7 Peran Penting Seorang Creative Director dalam Pembuatan Video Game

7 Peran Penting Seorang Creative Director dalam Pembuatan Video Game - Dari dulu sampai sekarang ini pasti kita sudah memainkan banyak sekali jenis video game yang tentunya terbilang cukup terkenal serta terkenang di ingatan para gamer, entah itu dengan genre tipe RPG, Shooter, Action-Adventure, tentu itu semua sudah pasti pernah kita mainkan. 

Peran Penting Seorang Creative Director Video Game

Peran Penting Seorang Creative Director Video Game

Dibalik sebuah kesuksesan game tersebut, tentu ada salah satu jabatan yang sangat penting dimana selalu ada dalam pembuatan video game tersebut, yakni seorang Creative Director. Memang, ya walaupun untuk jabatan lain pun juga sama pentingnya. Tapi kami rasa jabatan ini terasa lebih menarik, menantang dan hal ini mungkin merupakan yang terberat ketika sobat pembaca mendapatkannya. Mengapa demikian? dengan hal ini maka pembaca bisa melihat peran-peran yang akan kami uraikan di bawah berikut ini.

1. Bekerja sama dengan Para Publisher dan bagian dari pemasaran

Tentu hal ini merupakan suatu yang cukup menarik bagi kami. Karena kami akan sangat kecewa jika nantinya itu ada game dengan kualitas yang sangat apik dan menjanjikan tapi iklan serta video promosinya yang dilakukan pihak developer tidak memiliki kualitas yang tidak diharapkan, jika hal ini sampai terjadi tentu akan berakibat fatal pada proses distribusi game itu sendiri. bisa di ambil contoh dari game mobile Arknights di tahun 2019, dimana iklan yang dilakukan oleh Yostar beliau selaku publisher benar-benar tidak sesuai dengan kualitas gameplay yang ditawarkan ke publik. Kami bahkan bersyukur tidak termakan adanya iklan tersebut dan kami langsung jatuh cinta dengan mencoba langsung game mobile besutan Hypergryph ini.

2. Perlu memiliki pengalaman sebagai Game Designer yang Mumpuni

Tak kalah penting, ini merupakan salah satu cara yang baik untuk dapat ditunjuk sebagai seorang game designer. Jabatan seorang Game Designer juga dapat dipastikan akan bekerja di bawah Creative Director, karena seorang Creative Director hanya bisa mengarahkan dan memberikan sebuah ide-ide terkait dengan IP mereka. Sedangkan untuk seorang Game Designer akan mengeksekusi ide tersebut dengan sesuai arahan dari Creative Director. Biasanya, seorang Game Designer itu punya pengalaman untuk bekerja di bagian kode pemrograman dan sekaligus ahli desain grafis, tapi tidak juga menutup kemungkinan bila pengalaman yang dibutuhkan dilapangan akan lebih banyak dari yang diperkirakan.

3. Menetapkan budget atau pengeluaran yang dibutuhkan saat Pembuatan

Adapun terkait dengan budget yang dikeluarkan, tentu hal ini perlu dicermati dengan baik, dengan harapan bahwa agar biaya produksi yang nantinya dikeluarkan dapat maksimal dan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup maksimal atau memuaskan dari segi penjualan. Kami berharap dengan adanya ulasan ini pembaca yang ingin membuat video game maka perlu berhati-hati jika pendanaan itu bersumber dari seorang investor. Jadi, jalan terbaik yang mungkin bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan crowdfunding, karena hal ini merupakan salah satu strategi yang justru bisa menghasilkan timbal balik dan player nantinya dapat merasa menjadi bagian dari adanya perkembangan atau proses pembuatan video game itu sendiri.

4. Menetapkan jadwal kegiatan secara terorganisir dan terstruktur

Yang tak kalah penting menurut pengetahuan yang diperoleh kami, tentu ini merupakan sesuatu yang tidak bisa disepelekan ya!. Hanya saja dalam pembuatan sebuah video game memang cukup sulit jika hanya menebar janji mengenai kapan sebuah video game itu dirilis yang mana nantinya akan berujung dibatalkan bila nantinya tidak sesuai harapan. Sehingga bagi player yang sedang menunggu seri ini sejak lama dan ternyata tiba-tiba tidak adanya kepastian dari developer, tentu si player akan merasa bosan dan bahka bisa tidak tertarik untuk menunggu lebih lama. Terutama ketika previewnya atau trailer gameplay yang ditawarkan atau di tayangkan tidak terlihat menjanjikan.

5. Merupakan ‘wajah’ paling depan selain HR

Pada umumnya, HR merupakan salah satu wajah terdepan dari perusahaan mereka dan juga ada posisi seperti Employer Branding dalam sebuah perusahaan, hal ini guna menarik minat calon para karyawan. Tapi hal ini berbeda dengan perusahaan agency atau industri kreatif manapun ya, karena seorang Creative Director biasanya akan muncul kepermukaan dalam pameran video game dan dia akan mempresentasikan hasil karyanya yang sudah dikerjakan bersama tim miliknya. Jadi, untuk hal ini tentu perlu memiliki skill public speaking yang baik serta piawai demi menarik minat para gamers.

6. Bekerja secara langsung di bawah CEO

Sudah dapat dipastikan, seorang Creative Director nantinya akan bekerja secara langsung dari arahan CEO. Dari CEO inilah seorang Creative Director pasti akan sering melakukan pengawasan ke setiap departemen dari project atau IP yang nantinya sedang dikerjakan dengan menghubungi setiap kepala departemen tersebut. Dengan hal ini, posisi Creative Director itu bukanlah posisi yang dipandang sebelah mata ya, karena apabila sebuah proyek akan terancam gagal dalam menarik minat pemain, bahkan memiliki banyak bug setelah yang di distribusikan ke gamer, serta tidak adanya keuntungan maksimal yang di dapat atau balik modal dari game yang sudah dirilis. Jadi, skill Leadership serta komunikasi yang handal sangat dibutuhkan untuk posisi ini.

7. Wajib menumbuhkan lingkungan kerja dan budaya kerja terbaru

Menurut kami ini hal yang juga relatif penting bila dari lingkungan kerja atau adanya budaya kerja yang diterapkan. Seorang Creative Director perlu membuat suasana kerja yang nyaman dan serta sesuai dengan standar perusahaan yang sudah berlaku. Hal ini dilakukan demi kesejahteraan para pekerja (well-being) dalam menggarap IP baru mereka dan agar sesuai dengan kinerja karyawan serta karyawan tidak merasa bosan dengan suasana kerja yang baru. Mengingat adanya para karyawan yang bekerja di dalam industri semacam ini merupakan seseorang yang mudah sekali bosan dan haus akan hal baru, tentu hal ini akan menjadi tanggung jawab tersendiri bagi seorang Creative Director dalam mengarahkan para karyawannya.

Baca Juga IT Takes Two Jadi Game Terbaik 2021

Akhir Kata

Baiklah, itulah tadi ulasan dari peran-peran seorang Creative Director dalam industri video game. Sebenarnya, nama untuk Creative Director pun juga bisa berbeda-beda di setiap perusahaannya dan juga bisa merangkap dengan jabatan yang lain, tergantung dari studio game atau pihak perusahaan yang menaunginya. Tapi jika dalam suatu industri video game, seorang Creative Director merupakan salah satu jabatan yang berpengaruh besar dan layak untuk kalian miliki, bahkan jabatan ini juga terbilang cukup disegani bila nantinya berhasil melahirkan IP baru dan segar bagi para gamers.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel