Widget HTML Atas

Pilihan Masker yang Tepat untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19)

Pilihan Masker yang Tepat untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19) yang di rekomendasikan oleh Dokter. Dalam akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia kian sibuk untuk mencari masker guna melindungi diri dari serangan Virus Corona. Akantetapi setelah di amati banyaknya sekali pilihan jenis masker yang beredar di pasaran, tentunya hal ini bisa membuat kita jadi bingung untuk membeli maskernya. 

Dilansir dari situs Alodokter bahwa untuk memilih masker ada beberapa kriteria yang harus di pertimbangkan. Jadi, dalam hal ini sebaiknya kita perlu mengerti fungsi dari masing-masing masker terlebih dahulu. Untuk itu yuk simak artikel berikut ini untuk menemukan penjelasannya.

Pilihan Masker untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19)


Pilihan Masker untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19)

Untuk saat ini, dalam menggunakan masker sudah disarankan oleh Pemerintah Indonesia khususnya dari Dinas Kesehatan. Jadi bagi kalian yang akan atau sedang bepergian untuk bisa mengantisipasi terjadinya penularan virus Corona maka diperintahkan untuk mengenakan Masker. Karena Virus Corona (COVID-19) bisa menular baik itu dari percikan air liur orang yang Positif terkena Virus Corona atau mereka yang sedang sakit ketika ia bersin, dan batuk, bahkan saat berbicara maka bisa menularkan virus tersebut kepada kalian. Biasanya penularan ini terjadi ketika ada percikan air liur terhirup oleh orang lain yang ada di sekitarnya.

Pilihan Masker untuk Mencegah Virus Corona (COVID-19)


Memang sih, jenis masker sangat beragam bentuk dan kegunaanya. Bahkan beberapa di antaranya hanya bisa berguna untuk menangkal polusi saja, tapi masker tersebut tidak bisa menangkal penularan virus Corona. Hingga saat ini yang di produksi di pasaran ada 3 jenis masker spesialis untuk menangkal Virus Corona, tentunya masker ini yang disarankan kepada masyarakat, diantaranya :

1. Masker Kain


Kenapa Masker Kain ? Sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI, bahwa semua orang yang ada di Indonesia ini disarankan untuk mengenakan masker kain ketika sedang bepergian ke luar rumah. Karena Masker kain ini ternyata dapat dapat menghalau sebagian percikan air liur yang keluar saat kita sedang berbicara, serta menghela napas, ataupun batuk dan juga bersin.

Jadi, jika kita mempergunakan Masker Kain dengan benar, tentu masker kain ini dapat mengurangi terjadinya penyebaran Virus Corona di masyarakat, terutama bisa menghalau dari orang yang sudah terinfeksi virus namun mereka itu tidak memiliki gejala apa pun.

Perlu kalian ketahui, bahwa meski begitu, selama masa kalian beraktivitas di tempat yang cukup banyak orang (kerumunan), alangkah baiknya Anda tetap untuk  melakukan physical distancing (jaga jarak minimal 1 Meter) walaupun sudah mengenakan masker kain tersebut. Apabila Anda sedang sakit dengan gejala seperti : batuk, atau bersin, yang jelas dan lebih baik lakukan isolasi mandiri di rumah ya.

2. Masker bedah


Kenapa Masker Bedah ? Masker bedah atau surgical mask adalah jenis masker yang sifatnya sekali pakai. Masker seperti ini mudah dijumpai dan sering digunakan oleh para tenaga medis saat bertugas dilapangan. Karena Masker bedah ini ternyata lebih efektif menjadi pilihan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19) karena masker jenis ini memiliki lapisan yang dapat menghalau percikan air liur manusia disaat berbicara.

Kebanyakan jenis masker bedah ini terdiri dari 3 lapisan, yang mana setiap lapisannya memiliki fungsi berbeda-beda, diantaranya seperti :
  1. Lapisan luarnya yang Anti Air
  2. Lapisan bagian tengahnya, yang dapat berfungsi sebagai filter kuman
  3. Lapisan bagian dalam, yang dapat berguna untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut manusia.
Apabila Anda ini sedang sakit, maka saya sarankan lebih menggunakan masker jenis ini. Karena dengan ketiga fungsi dari Masker Bedah tersebut lebih efektif dalam mencegah penyebaran akibat penyakit menular, seperti terinfeksi oleh Virus Corona.

Meski yang efektif untuk menghadang Virus Corona memang untuk saat ini stoknya yang makin menipis. Karena untuk saat ini masker bedah lebih diutamakan dan dipergunakan untuk melindungi tenaga medis yang saat bekerja untuk melayani pasien dan juga bagian pelayanan kesehatan atau untuk orang yang sedang sakit, guna mencegah terjadinya penularan virus ke orang lain.

3. Masker N95


Apa kelebihan Masker N95 ? Masker N95 menurut dokter juga lebih efektif untuk mencegah terjadinya penularan Virus Corona. Walaupun masker N95 jenis ini yang cenderung lebih mahal harganya dibandingkan dengan masker bedah. Karena masker jenis ini ternyata tidak hanya mampu menghalau percikan air liur saja guys, akan tetapi juga dapat menghalau percikan partikel kecil di udara yang mungkin partikel tersebut mengandung virus.

Kalau kita bandingkan dengan masker bedah, maka masker N95 ini terasa lebih ketat pada bagian wajah apabila kita mengenakannya, karena memang masker jenis ini telah didesain secara pas untuk menutupi hidung dan juga mulut orang dewasa. 

Perlu kalian ketahui bahwa dalam penggunaan jenis masker N95 pada anak-anak tidak disarankan, karena ukuran masker ini akan terlalu besar bagi mereka, kalau maskernya kebesaran tentu saja malah tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup maksimal.

Walaupun daya lindungnya jauh lebih baik dari makser yang lainnya, masker N95 ini tidak disarankan untuk di gunakan dalam aktivitas sehari-hari. Karena dalam desainnya yang agak rapet maka bisa membuat orang yang memakainya akan sulit untuk bernapas, cepat gerah, dan rasanya akan tidak betah memakainya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Masker jenis ni diutamakan untuk dipergunakan pada petugas medis yang memang mereka terjadi kontak secara langsung dengan si penderita Virus Corona (COVID-19),seperti halnya para dokter dan perawat yang sedang bekerja di ruang isolasi khusus Virus Corona (COVID-19) atau di IGD.

Cara Penggunaan Masker yang Baik dan Benar


Dalam penggunaan masker ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Apalagi dalam menggunakan masker N95. Masker bedah dan masker N95 ini dapat Anda pergunakan untuk mencegah terjadinya paparan Virus Corona (COVID-19). Adapun untuk manfaat dari kedua masker ini hanya akan bisa efektif jika Anda menggunakannya dengan baik dan benar.

Berikut ini adalah panduan cara menggunakan masker yang baik dan benar :
  1. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan bersih
  2. bagi Andayang  menggunakan masker bedah, pastikan pada bagian sisi luar adalah yang berwarna hijau dan untuk sisi bagian dalam yang berwarna putih
  3. Cek juga tali masker yang Anda kenakan tertali dengan baik. Jika tali masker yang Anda kenakan tersebut perlu diikat, maka silahkan ikat pada bagian atas terlebih dahulu, kemudian bagian bawahnya
  4. Pastikan juga masker yang Anda kenakan menutupi hidung, mulut, dan dagu dengan sempurna
  5. Pastikan juga pada bagian yang ada logamnya berada di batang hidung ya guys
  6. Sebaiknya lekukkan strip logamnya mengikuti lekukan hidung Anda hingga tidak ada menyisakan lubang ya guys
  7. Sebaiknya hindari menyentuh bagian tengah masker saat Anda menggunakan dan melepas masker tersebut
  8. Bagi kalian yang mengenakan Masker Bedah maka kalau sudah memakainya silahkan Anda buang masker ke tempat sampah dan cuci tangan Anda hingga bersih, setelah menggunakan masker tersebut.
Karena kalau kita menggunakan masker tentu hal ini cukup efektif dalam menghalau Virus Corona dan untuk mencegah penularannya. Apa pun jenis masker yang Anda gunakan, Anda juga harus mengerti dalam cara pemakaian yang baik dan tepat. Selain itu, janganlupa cuci tangan hingga bersih, karena mencuci tangan juga sama pentingnya dengan memakai masker ya guys. Pastikan Anda untuk selalu mencuci tangan setiap usai melakukan aktivitas atau menyentuh sesuatu, terutama di tempat umum ya guys.

Nah, di samping itu semua dalam menjaga kesehatan dan juga daya tahan tubuh juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Jika kalian baru saja bepergian ke negara luar seperti Tiongkok, Amerika, atau negara yang lainnya dimana negara yang sudah terjangkit infeksi Virus Corona (COVID-19), sebaiknya Anda temui dokter yang ada di wilayah tinggal kalian, karena ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kalian, terutama jika kalian ini mengalami gejala-gejala yang mencurigakan seperti batuk, demam, pilek, dan sesak napas.

Semoga dengan adanya wabah ini kita semua dapat mengambil banyak pelajaran bahwa berpola hiudp sehat itu penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari walaupun wabah COVID-19 nantinya sudah tiada. Karena mulai dari sini kita banyak belajar bahwa kesehatan itu mahal, maka kalau kita sehat mari jaga kesehatan kita ini sama-sama. Peduli kesehatan orang lain itu sangat penting. Mungkin hanya ini saja yang dapat saya sajikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat semuanya, sampai jumpa di ulasan yang lainnya.

Sumber:

https://www.alodokter.com/inilah-pilihan-masker-untuk-virus-corona
.....KLIK 1X (CLOSE).....