Alat Musik Rebab Berasal dari Daerah Mana? dan berikut Penjelasannya!

Alat Musik Rebab Berasal dari Daerah Mana? dan berikut Penjelasannya! - Halo sahabat, berjumpa kembali di media edukasi ini. Pada kesempatan ini kami akan mengulas salah satu alat musik yang sudah sangat terkenal di kalangan kita dalam negeri maupun di laur negeri. Alat musik tersebut yaitu Rebab.

Alat Musik Rebab

Alat Musik Rebab

Diantara sahabat pasti ada yang sudah pernah memainkan alat musik ini kan ya? nah, disini akan kami jelaskan lebih terperinci menganai alat musik Rebab itu sendiri agar sahabat bisa mendapatkan informasi yang komplit. Rebab (dalam bahasa Arab yaitu :  الربابة atau ربابة - "busur (instrumen)"). Alat musik ini ternyata sudah ada pada abad ke-8 dan dibawah oleh saudagar Arab dari jalur perdagangan. 

Asal Alat Musik Rebab

Alat musik Rebab banyak tersebar di wilayah Timur Tengah, Afrika Utara, Eropa dan bagian wilayah Timur yang jauh. Rebab juga ada di negeri Cina louh. Rebab ini bisa disebut dengan robab atau rubab di beberapa negara. Karena bagian wabah rebab biasanya menumpu di tanah. Jadi, asal alat musik rebab  untuk di Indonesia yaitu berasal dari Jawa Barat.

Alat musik Rebab badannya buat dan bagian depannya itu tercakup dalam satu membran dan nampak seperti perkamen atau kulit domba dan lehernya panjang. Alat musik Rebab juga tidak ada papan nada, Alat ini tegak dan bertumpu pada pangkuan lantai atau tanah. Busur rebab ini lebih melengkung di bandingkan Biola.

Alat musik rebab biasa digunakan sebagai alat musik pengiring suatu kesenian maupun alat musik yang bisa dimainkan secara mandiri layaknya sebuah biola. Namun alat musik ini hanya mempunyai senar yang sangat sedikit. Dapat sobat lihat sendiri pada gambar Rebab diatas!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel