Jenis-Jenis Seni Rupa Secara Lengkap dan Berikut Penjelasannya!

Jenis-Jenis Seni Rupa Secara Lengkap dan Berikut Penjelasannya! - Halo sahabat berjumpa kembali di mediasaiana, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang Jenis-jenis Seni Rupa. Kita tahu bersama bahwa Seni Rupa di Indonesia ini sangat beragam. Bahkan sangking beragamnya, banyak sekali kreasi Seni yang ada di daerah-daerah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Jenis-Jenis Seni Rupa

Jenis-jenis Seni Rupa
Sumber Gambar: Seniusaha.com

Tujuan adanya seni rupa, Seni Lukis dan yang lainnya di ciptakan adalah sebagai ungkapan atau suatu ekpresi jiwa seseorang tanpa adanya faktor pendorong tertentu baik itu untuk tujuan materil. Adapun dalam fungsi seni ini bagi kalangan masyarakat merupakan sebuah bagian dari seni rupa yang tak terpisahkan di dalam hidup. Seni rupa merupakan bentuk ungkapan seluruh perasaan yang ada di dalam hati dan pikiran manusia yang diwujudkan atau dituangkan dengan suatu media melalui pengolahan & penataan sebuah elemen serta berbagai prinsip desain yang berlaku.

Berikut ini contoh seni rupa menurut jenisnya:

1. Seni Grafis

2. Seni Lukis

3. Seni Patung

4. Seni Kriya

5. Seni Ilustrasi

Penjelasan Seni Rupa:

1. Seni Grafis

Seni grafis

Seni Grafis merupakan salah satu cabang seni yang sudah familiar di negara kita, dimana dalam pembuatannya yaitu menggunakan sebuah alat dan juga teknik cetak yang pada umumnya dan biasanya itu dilakukan diatas kertas seperti halnya pada poster &  sablon.

2. Seni Lukis

Seni Lukis
Sumber Gambar: Pelajaran.co.id

Yang kedua yaitu ada Seni Lukis, ini merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang juga sama dari pengertian diatas, bahwa seni lukis adalah sebuah pengembangan yang tentunya lebih utuh dari kegiatan menggambar. Jadi, melukis adalah sebuah kegiatan mengolah suatu medium dua dimensi atau mengolah permukaan dari objek tiga dimensi yang nantinya akan bisa mendapat kesan tertentu. 

3. Seni Patung dan Seni Ukir

Seni Patung

Seni ini merupakan sebuah seni rupa yang dimana untuk hasil karyanya itu berbentuk tiga dimensi. Biasanya Seni Patung ini dikerjakan dengan cara teknik memahat / casting.

4. Seni Kriya

Seni kriya
Sumber Gambar; Mello.id

Seni Kriya merupakan salah satu seni rupa dua dan tiga dimensi, dimana untuk karya seni jenis ini lebih menekankan pada suatu ketrampilan olah tangan seperti halnya dapat kita lihat contoh : keramik, batik, hiasan dinding, parabot dan sebagainya.

4. Seni Ilustrasi

Seni ilustrasi

Seni Ilustrasi merupakan sebuah seni menggambar yang mana hal ini sebagai hasil visualisasi dari suatu tulisan untuk bisa menerangkan, menghiasi, menyampaikan atau memudahkan bagi pembaca untuk bisa memahami suatu tulisan, cerita, maupun suatu informasi yang lainnya. Adapun untukl contoh seni ilustrasi ini seperti contoh karikatur dan komik.

Fungsi Seni Rupa

Jadi, untuk seni rupa  ini juga masih dibagi lagi dengan menurut fungsinya. Adapun untuk seni rupa yang biasa berfungsi untuk memenuhi suatu kebutuhan hidup sehari-hari disebut juga dengan seni rupa terapan. Contohnya itu seperti kerajinan bufet, kriya, almari kursi, meja dan hal lain sebagainya. 

Meski demikian untuk seni rupa yang praktis juga tetap mengutamakan segi estetikanya. Sedangkang untuk seni rupa yang biasanya hanya akan diambil dari segi keindahannya saja tanpa seni itu memikirkan segi manfaatnya dan untuk kebutuhan sehari-hari disebut juga dengan seni rupa murni. Contoh dari seni rupa murni seperti: lukisan-lukisan yang tempel di dinding ruangan, miniatur dari replika Mobil yang di taruh di ruang tamu, ada patung mainan Jerapah untuk hiasan di almari, dan hal lain sebagainya

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan dari Jenis-Jenis Seni Rupa Secara Lengkap dan Berikut Penjelasannya! yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa lagi pada ulasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel