Widget HTML Atas

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Tahun 2020

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 akan segera rilis. Kali ini saya akan berbagi Informasi Jadwal, persyaratan dan Kategori Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Tahun 2020 yang di selenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia atau Kemdikbud.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Informasi Jadwal Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Pada tahun 2020 Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) yang memiliki tugas yaitu “Melaksanakan pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan”. Maka dalam rangka untuk melaksanakan tugas tersebut, BPMPK akan menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
  1. Dalam rangka pengkajian model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
  2. Sebagai Perancangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
  3. Dalam rangka pembuatan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
  4. Sebagai pendayagunaan sarana dan peralatan multimedia,
  5. Sebagai Fasilitasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan,
  6. Untuk Evaluasi pengembangan model multimedia untuk pendidikan dan kebudayaan dan
  7. Dan pelaksanaan urusan ketatausahaan Balai.

Jadwal Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Dalam rangka sehubungan dengan tugas dan fungsi dari BPMPK serta jangkauan wilayah kerja secara nasional di Indonesia, maka BPMPK perlu untuk mempublikasikan keberadaan dan fungsinya, dimana hal ini agar BPMPK dapat dikenal oleh masyarakat luas yang berkecimpung dalam dunia pendidikan di Indonesia. 

Selain itu, sebelumnya sudah ada program-program yang telah dilaksanakan beserta produk-produknya dan untuk saat ini bisa secara langsung dikenal dan dinikmati oleh sekolah/pelajar maupun seluruh stakeholder pendidikan khususnya pihak penguna mobile edukasi. 

Salah satu dari strategi publikasi yang dilaksanakan oleh BPMPK adalah dengan melaksanakan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tahun 2020. Konsep utama dari diadakan lomba ini adalah untuk “memberikan apresiasi pada berbagai pihak yang dimana mereka mampu berkontribusi dalam pengembangan aplikasi mobile edukasi dan juga pemanfaatannya”.

Adapun untuk Lomba Aplikasi Mobile Kihajar Tahun 2020 ini akan melombakan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu ada aplikasi yang nantinya bisa dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta Aplikasi yang mengandung unsur pendidikan. Adapun Lomba ini diselenggarakan sekaligus dalam rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud. Diharapkan dari adanya kegiatan ini pihak BPMPK beserta program-programnya lebih dapat dikenal dan dirasakan oleh para pelaku kepentingan atau yang berhubungan dengan pendidikan di Indoensia secara langsung baik itu dari manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan yang ada di Indonesia.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan motivasi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
  2. Memberikan motivasi pelajar, guru dan masyarakat Indonesia akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran yang berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
  3. Membentuk budaya pembelajaran yang lebih inovatif dan lebih kreatif bagi seluruh siswa sekolah yang ada di Indonesia melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  4. Menciptakan komunitas pengembang untuk memperkaya konten pendidikan di internet.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar yang mana sebelumnya bernama Lomba Mobile Edukasi. Seperti namanya maka Lomba ini melombakan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone ataupun tablet serta Aplikasinya mengandung unsur pendidikan. 

Dasar Hukum Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Adapun untuk landasan filosofis dan kebijakan yang dijadikan sebagai dasar dalam pelaksanaan pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Terampil Dalam Mengembangkan dan Memanfaatkan TIK untuk Pembelajaran, BPMPK adalah :
  1. UU RI No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negera Republik Indonesia Tahun 2007 No. 47, Tambahan Lembaran Negera Republik Indonesia No. 4287);
  2. UU Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 No. 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4355);
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 21 Tahun 2004 tentang Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian Negara/ Lembaga (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 No. 75, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No. 4406);
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat-Pusat di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional;
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 71 tahun 2015 tentang tugas pokok dan fungsi BPMPK
  6. Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020-2024;
  7. Rencana Strategis Pusat Data dan Informasi Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2020-2024;
  8. Rencana Strategis (Renstra) BPMPK 2020-2024;
  9. Program kerja BPMPK tahun 2020;

Sasaran Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

  1. Sasaran Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 ini adalah pelajar yang sedang mempelajari proses pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
  2. Sasaran selajutnya adalah guru yang menjadi ujung tombak dalam pengembangan dan pemanfaatan aplikasi mobile untuk pendidikan.
  3. Selain itu juga khalayak umum yang tertarik dengan pengembangan aplikasi mobile untuk pendidikan.
Target yang hendak di raih adalah 120 konten sesuai dengan kriteria dan ketentuan yang ditetapkan untuk dijadikan bahan ajar guna memperkaya konten-konten mobile edukasi di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

Tujuan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020

  1. Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
  2. Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis mobile sebagai salah satu media pembelajaran alternatif.
  3. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolahmelalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  4. Membentuk komunitas untuk mengembangkan konten yang memperkaya konten pendidikan di internet.

Tahapan Pelaksanaan Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) smartphone, yang banyak digunakan dan dimanfaatkan masyarakat sebagai alat komunikasi. Namun BPMPK mencoba untuk memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.

Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile edukasi, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020” dengan 4 kategori, yakni

Jenis Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020


  1. Kategori Pelajar bertema Sosial Budaya
  2. Kategori Guru bertema mata pelajaran
  3. Kategori Umum bertema V-Lab, dan
  4. Kategori Umum bertema Game Edukasi.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet.

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.  Pendaftaran Lomba, silahkan kunjungi alamat ini : https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/