Advertise

10 Bisnis Yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadhan

Peluang Bisnis Yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadhan. Bisnis ? Bulan Ramadhan? Siapa sih yang tidak kenal dengan bulan Ramadhan? Bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia. Pasti deh semuanya mempersiapkannya dengan baik dan meriah. Bulan Ramadhan ialah bulan yang penuh berkah, bulan yang suci dan bulan yang paling diutamakan ibadahnya karena disinilah bulan istimewa. Selain digunakan sebagai saat-saat beribadah kepada Allah SWT, akan tetapi bulan ini juga dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk bermuamalah dengan berjualan.

Ada sebuah hadits yang bisa dijadikan motivasi ummat muslim untuk memulai bisnis yaitu “Sembilan dari sepuluh pintu rejeki ada dalam perdagangan”. Artinya disini Allah SWT sangat luas memberikan rejeki hambanya melalui perdagangan. Oleh karena itu, mari kita mulai berbisnis yang halal.

Bisnis Pada Bulan Ramadhan


Bisnis apa ya kiranya? Nah, bisnis ini dikategorikan bisnis musiman. Kenapa demikian? Sebab, bisnis ini diadakan atau digelar saat musim atau bulan Ramadhan saja reader. Jadi, tentunya tidak heran kan? Justru rindu tak kepalang bila mana Ramadhan telah berlalu ingin rasanya bertemu lagi.

peluang bisnis bulan ramadhan

Disinggung diatas, ada yang tahu tidak bisnis apa sih yang tren di bulan Ramadhan? Makanan, minuman, pakaian, atau apa ya? Penasaran ya, yuk simak dulu uraian berikut ini biar pengetahuan kamu bisa tambah luas dan dapat dijadikan referensi ide usaha. Ini dia 10 bisnis yang cocok dijalankan di bulan suci Ramadhan diantaranya:

Berikut 10 Bisnis Yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadhan :

1. Jualan ES


Jual berbagai jenis ES. Kok es ya? Iyalah, setelah kita berpuasa kita telah menahan haus yang begitu panjang dan melelahkan. Jadi es bisa jadi solusi anda untuk disajikan sebagai menu berbuka nantinya. Sehingga bisnis ini cukuplah menjadi inspirasi kita kedepannya dijamin untung. Es ini banyak ya macamnya bisa es kelapa, es buah, es tebu, es campur, es doger, es sirup dan es lainnya. Yakin nih tidak dicoba?

2. Jualan Takjil


Jualan makanan takjil. Makanan takjil pasti laku terjual dan banyak dicari. Sebab, kebanyakan dari kita mencarinya sebagai menu buka puasa atau sekedar pembukanya saja. Bisa berbentuk gorengan, lontong, kue atau lainnya yang semacam. Jadi, ini juga bisa menjadi inspirasi bagus buat kamu berbisnis. Selain modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar, bisnis ini bisa lewat relasi bisnis orang lain sehingga tidak terlalu memberatkan pastinya.

3. Jualan Buah-buahan (KURMA)


Jualan berbagai macam buah-buahan. Buah menjadi pilihan bisnis kamu juga lho. Karena bagaimanapun buah itu penting bukan? Selain sebagai makanan sehat ia juga banyak yang kaya akan vitamin C penting untuk tubuh. Setelah kita berpuasa tubuh juga butuh vitamin dari buah segar, nah ini bisa kita gunakan dalam bisnis kita. Apalagi buah kurma, jangan lupa ya ini sunnah lho.

4. Jasa Catering


Buka jasa catering baik untuk menu buka atau menu sahur. Yang jago masak mana nih suaranya? Yuk ah hobi dan kelebihan kamu salurkan disini. Buka jasa catering untuk orang-orang, lembaga, atau instansi yang membutuhkan. Selain menguntungkan, ada pahala yang dijanjikan kepada orang-orang yang mempersiapkan makanan untuk  orang yang sedang saum.

5. Jualan Baju atau Pakaian


Menjual baju atau pakaian muslim. Hampir seluruh umat muslim di Indonesia pasti mempersiapkan baju istimewa yang dikhususkan untuk dipergunakan di hari Raya. Jadi ini memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai bisnis. 

