Widget HTML Atas

Pengertian Akutansi, Peran dan Lingkup Akutansi

Pengertian Akutansi, pasti dari kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Akutansi. Kata akuntansi berasal dari bahasa Inggris “ to account “ yang berarti menghitunng atau mempertanggung jawabkan hal – hal yang berkaitan dengan masalah pengelola atau pengurus dari suatu perusahaan kepada pemiliknya atas kepercayaan yang telah diberikan kepada pengelola tersebut untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

Pengertian Akutansi

Pengertian Akutansi

Pengertian akuntansi dapat dilihat dari 2 segi :


1. Dari segi bidang ilmu akuntansi


Akuntansi merupakan keseluruhan pengetahuan yang bersangkutan dengan fungsi menghasilkan informasi keuangan dari suatu unit usaha kepada pihak – pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengembilan keputusan.

2. Dari segi proses / kegiatannya


Suatu kegiatan pencatatan, penyortiran, penggolongan, pengikhtisaran atau peringkasan dan penyajian transaksi keuangan dari suatu unit organisasi tertentu dengan cara – cara tertentu.

PEMAKAI LAPORAN KEUANGAN


Pihak – pihak yang membutuhkan laporan keuangan sebagai berikut :

1. Pimpinan perusahaan


Laporan keuangan diperlukan adalah untuk menyusun perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan, dan melakukan tindakan – tindakan koreksi yang diperlukan ( menentukan  kebijaksanaan yang akan dijalankan pada masa yang akan datang ).

2. Pemilik perusahaan


Membutuhkan laporan keuangan atau informasi keuangan apabila adanya pemisahan kekayaan antara pemilik dengan kekayaan dari kegiatan operasional perusahaan.

3. Karyawan


Dibutuhkan informasi keuangan untuk menilai kemampuan suatu perusahaan dalam memberikan balas jasa ( gaji, bonus, pensiunan, askes dan lain – lain ).

4. Investor


Membutuhkan laporan keuangan untuk mengevaluasi pendapatan yang diperkirakan akan dapat diperoleh dari investasinya, ini berarti bahwa investor harus melakukan analisis atas laporan keuangan  perusahaan yang akan dipilih sebagai tempat penanaman modalnya atau tujuan membutuhkan informasi keuangan atau laporan keuangan untuk mengambil keputusan apakah ia harus menambah investasinya, mengurangi investasinya atau mempertahankan investasinya sebesar investasi awalnya.

5. Kreditur


Membutuhkan informasi keuangan atau laporan keuangan untuk memutuskan apakah calon nasabah dapat membayar pinjaman beserta bunganya  tepat pada waktu yang telah ditentukan.

6. Pemerintah


Pemerintah membutuhkan informasi keuangan untuk menyusun pendapatan nasional atau untuk menetapkan kebijaksanaan pajak

7. Masyarakat


PERAN AKUNTANSI


Tujuan utama akuntansi adalah :

Menyajikan informasi ekonomi dari suatu kesatuan ekonomi kepada kepada pihak – pihak yang berkepentingan

RUANG LINGKUP AKUNTANSI


Timbulnya bidang – bidang khusus dilapangan akuntansi dikarenakan adanya kemajuan teknologi dan perekonomian karena kemampuan dari seseorang terhadap cabang suatu ilmu sangat terbatas.

Bidang – bidang akuntansi adalah :

1. Akuntansi keuangan ( Financial Accounting ) 

Bidang ini berkaitan dengan akuntansi untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan. Ia berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pihak – pihak diluar perusahaan.

2. Pemeriksaan akuntansi ( Auditting )

Bidang ini berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas terhadap laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntasi keuangan. Dimana tujuan utama dari dilakukannya pemeriksaan adalah agar informasi akuntansi yang disajikan agar dapat lebih dipercaya, namun terdapat tujuan – tujuan lain yang dapat dicakup.

3. Akuntansi biaya ( Cost Accounting )

Bidang ini menekankan pada penetapan dan kontrol atas biaya, fungsi utama akuntansi biaya adalah mengumpulkan dan menganalisa data mengenai biaya baik biaya yang telah maupun biaya yang akan terjadi

4. Akuntansi manajemen ( Management Accounting )

Titik sentral dalam akuntansi manajemen adalah informasi untuk manajemen perusahaan. Kegunaan akuntansi manajemen adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan keputusan

5. Akuntansi perpajakan ( Tax Accountung )

Laporan akuntansi yang digunakan untuk tujuan perpajakan berbeda dengan laporan untuk tujuan lain. Hal ini disebabkan oleh berbedanya konsep tentang transaksi dan kejadian keuangan, metode pengukuran dan cara pelaporan

6. Sistem akuntansi ( Accounting System )

Merupakan bidang khusus dalam penyusunan serta pelaporan dari suatu sistem

7. Anggaran perusahaan ( Budgeting )

Bidang ini berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan mengenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu dimasa datang serta analisa dan pengontrolan

8. Akuntansi pemerintahan ( Govermental Accounting )

Bidang ini mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan transaksi - transaksi yang terjadi di badan pemerintah. Ia menyediakan laporan akuntansi tentang aspek kepengurusan dari administrasi keuangan negara

Nah, itulah pengertian akutansi serta peran dan ruang lingkup akutansi yang ada di negara ini. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat. Sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.