendirian. Kelinci adalah hewan sosial. Jadi, segera carikan teman untuk kelinci ketika masih berusia muda dan segera sterilkan kelinci Anda.

Lapisi kandang dengan jerami atau serutan kayu halus


 Ada juga tempat tidur yang terbuat dari serbuk kayu daur ulang yang nyaman digunakan.[4] Kelinci gemar membuat sarang yang nyaman. Jadi, isilah dasar kandang dengan bahan alami bertekstur lembut agar kelinci Anda betah di dalamnya.

Jerami, selain bagus untuk dijadikan tempat tidur, adalah bagian terpenting dalam pola makan kelinci. Jadi, pastikan untuk memilih jerami yang tepat bagi kelinci. Jerami timothy atau rumput kering cocok untuk kelinci. Hindari jerami alfalfa (kecuali jika kelinci sudah berumur lebih dari 6 bulan) karena kandungan kalori, protein, dan kalsium yang terlalu tinggi sehingga tidak cocok digunakan dalam pemberian makan jangka panjang untuk kelinci dewasa.

Letakkan kandang dalam area yang aman bagi kelinci


Anda pasti ingin melihat kelinci kesayangan Anda melompat dengan riang ke sana kemari. Oleh karena itu, letakkan kandang di dalam ruangan yang aman bagi kelinci. Contohnya, singkirkan semua kabel listrik, benda berukuran kecil, dan perabot penting dari ruangan. Hindari juga meletakkan zat kimia atau tanaman yang bisa membahayakan kelinci di ruangan tersebut.

Kelinci suka menggigiti kabel. Anda bisa membeli pelindung kabel di toko untuk menghentikan ulah kelinci itu.

Gunakan pagar pengaman bayi (baby gate) atau kandang exercise pen agar anjing tidak keluar masuk rumah sembarangan sehingga membahayakan kelinci dan juga perabot.

Siapkan kotak kotoran


Secara alami kelinci akan menggunakan tempat yang sama untuk buang air, biasanya di salah satu sudut kandang. Lapisi kotak kotoran kecil (tersedia di toko hewan peliharaan) dengan koran, lalu isi dengan jerami, atau isian yang disiapkan khusus untuk kelinci, kemudian letakkan di sudut kesayangan kelinci. Pertimbangkan meletakkan kotak kotoran lain di ruang bermain kelinci

Buatkan tempat bersembunyi dalam kandang kelinci


Kelinci adalah hewan mangsa. Oleh karena itu, sediakan tempat bersembunyi seperti balok kayu atau kotak karton demi kebahagiaan hewan peliharaan Anda ini. Satu atau dua tempat persembunyian untuk setiap kelinci, tergantung luas kandang, sudah cukup bagi kelinci untuk meringkuk dengan nyaman. Tambahkan kotak karton untuk tempat bermain dan bersembunyi kelinci, sekaligus bahan gigitan

Kelinci sangat suka menggigit-gigit sesuatu. Perilakunya ini juga menyehatkan gigi. Jika Anda tidak memberikan camilan untuk digigit-gigit, kelinci akan menggigiti perabot atau barang-barang yang Anda letakkan di sekitar.

Pastikan Anda hanya memberikan barang-barang yang aman untuk digigit kelinci. Barang-barang semacam ini akan mengasah gigi kelinci yang selalu tumbuh sehingga mencegah cedera.

Nah, itulah cara merawat kelinci yang dapat Anda lakukan ditempat tinggal Anda. Semoga tips kali ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.