Widget HTML Atas

10 Kegiatan Ramadhan dari Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Daftar Kegiatan selama Bulan Ramadhan dari rumah (Ramadhan From Home) yang seru dan menyenangkan yang bisa Anda coba. Mulai dari ibadah, kerja, belajar, pemerintah Indonesia sudah menghimbau masyarakatnya untuk melakukan semua itu dari Rumah. Maka hal tersebut mulai diterapkan banyak orang di tengah Pandemi COVID-19. Mengingat bulan Ramadhan tinggal menghitung hari ada baiknya kita menyusun program Ramadhan From Home ini dengan baik, agar nantinya selama satu bulan penuh di Bulan Ramadhan kita bisa beribadah dengan sebaik mungkin serta mengisi kegiatan Ceria Ramadhan dengan baik dari Rumah.


Kegiatan Ramadhan dari Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Kegiatan Ramadhan dari Rumah yang Seru dan Menyenangkan

Biasanya kalau di Bulan Ramadhan itu identik dengan kegiatan Mengaji atau Tadarus di Masjid serta Pesantren Ramadhan ataupun Safari Ramadhan. Namun tidak untuk di Bulan Ramadhan tahun ini. Karena tidak memungkinkan kita keluar Rumah untuk melaksanakan Ibadah di Masjid karena masih status siaga dikarenakan adanya wabah Virus Corona (COVID-19).


Daftar Kegiatan Ramadhan dari Rumah (Ramadhan From Home)


Nah, bagi Ayah dan Bunda yang belum punya rencana kegiatan di Bulan Ramadhan nanti atau sedang mencari referensi kegiatan yang bisa dilakukan pada Bulan Ramadhan From Home ini, maka dalam kesempatan ini saya akan merangkum beberapa kegiatan mengasikkan dan bermakna ibdah dari Rumah yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Berikut Kegiatan Ramadhan Dari Rumah yang seru dan menyenangkan :


1. Pesantren Ramadhan From Home



Dengan adanya program Pesantren Ramadhan From Home tentu kegiatan akan lebih terarah dan bisa di manajemen dengan baik. Jadi, anak-anak bisa melakukan segala kegiatan selama bulan Ramadhan dalam hal kegiatan positif dan edukatif. Jadi, ayah dan bunda bisa menyusun jadwal mulai dari sekarang, kegiatan Pesantren Ramadhan From Home apa yang mendidik, beribadah, dan menghibur serta seru bagi anak-anak.

Bisa juga belajar Tajwid, Tebak Kata, Lomba Melukis, Belajar berkebun, tadabur alam di halaman rumah atau di taman rumah belakang, belajar membuat poster online makna Ramadhan, belajar merawat binatang, membaca buku cerita nabi dan rasul serta masih banyak lagi kegiatan yang bisa di rencanakan untuk Pesantren Ramadhan From Home.


2. Belajar Tajiwd From Home



Mengisi Ramadhan dengan mendidik, maka ayah bunda bisa belajar bersama-sama dengan anak Belajar Tajwid di rumah. Mengingat Teknologi sudah canggih tentunya bisa belajar tajiwd dengan mudah, bisa juga mengadakan Lomba Baca Al-Qur'an dengan sistem Tajwid di rumah.


3. Buat Vedio Youtube From Home



Mengisi kegiatan yang seru dan menyenangkan serta mendidik di Rumah ayah dan bunda bisa membuat sebuah konten vedio seputar kegiatan Ramadhan dari Rumah baik bersama anak-anak ataupun se keluarga. Tentu dengan hal ini akan memper erat hubungan antara anak dengan orang tuanya. Bisa juga membuat vedio edukasi tentang kegiatan Ramadhan yang bisa dilakukan dari Rumah sehingga dapat menginspirasi banyak orang dan memberikan contoh yang baik kepada orang lain.


4. Lomba Ceria Ramadhan From Home



Lomba ceria Ramadhan bisa juga dilakukan di rumah caranya yaitu melalui sistem Onlien dengan Vedio Conference (VC). Lombanya bisa lomba Tajwid secara online jadi hadiahnya nanti di kirim melalu jasa pengiriman, kan lebih seru dan cara yang baru kan ya. 

Selain itu, bisa juga mengadakan kegiatan menggambar ataupun membaca buku cerita serta menonton Tv tentang Film Kartun yang mendidik di rumah bersama anak.


5. Belajar Kaligrafi



Selama Ramadhan ayah dan bunda juga bisa mengajarkan anak untuk bersama-sama melukis Kaligrafi di rumah. Jadi, selain mendidik juga untuk mengisi kegiatan yang bermanfaat yang bisa dilakukan dari rumah.


6. Membuat Kue (Takjil) di Sore Hari



Berhubung anak-anak pada ngumpul di rumah tentu akan dapat membantu bunda untuk menyiapkan makanan berbuka puasa di rumah. Bisa membuat kue takjil di sore harinya bersama anak atau bisa juga mengadakan lomba masak kreasi bersama anak dan ayahnya (Battle).


7. Nonton Bareng Sejarah Islam (SKI) (Versi Kartun)



Menonton TV adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tetapi menonton di TV ternyata sudah mulai di tinggalkan, karena orang-orang mulai banyak beralih nonton TV ke media Youtube. Nah, buat ayah dan bunda maka bisa mengajak anak-anak untuk nonton Youtube namun melalui TV. Jadi, hal ini akan dapat mendidik anak serta mengisi kegiatan selama ramadhan dengan seru dan menyenangkan.


8. Membuat Kerajinan Tangan



Di Bulan Ramadhan selain kita menahan hawa nafsu serta lapar dan dahaga juga di anjurkan untuk mengisi bulan ramadhan dengan kegiatan yang baik dan bermanfaat. Nah, untuk mengisi kegiatan selama Bulan Ramadhan maka ayah dan bunda bisa membuat suatu program creativpreneur berupa sebuah kerajinan tangan.


9. Berkebun



Berkebun adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan pada pagi hari. Jadi, buat ayah dan bunda bisa mengajak anak-anak di rumah untuk berkebun dari rumah, kalau ada lahan yang cukup luas di belakang rumah bisa bercocok tanam langsung dengan media tanah akan tetapi jika lahan sempit maka bisa berkebun dengan sistem hidroponik.


10. Membuat Poster Online



Dunia Pendidikan semakin Kompleks, selain di Sekolah dan di lingkungan Masyarakat, dunia pendidikan juga sudah merabah ke media Internet. Untuk mengisi kegiatan yang seru dan menyenangkan maka bisa memberikan kegiatan yang menarik berupa membuat Poster Online Ceria Ramadhan. Jadi, isi psoternya bisa berupa kata-kata bijak ataupun kata-kata yang menghibur dan memotivasi untuk kegiatan selama Bulan Ramadhan.

Baca Juga 30 Ide Menu Buka Puasa Paling Lezat yang bisa Anda Coba

Penutup

Nah, itulah beberapa kegiatan Ramadhan dari Rumah (Ramadhan From Home) yang bisa dilakukan. Tentunya kegiatan akan lebih seru kalau mulai sekarang di rancang dan nantinya dipersiapkan dengan matang segala keperluannya. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan dalam suasana Pandemi COVID-19 ini sampai berlalu cobaan yang ada di Bumi ini. 

Semoga kita semua tetap bisa menjalankan Ibadah di Bulan Puasa dengan mudah walaupun ada keterbatasan gerak untuk tidak bisa keluar rumah seperti bulan Ramadhan yang sudah-sudah. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat semua. Sekian dari saya dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.
.....KLIK 1X (CLOSE).....