Widget HTML Atas

7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga

7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga di rumah sederhana namun nikmat tiada tara. Halo sahabat Mediasiana, apa kabar ? dalam perjumpaan kali ini saya akan mengulas tentang menu buka puasa dirumah yang enak serta cara membuatnya cukup sederhana dan mudah. Marhaman ya ramadhan bulan yang penuh berkah untuk kita semua.

Biasanya kalau di bulan Ramadhan yang di tunggu-tunggu oleh sahabat pasti waktu berbuka puasa. Bahkan setelah sahur dan sholat subuh selesai beraktivitas di jam 08.00 pagi biasanya tidak luput mata ini memperhatikan jam dinding, bahkan sambil memandanginya beberapa menit seolah jarum jam berjalan sangat lambat.


7 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga


Pastinya kalian juga merasaknnya bukan ? namanya juga puasa pasti godaannya cukup menantang selain dari waktu yang terlihat lambat juga ada godaan yang menantang kita yaitu Gambar Makanan yang sliweran di sosial media :)

Apalagi kalau gabung di Grup Emak-emak Grup masak waduh, setiap menit ada saja yang upload Foto Makanan. Entah itu tanya cara masaknya sampai dengan pamer Menu masakan emak-emak buat bukber nanti sore. Hmm makin tambah sengsara ini perut.

Nah, itu tadi hanya intermezzo ya sahabat Mediasiana, baik kita akan kembali ke topik pembahasan yaitu Menu buka puasa bersama keluarga yang akan saya rekomendasikan untuk sahabat semua. Menu apa sajakah itu, mari intip pembahasannya dibawah ini.


Menu Buka Puasa Bersama Keluarga


Tak terasa sudah masuk dihari 12 Ramadhan yang artinya kita sudah mulai memasuki separo di Bulan Ramadhan. Dari pengalaman puasa yang sudah-sudah ternyata banyak sekali para ibu-ibu yang suka jualan takjil lewat media sosial, menu yang ditawarkan juga cukup beragam ada masakan tradisonal seperti kue bingka, tahu isi, pare lakatan dan lainnya.


Menu Buka Puasa Bersama Keluarga


Jadi disini saya akan berbagi menu Buka Puasa yang Rekomended untuk sahabat Mediasiana. Menu itu adalah :

1. Kurma


Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga

Siapa sih yang tahu dengan kurma ? tentu kamu pernah makan kurma kan ya ?
Kurma adalah buah yang berasal dari Timur Tengah ini adalah buah kesukaan Rasulullah SAW, apalagi Kurma Ajwa. Kurma yang mempunyai rasa yang manis dan legit ini sangat bagus sebagai menu berbuka puasa. Selain harganya relatif terjangkau atau ekonomis juga bagus untuk kesehatan.

Ada berbagai jenis kurma yang di jual di pasaran, jadi sahabat hanya tinggal pilih mau beli kurma yang jenis apa namun setiap jenis kruma ada harganya masing-masing. Saya sarankan kalau beli kurma itu yang rada kering tidak terlalu basa karena biasanya yang udah basa atau lembek itu sudah di masak dengan campuran gula.

2. Kolak Biji Salak


Kolak Biji Salak Enak untuk Menu Buka Puasa

Siapa sih yang gak kenal dengan Menu yang satu ini. Kolak Biji Salak adalah menu kuliner Tradisonal khas Indonesia, bahkan di masing-masing daerah ada kreasi tersendiri dalam menyajikan ataupun membuat kolak biji salak ini. Pastinya menu yang satu ini adalah menu rekomended untuk berbuka puasa. Karena bahan bakunya berasal dari tepung beras ketan ini maka ketika di konsumsi akan membuat perut sahabat menjadi kenyang dengan tahan lama.

3. Kolak Pisang


Kolak Pisang Enak untuk Menu Buka Puasa

Menu yang satu ini memang ekonomis dan rasanya sangat lezat. Rasa manis dari gula merah dengan gurihnya santan ini menjadikan perpaduan antara pisang dan labu ini menjadi sangat lezat. Pisang yang rasanya manis dengan sejuta manfaat ditambah labu merah yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Tentu menu yang satu ini sangat cocok di santap ketika bersama keluarga di rumah.

4. Es Kelapa Muda


Es Kelapa Muda Enak untuk Menu Buka Puasa

Es kelapa Muda adalah menu dalam kategori minuman yang lezat. Rasa dari kelapa muda yang gurih dan manis membuat lidah semakin tak tahan ingin memakannya. Ditambah lagi dengan gula aren yang manisnya pas membuat tenggorokan menjerit sangking segernya sehingga dahaga ini jadi plong ketika minum dari es kela muda ini. Menu ini juga cocok di sajikan dalam berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

5. Bongko Kopyor


Bongko Kopyor Enak untuk Menu Buka Puasa

Bongko Kopyor adalah menu masakan nusantara, biasanya menu ini dibuat oleh orang Gresik Jawa Timur. Bongko Kopyor ini terbuat dari tepung beras dengan isian pisang. Maka tak heran kalau bentuknya serupa dengan bubur sumsum. Bongko Kopyor mempunyai rasa yang manis dan gurih. Apalagi ditambah es dan nata dekoko pastinya makin lezat sekali. Biasanya Bongko Kopyor ini bisa di jumpai pada bulan Ramadhan, karena menu yang satu ini memang sebagai menu berbuka puasa, maka tak heran menu ini saya rekomendasikan untuk sahabat Mediasiana dirumah. Cocok sekali menu yang satu ini sebagai menu berbuka bersama keluarga.

6. Es Buah


Es Buah Enak untuk Menu Buka Puasa

Saya yakin menu yang satu ini tidak ada bosannya orang ingin meyantapnya karena rasanya sudah enak, seger ditambah varian buah yang membuat lidah makin bergoyang. Apalagi es campur ini disajikan disaat berbuka puasa, tentu makin endul banget rasanya.

7. Es Rumput Laut


Es Rumput Laut Enak untuk Menu Buka Puasa

Siapa sih yang gak tahu khasiat dari rumput laut ? ya, rumput laut adalah bahan baku yang banyak digunakan untuk minuman, kosmetik dan juga obat-obatan. Apalagi rumput lautnya di buat untuk minuman tentu akan jadi endul surendul tak kendul-kendul pokoknya. Rasa rumput laut yang gurih dan dingin di perut saat di makan membuat lambung menjadi lebih sehat dan tenggorokan yang kering dari air selama puasa seharian kini sudah basah oleh es rumput laut ini. Pastinya menu yang satu ini sangat cocok di sajikan sebagai menu berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Nah, dari ke-7 menu berbuka puasa diatas, menu yang mana yang paling kalian sukai ? kalau saya sih suka menu es kelapa muda, karena rasanya enak dan seger membuat saya terus nambah ketika memakannya.


Baca Juga : 30 Ide Menu Makanan Berbuka Puasa Lezat


Dari deretan menu diatas dapat kalian buat dirumah atau kalau gak bisa buat bisa juga beli di pedagang yang biasa mangkal di pinggir jalan atau di perempatan. Pedagang es seperti ini biasanya banyak di jumpai di alun-alun kota dan taman kota.

Itulah tadi pembahsan menu berbuka puasa yang saya rekomendasikan untuk sahabat Mediasiana, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi menu buka puasa bagi sahabat semua. Sekian dari saya, sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya, babay :)