Widget HTML Atas

8 Manfaat Makan ROTI GANDUM Bagi Tubuh Kita

Manfaat Roti Tawar atau Roti Gandum Bagi Tubuh Kita sangat bagus sekali apalagi kamu adalah orang yang pekerja keras. Roti tawar atau roti gandum sangat kaya akan Vitamin B. Artinya dengan makan roti tawar setiap pagi tubuh kita akan lebih bertenaga. Roti tawar biasanya di sajikan dipagi hari sebagai makan sarapan pagi dengan di sandingkan segelas susu.

Roti tawar ini kaya akan karbohidrat karena bahan utamanya berasal dari gandum. Apakah kalian tahu bahwa roti tawar ini asalnya dari mana ?

Manfaat Makan ROTI GANDUM

Roti tawar berasal dari Timur Tengah, pada jaman dahulu roti tawar lebih mudah dibawa kemana-mana dan tidak khawatir basi ditambah lagi dengan ukurannya yang lebih besar dan tebal. Roti tawar hampir mirip dengan lempengan sebuah pizza, hot dog ataupun kebab. Maka tak heran kalau Pizza dijaman dulu adalah makanan utama kaum ekonomi menengah kebawah.

Manfaat ROTI GANDUM


Seiring berkembangnya jaman, roti tawar mulai berubah wujud dan dikreasikan menjadi makanan kalangan kaum elit. Roti tawar kini beragam bentuk dan juga rasanya. Bahkan roti yang berbahan dasar tepung gandum ini banyak sekali diminati baik dari kalangan anak-anak sampai dengan kalangan orang tua keatas. Nah, apakah kalian tahu, kandungan dan manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi roti tawar ? berikut ulasannya.

Berikut adalah 8 Manfaat ROTI TAWAR yang wajib Anda ketahui :


1. Dapat menjadi Kenyang lebih lama


Manfaat dari roti gandum yang kita dapatkan apabila kita mengkonsuminya adalah yang pertama adalah dapat membuat perut kita kenyang lebih lama. Karena bahan utama roti tawar adalah terbuat dari gandum, apalagi berasal dari gandum utuh tanpa banyak campuran bahan lainnya, maka diyakini didalam perut kita akan dicerna lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan kalau kita makan roti tawar lainnya. Hal inilah yang membuat roti gandum ini akan sangat direkomendasikan bagi kalangan orang yang sedang dalam program ingin menurunkan berat badan.

2. Makan Roti Gandum Lebih kaya Asupan Nutrisi



Manfaat makan roti untuk kesehatantubuh manusia yang selanjutnya adalah kaya akan kandungan nutrisinya karena ini lebih tinggi. Roti tawar yang bahan utamanya berasal dari gandum ini ternyata kaya nutrisi sehingga zat tersebut dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tbuh harianmu. Karena makanan roti yang bergizi ini juga sangat baik untuk proses pertumbuhan, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi semua kalangan, termasuk dari anak-anak dan juga ibu hamil serta orang lansia sekalipun.

3. Kalori dalam Roti Tawar Lebih Rendah


Kandungan nutrisi yang ada di roti gandum memang lebih tinggi, akan tetapi untuk kalorinya justru lebih rendah dibandingkan makanan yang lainnya. Karena hal inilah yang menjadi keunggulan dari roti gandum. Karena roti gandum dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh manusia, yaitu dengan asupan kalori yang memang tidak terlalu tinggi. Maka tidak heran kalau manfaat dari roti gandum yang satu ini justru membuat roti gandum menjadi pilihan orang yang memprogramkan diet untuk menu utama dalam menurunkan berat tubuh mereka.

4. Roti Tawar Dapat Mencegah Obesitas


Pasti dari kalian khususnya kaum wanita takut dengan obesitas. Obesitas ini sering kali dikaitkan dengan adanya risiko berbagai macam penyakit yang serius seperti diabetes, penyakit kardiovaskular, bahkan banyak penyakit lainnya yang berada di dalam tubuh kita.

Dengan kita rutin mengkonsumsi roti tawar tentunya ada manfaat yang kita dapatkan, karena roti gandum ini tidak hanya sebagai menu makanan atau untuk menurunkan berat badan, tapi dapat juga sangat berguna untuk menjaga berat tubuh kita agar tetap ideal. Ya, salah satu caranya untuk menjaga berat tubuh kita tetap ideal adalah dengan rutin mengkonsumis roti gandum dan dengan cara menjaga asupan makanan setiap hari.