6. Jualan Kue Lebaran


Jualan kue lebaran. Pecinta kue pasti tidak ketinggalan sama yang satu ini. Ibu-ibu sudah mencari penjual kue untuk memesan kue lebaran kesukaannya. Bahkan hal ini dilakukan sebelum bulan puasa tiba. Wah, kenapa kita tidak ikut menjualkan kue lebaran juga ya? Tawarkan ke tetangga anda, guru, teman atau sahabat sebagai target pasarnya. Kue lebaran menjadi ikon yang tak bisa lepas dihari Raya. Jangan lewatkan kesempatan emas anda ya.

7. Buka Jasa Sewa Mobil atau Motor


Kok buka ini? Iya reader ini juga bisa menjadi inspirasi anda nih. Yang punya mobil tidak digunakan kenapa tidak disewakan saja. Di bulan puasa ada namanya pulang kampung, ini bisa anda tawarkan mobil kepada mereka yang tidak memiliki mobil. Atau disaat hari raya mereka mau liburan tidak punya kendaraan anda dapat menawarkan harga special yang menguntungkan. Dari pada mengganggur lebih baik disewakan.

8. Jualan Parsel Lebaran


Parsel itu semacam hadiah bukan? Bilamana hari raya itu biasanya orang datang bertamu membawakan parsel pada tuan rumah sebagai wujud suka cita mereka dihari raya. Di mall saja parsel banyak sekali macamnya lho, mereka menjual parsel kepada pengunjung sebagai bisnis musimannya. Kenapa kita tidak menjual parsel juga? Ini cukup bagus bukan? Anda hanya perlu membeli dari pengrajinnya dan menjualkan produk tersebut kepada orang lain. Cocok lho reader untuk dijual dibulan puasa.

9. Jualan Peralatan Shalat


Iya reader, peralatan shalat pasti diburu untuk mereka kenakan juga dihari raya. Ini beda lho dengan busana muslim pada umumnya. Bisa berbentuk mukena, sajadah, atau bahkan sarung. Setidaknya ini adalah pakaian khas serta penting dikenakan dihari raya.

10. Jualan Ketupa


Menjual ketupat untuk hari raya. Ketupat pasti dicari nih untuk persiapan hari raya. Ada yang membuat sendiri atau ada juga yang membeli jadi. Ini bisa kamu jadikan inspirasi bisnis kamu reader. Kalau kamu bisa buat ketupat atau punya teman yang bisa buat kenapa tidak kamu saja yang jualkan? Kan bisa ambil keuntungan yang lumayan dari hasil ini.
Nah, itu semua bisa kita jadikan inspirasi kita untuk berbisnis di bulan Ramadhan. 

Semuanya ok ok aja asalkan Anda bisa komitmen dan gigih dalam bisnis ini. Apapun bisnisnya bilamana kita tidak gigih akan sia-sia kedepannya. Dan sebaliknya, sekecil apapun bisnis kita bila kita gigih akan berbuah hasil yang maksimal. Jadi, tetaplah semangat dalam memulai bisnis anda serta gunakan sebaik mungkin moment special bulan Ramadhan ini dan jangan lupa untuk diniatkan sebagai ibadah.

Kemudian harus juga ingat perkataan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahwa sesungguhnya sebaik-baik penghasilan ialah penghasilan para pedagang yang mana apabila berbicara tidak bohong, apabila diberi amanah tidak khianat, apabila berjanji tidak mengingkari, apabila membeli tidak mencela, apabila menjual tidak berlebihan (dalam menaikkan harga), apabila berhutang tidak menunda-nunda pelunasan dan apabila menagih hutang tidak memperberat orang yang sedang kesulitan.” (Diriwayatkan oleh Al- Baihaqi di dalam Syu’aul Iman, Bab Hifzhu Al-Lisan IV/221). Mungkin itu dulu yang dapat saya sajikan semoga menginspirasi dan menambah berkah. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Bisnis Yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel