Widget HTML Atas

Teks Ulasan : Pengertian, Struktur, dan Contohnya

Teks Ulasan : Pengertian, Struktur, dan Contohnya akan saya uraikan dengan selengkap-lengkapnya di kesempatan ini. Pasti diantara sobat Siana ada yang pernah membaca teks ulasan di sebuah buku akantetapi belum mengetahui apakah yang sobat baca itu teks Ulasan atau bukan. Nah, untuk mempermudah dan agar sobat juga bisa tahu apa itu dan bagaimana teks Ulasan yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini. Tetap sty di Mediasiana ya.. :)


Pengertian Teks Ulasan


Teks ulasan merupakan salah satu bentuk mengapresiasi karya orang lain. Oleh karena itu, isi dari teks ulasan tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan adar dapat memberi manfaat bagi pengarang, pengulas, dan pembaca. Dalam teks ulasan, pengulas harus memperhatikan kekhasan teks berupa struktur dan kaidah kebahasaan. Berikut ini penjelasan mengenai struktur dan kaidah kebahasaan. Berikut ini penjelasan mengenai struktur dan kaidah kebahasan teks ulasan. 


Pengertian Teks Ulasan


Struktur Teks Ulasan


Struktur teks ulasan merupakan bagian yang membangun sebuah teks untukmenjadikannya suatu teks yang utuh. Dalam struktur teks ulasan terdapat bagian penting seperti identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi. Selain itu,  sering pula disertai rekomendasi yang berisikan saran-saran kepada pembaca.

a. Identitas karya dalam novel mencakup judul, penulis, penerbit, tahun terbit, dan tebal halaman. Bagian ini mungkin saja tidak dinyatakan secara langsung. Hal itu seperti yang tampak pada teks ulasan lagu.

b.Orientasi berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (drama dan film) yang akan di-review atau diulas. Sehingga membuat pembaca mengetahui mengenai apa yang akan diulas.

c. Sinopsis berupa ringkasan yang menggambarkan pemahaman prnulis terhadap isi novel.

d. Analisis berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan, dan alur.

e. Evaluasi berupa paparan tentang kelebihan dan kekurangan suatu karya


Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan


Seperti halnya jenis teks lainnya, teks ulasan memiliki kekhasan kaidah kebahasaannya. Seperti yang tampak pada contoh-contoh di depan, bahwa karakteristik dari kebahasaan teks ulasan sebagai berikut.


a. Banyak menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu.


Contoh:

  1. Saat itu dia berpikir bahwa semua hanyalah kejutan
  2. Novel ini banyak memberikan pelajaran pada pembacanya, antara lain, bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain

b. banyak menggunakan konjungsi temporal, seperti, sejak, semenjak, kemudian, akhirnya


Contoh:

  1. Sayangnya, alur cerita dalam film ini tidak jelas karena waktunya dibolak-balik sehingga ceritanya membingungkan penonton
  2. Kemudian, ia mencari Rendra.

c. Banyak menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab


Contoh:


  1. Akan tetapi, karena Ramlan juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Riza.
  2. Lama-kelamaan Riza cemburu karena pertemanan Renata dengan Rendra semakin dekat.

d. Menggunakan pernyataan- pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks. Hal ini ditandai oleh kata jangan, harus, hendaknya.


Contoh :


  1. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat. Bahkan, sampai mengingkari ajaran agama.
  2. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini dengan keberadaan Tuhan Semesta Alam.
  3. Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaaflkan kesalahan orang lain yang sudah bertaubat.

Menyusun Teks Ulasan 


Teks ulasan merupakan suatu teks yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain. Teks ulasan disusun berdasarkan tafsiran maupun pemahaman atas isi buku yang dibaca. Berbeda dengan menafsirkan terhadap teks lain yang lebih tertuju pada kepentingan sendiri, penyusun ulasan ditunjukan untuk kepentingan orang lain. Hasil pemahaman itu lalu disampaikan kepada khalayak. Berikut ini langkah-langkah menyusun teks ulasan :


1. Menentukan Buku yang Akan Diulas 


Cara yang pertama adalah mempertimbangkan buku apa yang akan diulas. Termasuk ke jenis atau gendre apa buku yang akan diulas. Apakah termasuk karya fiksi seperti novel, antologi cerpen, antalogi puisi, roman. Ataukah buku yang kita ulas termasuk kedalam jenis karya nonfiksi seperti sejarah, ilmu pengetahuan atau biografi tokoh. Seseorang yang mengulas buku harus mengetahui termasuk ke dalam jenis apa buku yang ia ulas.


2. Membaca Buku yang Akan Diulas 


Pada tahap ini kamu bisa membaca semua atau dengan teknik membaca cepat sehingga kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk membacanya. Kamu bisa mengambil intisari dari buku tersebut.


3. Mencatat Data atau Informasi Buku yang Akan Diulas


Catatlah data dan informasi dari buku yang akan kamu ulas. Data informasi yang harus kamu tulis dalam sebuah teks ulasan, yaitu judul buku, penulis, nama penerbit, ahun terbit, termasuk ketebalan. Jika perlu termasuk harga buku.


4. Menulis Poin-Poin Pening Dalam Buku


Tulislah poin-poin yang menurutmu penting. Catat pula kutipan yang dirasa mengesankan, jangan lupa tandai halaman. Tulis kembali gagasan yang dianggap penting kedalam karangan singkat yang memiliki satu kesatuan yang intgral.


Menuliskan Isi Ulasan


Pada langkah ini adalah bagaimana kamu memberikan komentar dan pandangan terhadap buku yang kamu ulas. Langkah-langkah dalam menuliskan isi ulasan adalah sebagai berikut.

a. Membuat informasi umum tentang buku yang kamu ulas.
b. Membuat judul ulasan buku.
c. Membuat ringkasan  buku secara garis besar.
d. Memberikan penilaian terhadap buku yang kamu ulas.
e. Menonjolkan sisi lain dari buku yang kamu ulas.
f. Mengulas manfaat membaca buku tersebut bagi pembaca.
g. Menuliskan kekurangan dan kelebihan yang ada pada buku tersebut.
e. Penilaian dari segi kelengkapan karya, EYD dan sistematika ulasan.


Menulis Kesimpulan Teks Ulasan


Langkah terakhi, yaitu mengungkapkan apa yang kamu peroleh dari buku yang kamu ulas. Berikan saran kepada pembaca mengapa mereka harus membaca buku yang kamu ulas dan jelaskan apa ruginya jika mereka tidak membaca.

Penutup

Nah, dari penjelasan atau uraian diatas maka kita tahu bagaimana sih bentuk kalimat dari teks ualasan. Semoga sobat Siana bisa lebih faham dan mengetahui bentuk dari teks ulasan ya. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya uraikan, sampai bertemu kembali di pembahasan yang lainnya. Agar tidak ketinggalan update silahkan kalian kunjungi situs Mediasiana setiap hari ya..:)