5. Mengkonsumis Roti Gandum dapat Menurunkan risiko penyakit jantung


Apakah kalian mengetahui penyebab dari penyakit Jantung ?
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia dan salah satu cara untuk kita agar terhindar dari penyakit jantung adalah dengan memerhatikan apa yang kita konsumsi termasuk rutin dalam makan roti gandum setiap hari.

Karena Roti gandum yang terbuat dari gandum utuh ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Berbagai penelitian telah menemukan dan menunjukkan bahwa mengkonsumsi gandum utuh maka dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 22% lou.

6. Makan Roti Gandum juga dapat Menurunkan risiko stroke


Aslakan kalian tahu ya !, menurunkan risiko stroke juga disebut-sebut banyak pakar sebagai salah satu manfaat dari roti gandum.

Selain kaya kandungan nutrisi, roti gandum yang perlu kalian ketahui ini bahwa produk roti gandum pada umumnya banyak memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah atau bahkan roti gandum ini tidak mengandung banyak kolesterol sama sekali. 

Bahkan sebaliknya, roti tawar yang berbahan gandum ini justru banyak memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang mana merupakan lemak sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Perlu kalian ketahui bahwa kolesterol atau terutama kolesterol LDL ini merupakan salah satu pemicu penyakit penyakit stroke. Karena adanya Kolesterol yang menumpuk dalam tubuh dan hal ini dapat membentuk plak-plak yang menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan bisa memicu penyakit kardiovaskular seperti penyakit stroke dan serangan jantung.

7. Mengkonsumsi Roti Gandum dapat Menurunkan risiko diabetes


Wah, ternyata banyak sekali manfaat makan roti gandum, karena mengkonsumsi roti gandum juga dipercaya dapat membantu kita dalam menurunkan risiko terkena diabetes.

Selain bisa banyak menurunkan banyak risiko, dan juga sebelumnya sudah disebutkan bahwa roti gandum ini  juga baik dikonsumsi oleh kalangan ibu hamil. Selain untuk menambah dan memenuhi asupan nutrisi, manfaat dari roti gandum untuk kalangan ibu hamil lainnya adalah dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Karena Diabetes dan gangguan lainnya seperti darah tinggi sangat berisikonya dan hal ini dapat meningkat selama masa kehamilan.

Maka dari itu mengkonsumsi roti gandum yang kaya serat ini dapat menurunkan risiko terjadinya obesitas yang mana merupakan salah satu faktor terkena risiko diabetes. Selain itu juga ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengkonsumsi gandum secara utuh dapat menurunkan kadar gula darah pada tubuh saat kita puasa dan juga  meningkatkan sensitivitas insulin.

8. Mengkonsumsi Roti Gandum Sangat Baik untuk pencernaan


Manfaat lainnya dari roti gandum bagi kesehatan tubuh yang kedelapan adalah untuk memelihara saluran pencernaan kita tetap sehat.

Roti gandum ini banyak memiliki kandungan serat, tentunya hal inilah yang sangat baik untuk pencernaan perut kita. Karena asupan serat yang cukup dalam tubuh maka akan menghindarkan kita dari terjadinya sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Selain itu, dengan adanya serat dalam gandum juga dapat meningkatkan kinerja usus sebagai prebiotik dan sekaligus menunjang bakteri baik yang ada dalam pencernaan perut kita. Karena bakteri baik yang ada di dalam perut kita ini sangat penting keberadaannya untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan bisa bekerja dengan baik.

Penutup

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat dari kita mengkonsumsi roti gandum tentunya hal ini tiddak disangka-sangka, sebelumnya ya? 

Meskipun roti gandum ini baik dikonsumsi dari segi kesehatan, namun kita  tetap harus memerhatikan cara dalam penyajiannya ya apalagi kalau rotinya berjamur. Karena kalau rotinya diolah dengan cara yang salah tentunya rotinya malah bisa berbahaya terhadap kesehatan tubuh kita.


Sebelum kalian memilih produk roti gandum, sebaiknya kalian perhatikan lebih dulu akan kandungan gizi roti gandum tersebut ya. Jadi jika kalian ingin mengonsumsi makanan yang itu baik untuk kesehatan Anda, sebaikinya pilihlah makanan yang juga sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda ya. Mungkin hanya sekian dulu yang dapat saya sajikan dalam ulasan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.