25 Nama Nabi dan Rasul yang Harus Dihafal Anak dalam Agama Islam

25 Nama Nabi dan Rasul Allah secara berurutan yang Harus Dihafal Anak dalam Agama Islam - Tidak hanya dalam pendidikan formal saja yang perlu diterapkan pada anak-anak dalam kehidupan sehari-harinya, pendidikan agama ini juga tidak kalah penting dalam hidupnya. Mulai dari mengajarkan pada anak dengan menjalankan ibadah baik dan benar yang diperintahkan Allah SWT seperti shalat, puasa, bayar zakat. Namun disini kami akan menyajikan artikel tentang kisah para Nabi dan Rasul yang dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan mereka kelak.

25 Nama Nabi dan Rasul dalam Agama Islam

25 Nama Nabi dan Rasul Allah

Sebelum kami menyajikan tentang kisah para Nabi dan Rasul, maka disini kami akan mengajak anak-anak untuk menghafal 25 nama Nabi dan Rasul terlebih dahulu. 25 nama ini dipilih Allah SWT untuk mendapatkan sebuah ilham dan mukjizat karena kesabaran, ketabahan dan juga kualitasnya.

Dari mereka, kita sebagai umat Islam belajar apa dan bagaimana hidup ini supaya bisa menjalaninya dengan benar sesuai kehendak Allah SWT.

Untuk itu, yuk ajarkan anak untuk menghafal nama 25 Nabi dan Rasul agar selalu diingat dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Berikut daftar 25 nama nabi dan rasul, disimak yuk!

1. Nabi Adam hingga Nabi Saleh

Dari 25 nama Nabi dan Rasul Allah, semuanya memiliki kisah dan tauladan yang bisa diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari 5 Nabi pertama berikut ini yuk, Ma!

Nabi Adam: Nabi pertama dari 25 nama nabi ini merupakan satu-satunya nabi yang diciptakan di Surga. Nabi Adam hidup di surga selama beberapa waktu bersama sang istri, Hawa.

Nabi Idris: Dikenal sebagai manusia yang pandai membaca dan menulis. Nabi Idris menguasai banyak ilmu seperti perbintangan, matematika, merawat hewan hingga menjahit.

Nabi Nuh: Nabi Nuh dikenal dengan kesabaran yang luas. Nabi Nuh juga pernah mendapat mukjizat Allah yaitu membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

Nabi Hud: Mengajak kaum Aad untuk berhenti menyembah berhala, ajakan Nabi Hud justru ditolak oleh kaum Aad. Hingga akhirnya Allah murka dan mendatangkan bencana besar berupa badai gurun selama tujuh hari tujuh malam.

Nabi Saleh: Keturunan keenam Nabi Nuh ini juga mendapat mukjizat Allah yaitu mampu mengeluarkan unta betina dari sebuah batu ketika memukulkan telapak tangannya.

2. Nabi Ibrahim hingga Nabi Yaqub

Setelah 5 nama Nabi pertama, selanjutnya ada 5 nama Nabi lainnya yang bisa Mama ajarkan kepada anak untuk selalu dihafal dan diamalkan. Berikut diantaranya:

Nabi Ibrahim: Dikatakan sebagai bapaknya para Nabi sebab hampir semua Nabi merupakan keturunannya. Nabi Ibrahim didatangkan untuk membenahi kaum yang dipimpin raja Namrud, yang mana menganggap dirinya sebagai Tuhan selain Allah SWT.

Nabi Luth: Diutus Allah memperbaiki moral kaum Gomorah yang senang berhubungan sesama jenis. Dikarenakan ajakan Nabi Luth tidak diindahkan, mereka dihukum dengan gempa bumi dan hujan meteor yang dahsyat yang membinasakan seluruh penduduk kota.

Nabi Ismail: Ingat kisah penyembelihan Nabi Ibrahim terhadap anaknya Nabi Ismail? Nabi Ismail kemudian mendapat mukjizat dari Allah dengan digantinya kambing yang dikirim dari Surga. Hal inilah yang akhirnya menjadi asal usul ibadah kurban di hari raya Idul Adha.

Nabi Ishaq: Merupakan anak dari Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq turut serta bersama nabi Ibrahim berdakwah menyampaikan ajaran kebenaran.

Nabi Yaqub: Nabi Yaqub juga meneruskan kekuasaan Allah yang diterimanya kepada seluruh umat Islam di muka bumi. Sebelum meninggal dunia, beliau berpesan agar anak-anaknya tetap berpegang pada ajaran yang ia berikan atas dasar utusan Allah SWT.Setelah 5 nama Nabi pertama, selanjutnya ada 5 nama Nabi lainnya yang bisa Mama ajarkan kepada anak untuk selalu dihafal dan diamalkan. Berikut diantaranya:

Nabi Ibrahim: Dikatakan sebagai bapaknya para Nabi sebab hampir semua Nabi merupakan keturunannya. Nabi Ibrahim didatangkan untuk membenahi kaum yang dipimpin raja Namrud, yang mana menganggap dirinya sebagai Tuhan selain Allah SWT.

Nabi Luth: Diutus Allah memperbaiki moral kaum Gomorah yang senang berhubungan sesama jenis. Dikarenakan ajakan Nabi Luth tidak diindahkan, mereka dihukum dengan gempa bumi dan hujan meteor yang dahsyat yang membinasakan seluruh penduduk kota.

Nabi Ismail: Ingat kisah penyembelihan Nabi Ibrahim terhadap anaknya Nabi Ismail? Nabi Ismail kemudian mendapat mukjizat dari Allah dengan digantinya kambing yang dikirim dari Surga. Hal inilah yang akhirnya menjadi asal usul ibadah kurban di hari raya Idul Adha.

Nabi Ishaq: Merupakan anak dari Nabi Ibrahim, Nabi Ishaq turut serta bersama nabi Ibrahim berdakwah menyampaikan ajaran kebenaran.

Nabi Yaqub: Nabi Yaqub juga meneruskan kekuasaan Allah yang diterimanya kepada seluruh umat Islam di muka bumi. Sebelum meninggal dunia, beliau berpesan agar anak-anaknya tetap berpegang pada ajaran yang ia berikan atas dasar utusan Allah SWT.

3. Nabi Yusuf hingga Nabi Harun

Selanjutnya ada kisah 5 Nabi lainnya yang bisa dihafal dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut diantaranya:

Nabi Yusuf: Anak kesayangan Nabi Yaqub yang membuat iri para saudaranya ini kemudian diasingkan dengan dibuang ke dalam sumur. Setelah berhasil diselamatkan, Nabi Yusuf mendapat mukjizat yaitu dapat menafsirkan mimpi.

Nabi Ayub: Salah satu Nabi tersabar yang pernah ada dengan kekayaan dan kebaikan hatinya. Allah mengujinya dengan membuat beliau sakit hingga hartanya habis, namun Nabi Ayub tetap tabah dan sabar melewati ujian Allah sampai kembali seperti semula.

Nabi Syu'aib: Diutus untuk mengajak kaum Madyan menyembah Allah, namun ajakan Nabi Syu'aid tak diindahkan. Alhasil, Allah melaknat kaum Madyan dengan badai panas dan awan hitam hingga semua penduduknya musnah.

Nabi Musa: Nabi Musa mendapat mukjizat Allah dengan diturunkannya kitab Taurat. Atas izin Allah, Nabi Musa juga mampu mengubah tongkat menjadi ular dan membelah laut Merah.

Nabi Harun: Dikarunian kemampuan berbahasa, Nabi Harun berjuang keras untuk kaumnya yang menyembah berhala agar mau meninggalkannya dan menyembah Allah SWT.

4. Nabi Zulkifli hingga Nabi Ilyasa

Kemudian beberapa nama Nabi berikut ini juga tak kalah penting untuk dihafal dan diamalkan, Ma. Inilah 5 nama Nabi selanjutnya yang mendapat mukjizat Allah:

Nabi Zilkifli: Nabi ini dikaruniai sifat sabar yang sangat besar dan rasa dermawan yang tinggi. Sifatnya itu membuat beliau mendapt mukjizat Allah terselamatkannya dari reruntuhan rumah yang menimpanya.

Nabi Daud: Mendapat wahyu berupa kitab Zabur, Nabi Daud merupakan orang yang mengalahkan Jalut (Goliath) dan diberi mukjizat dapat melunakkan dan membengkokkan besi. Kemudian beliau menjadi raja menggantikan Jalut yang dikalahkannya.

Nabi Sulaiman: Putra Nabi Daud yang meneruskan sebagai raja dengan kekayaan yang luar biasa. Nabi Sulaiman memiliki beberapa mukjizat dari Allah, diantaranya adalah bisa bicara dengan binatang, dapat menundukkan angin serta tingkat kesabaran yang luar biasa.

Nabi Ilyas: Nabi ini mendapat tugas untuk berdakwah kepada orang-orang Finisia dan Bani Israel yang menyembah berhala bernama Baal di Kota Baalbak, Syam. Namun semua yang diajarkan Nabi Ilyas ingkar dan akhirnya mereka mendapat azab dari Allah SWT.

Nabi Ilyasa: Anak angkat yang diasuh oleh Nabi Ilyas kemudian melanjutkan sang ayah untuk berdakwah kepada Bani Israil dan orang-orang Amoria di daerah Panyas, Syam. Nabi Ilyasa memiliki kesabaran tingkat tinggi, karenanya beliau diberi mukjizat besar seperti mampu menghidupkan orang mati.

5. Nabi Yunus hingga Nabi Muhammad SAW

Berikut ini adalah 5 nama Nabi terakhir Allah yang juga mendapat mukjizat dan kisahnya dapat menjadi pembelajaran bagi kehidupan kita umat Islam. 

Nabi Yunus: Merasa kecewa dan frustasi karena apa yang diperintahkan ALlah belum juga berhasiil, Nabi Yunus mendapat hukuman dengan dimaakan oleh ikan paus raksasa, namun tidak wafat. Allah memberikan pelajaran pada nabi Yunus yang meninggalkan kaumnya dengan hukuman hidup di dalam perut ikan paus. Selama 3 hari, beliau terus memanjatkan doa keselamatan dan penyesalan. Hingga akhirnya beliau disemprotkan keluar oleh ikan paus tersebut.

Nabi Zakaria: Keturunan Nabi Sulaiman ini mendapat utusan untuk memperbaiki kaum Bani Israil yang tinggal di Palestina. Atas kesabarannya, beliau yang terus berdakwah sampai usia renta baru mendapatkan karunia anak dari Allah SWT.

Nabi Yahya: Anak dari Nabi Zakaria merupakan seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.Dikaruniai ilmu dan hikmah saat usia anak-anak membuat Nabi Yahya selalu menjadi orang yang dapat menyelesaikan masalah di kalangan kaumnya.

Nabi Isa: Mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani. Tak hanya itu, Nabi Isa juga dikaruniai mukjizat dapat berbicara pada waktu masih bayi dan menghidupkan burung yang sudah mati atau orang yang sudah mati.

Nabi Muhammad: Sebagai Nabi terakhir yang diutus Allah, Nabi Muhammad menjadi Nabi yang umatnya adalah seluruh manusia di muka bumi yang hidup mulai zaman Nabi Muhammad hingga akhir zaman. Mukjizat yang dikaruniainya adalah kitab suci Al-Quran, yang mana menjadi kitab suci pelengkap dari kitab sebelumnya.

25 Nama Nabi Secara Berurutan

Nama Nabi dan Rasul

Berikut ini 25 nama nabi dan rasul secara berurutan beserta sedikit kisahnya:

1. Nabi Adam As

Nabi Adam As adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT untuk diturunkan ke bumi.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali.


2. Nabi Idris As

Nabi Idris As keturunan Nabi Adam yang pernah merasakan surga selama hidup di dunia.

Dia pula yang pernah diberi keistimewaan oleh Allah swt untuk merasakan kematian dalam kehidupan. Karena Allah swt tidak memperbolehkan siapapun masuk surga sebelum mati terlebih dahulu.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.


3. Nabi Nuh As

Nabi Nuh termasuk dalam golongan ulul azmi. Salah satu mukjizat yang diberikan Allah kepadanya mampu membuat perahu yang besar untuk menyelamatkan kaumnya dari banjir bandang.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 43 kali.


4. Nabi Hud As

Nabi Hud diberikan mukjizat bisa menurunkan hujan atas seizin Allah saat kaum 'Aad dilanda kekeringan dan tidak bisa menemukan sumber air.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 7 kali.


5. Nabi Saleh As

Nabi Saleh dapat memunculkan unta betina yang hamil 10 bulan dari batu besar yang terbelah.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 10 kali.


6. Nabi Ibrahim As

Setelah menjadi nabi, Ibrahim ‘alaihissalam diketahui melakukan penghancuran terhadap patung-patung yang ada di kuil Raja Namrud dan meninggalkan satu patung terbesar.

Lalu ia taruh tongkat yang ia buat untuk menghancurkan patung-patung itu di tangan patung terbesar tersebut.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 69 kali.


7. Nabi Luth As

Nabi Luth Allah SWT diutus Allah SWT untuk kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 27 kali.


8. Nabi Ismail As

Ismail adalah anak dari Nabi Ibrahim. Kisah keduanya merupakan awal mula terjadi qurban pada Idul Adha.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 12 kali.


9. Nabi Ishaq As

Dalam Alqur'an, Nabi Ishaq disebutkan memiliki ilmu, akhlak, dan perbuatan yang baik.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 17 kali.


10. Nabi Ya’qub As

Ya'qub merupakan sosok yang yang memiliki karakter dan pribadi yang kuat serta mempunyai keimanan yang luar biasa.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 18 kali.


11. Nabi Yusuf As

Nabi Yusuf adalah sosok yang tampan dan rupawan baik jiwa maupun raganya. Ia bisa menafsirkan mimpi dan diberi amanah oleh raja untuk memimpin.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 58 kali.


12. Nabi Ayyub As

Ayyub adalah seorang hamba yang saleh sekaligus nabi yang terkenal karena kesabarannya. Kisahnya banyak dimuat sebagai penghibur, pelipur, dan pembakar semangat orang-orang yang sedang ditimpa ujian.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 4 kali.


13. Nabi Syu’aib As

Syua'aib adalah seorang rasul yang diutus untuk berdakwah kepada kaum Madyan.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 11 kali.


14. Nabi Musa As

Nabi Musa termasuk ulul 'ilmi dan kitab taurat ditunkan kepadanya. Nabi Musa juga memiliki tongkat yang bisa berubah menjadi ular dan membelah lautan, ia berhasil membinasakan fir'aun beserta pengikutnya.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 136 kali.


15. Nabi Harun As

Nabi Harun memiliki jenggot dua warna, sebagian berwarna putih dan setengah yang lain berwarna hitam. Di antara dakwah Nabi Harun adalah keberhasilannya menanamkan rasa cinta kaumnya kepadanya dengan sangat mendalam.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 20 kali.


16. Nabi Dzulkifli As

Dzulkifli merupakan anak satu-satunya dari Nabi Ayyub yang selamat dari reruntuhan rumah.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.


17. Nabi Daud As

Salah satu mukzijat yang diberikan kepada Daud adalah kitab Zabur. Ia bisa berkomunikasi dengan burung, memiliki suara yang merdu dan dapat melunakkan besi dengan tangan kosong.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 18 kali.


18. Nabi Sulaiman As

Nabi Sulaiman memahami bahasa hewan dan mampu menundukkan jin. Ia juga raja yang kaya raya serta dermawan.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 21 kali.


19. Nabi Ilyas As

Nabi Ilyas diutus Allah SWT bagi kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba'al.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.


20. Nabi Ilyasa As

Nabi Ilyasa menjadi penerus dakwah Nabi Ilyas kepada Bani Israil. Allah memberikan Ilyasa mukjizat untuk menyembuhkan orang sakit atas seizin-Nya.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 2 kali.

 

21. Nabi Yunus As

Nabi Yunus pernah bepergian tanpa seizin Allah dan dimakan ikan paus, tetapi setelah bertobat, ia berhasil selamat atas izin Allah SWT.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 5 kali.


22. Nabi Zakariya As

Nabi Zakariya terkenal sangat sabar dan tabah. Ia tidak memiliki keturunan hingga usianya senja. Tetapi karena tak pernah putus berdoa, Allah akhirnya mengabulkan doanya dan memiliki anak bernama Yahya.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 12 kali.


23. Nabi Yahya As

Anak dari Nabi Zakariya ini dikenal memiliki sifat pengasih, penyayang dan penuh hikmah. Yahya merupakan salah seorang Nabi bagi Bani Israil.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 5 kali.


24. Nabi Isa As

Kitab Injil diturunkan pada Nabi Isa. Ia merupakan putra Maryam. Dapat menyembuhkan orang buta dan berpenyakit kulit.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 21 kali, sebutan al-Masih sebanyak 11 kali, dan sebutan Ibnu (Putra) Maryam sebanyak 23 kali.


25. Nabi Muhammad SAW

Muhammad SAW sang Nabi terakhir. Kitab Alqur'an diturunkan kepadanya di mana sebagai penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya.

Al-Quran menyebutkan namanya sebanyak: 25 kali


Akhir Kata

Nah, itulah ulasan dari 25 nama Nabi dan Rasul Allah yang perlu dihafal oleh anak sejak dini. Semoga kisah para 25 Nabi dan Rasul ini dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel