Advertise

Pengertian Pendidikan dan Pentingnya Pendidikan bagi Kehidupan Manusia

Pengertian Pendidikan, jadi Pendidikan itu berasal dari kata "didik". Bila kata ini mendapat awalan 'me' akan menjadi mendidik, artinya memelihara dan memberi pelatihan. Dalam memelihara dan memberi pelatihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan bimbingan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. 

Pengertian Pendidikan

Pengertian Pendidikan

Pendidikan lebih dari sekedar pengajaran, karena pengajaran hanyalah aktivitas proses transfer ilmu belaka, sedangkan pendidikan merupakan trasnformasi nilai dan pembentukan karakter dengan segala aspek yang dicakupnya. Melalui pendidikan diharapkan manusia benar-benar menemukan "jati dirinya" sebagai manusia. 

Pentingnya Pendidikan bagi Kehidupan Manusia


Proses pembelajaran dialami manusia sepanjang hayatnya serta dapat berlaku di mana pun dan kapan pun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pembelajaran walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan  guru mengajar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai suatu objek yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat mempengaruhi perubahan sikap (aspek afektif) serta keterampilan (aspek psikomotorik) seorang peserta didik. 

Makna Pendidikan


Sedangkan, kalau pengajaran ini hanya memberi kesan sebagai pekerjaan suatu pihak, yaitu pekerjaan guru saja. Sedangkan pembelajaran juga menyiratkan adanya interaksi aktif antara guru dengan peserta didik.

Nah, dengan adanya uraian ini sudah jelas ya, bahwa pendidikan ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Apalagi pendidikan ini dipengaruhi banyak faktor, dan apa saja faktor tersebut ? buat kalian yang penasaran janganlupa tetap stay dan kunjungi Mediasiana. Karena kami akan menguraiakan faktor tersebut di kesempatan yang selanjutnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Pendidikan dan Pentingnya Pendidikan bagi Kehidupan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel