Tifa adalah Alat Musik yang Berasal dari Daerah Mana? dan Berikut Penjelasannya!

Tifa adalah Alat Musik yang Berasal dari Daerah Mana? dan Berikut Penjelasannya! - Halo sahabat, pada kesempatan di hari yang berbahagia ini kami akan mengulas salah satu alat musik yang berasal dari Bumi Papua. Alat musik apakah itu? ya, itu adalah alat musik yang bernama Tifa.

Alat Musik Tifa

Alat Musik Tifa
Sumber Gambar: http://encyclopedia.jakarta-tourism.go.id/

Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari Papua. Alat musik yang tak bernada ini bunyinya sangat nyaring. Bahkan terdengar sekilas bunyinya seperti suara Gendang. Namun suara Tifa lebih ringan daripada suara Gendang. Tifa adalah alat musik tradisional Papu yang bahan utamanya terbuat dari Kayu sedangkan untuk membrannya terbuat dari Kulit Binatang.

Bentuk Tifa seperti Tabung dimana terdapat Lubang pada bagian tengahnya dan kemudian untuk bagian membrannya ditutup dengan kulit Biawak atau soa-soa. Namun ada juga yang menggunakan Kulit Rusa sebagai penutup lubangnya agar bisa menghasilkan suara.

Bahan Utama Alat Musik Tifa

Kayu Lenggua adalah jenis kayu yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan alat musik Tifa. Kayu Lenggua adalah jenis kayu yang terkenal kuat dan kayu ini juga dapat diberi sentuhan sebuah ukiran atau ornamen yang cantik pada bagian permukaannya.

Alat musik Tifa biasa dimainakan oleh masyarakat suku Papu pada saat upacara besar dan peringatan tertentu. Alat musik ini juga sebagai pengiring dari tarian Asmat, tarian Gatsi dan tarian tradisional lainnya.

Jenis-jenis Alat Musik Tifa

  1. Tifa Jekir
  2. Tifa Potong
  3. Tifa Dasar
  4. Tifa Bas

Cara Memainkan Alat Musik Tifa

Nah untuk bisa memainkan alat musik Tifa ini yaitu dengan cara di pukul pada area Mimbran menggunakan Alat Pukul tersendiri dan juga bisa menggunakan Tangan. Jadi, Tifa ini dapat dimainakn sesuai dengan kebutuhan. Karena ada banyak jenis tifa tentunya kita bisa menyesuaikan jenis tifa yang mana yang tepat untuk dipergunakan.

Perkembangan Alat Musik Tifa

Hingga saat ini banyak orang luar negeri mengenal alat musik Tifa. Yang artinya kemajuan alat musik ini sudah berkembang hingga ke luar negeri. Tentu dalam hal ini kita sebagai orang Indonesia wajib menjaganya dan melestarikan alat musik tradisional seperti ini. Alat musik Tifa juga sudah banyak di kolaborasikan dengan alat musik yang lainnya agar ketika dimainkan bisa berpadu asyik didengar telinga. 

Baca Juga: Alat Musik Sasando Berasal dari Daerah Mana? dan berikut Penjelasannya!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang Alat Musik Tifa yang berasal dari Bumi Papua. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca ulasan yang cukup singkat dan padat ini, sampai bertemu kembali pada pembahasan alat musik tradisional yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel