Alat Musik Sape berasal dari Daerah Mana? dan berikut Penjelasannya!

Alat Musik Sape berasal dari Daerah mana? dan berikut Penjelasannya! - Halo sahabat semua pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk mengulas sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Suku Dayak. Alat musik tersebut yang bernama Sape. Diantara sahabat pasti sudah ada yang pernah mendengar dari suara alat musik ini kan ya? nah buat sahabat yang belum mengetahuinya yuk mari cari tahu dan kenalan lebih dalam dengan Sape.

Alat Musik Sape

Alat Musik Sape Khas Suku Dayak
Sumber Gambar: .idntimes.com

Suara Sape sangatlah merdu, apalagi dentingan melodi sangat khas sekali. Maka tak heran jika orang yang mendengarkan suara Sape ini sangat terpukau dan kagum. Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan cara dipetik, layaknya alat musik Gitar.

Sape adalah alat musik yang berasal dari Suku Dayak, arti dari Sape sendiri yaitu Memetik dengan Jari. Namun ada juga suku dayak yang lain menyebut alat musik ini dengan nama Sempe, Sampe, bahkan Kecapai.

Alat musik ini berasal dari Pulau Kalimantan dari Suku Dayak. Sape sendiri dimainkan dengan menyatakan suasa rasa kegembiraan dan biasa dimainkan di siang hari. Sedangkan biasa dimainkan dimalam hari dengan suasa irama yang bernada syahdu, sendu dan sedih.

Sape juga alat musik yang digunakan sebagai musik pengiring dalam suat acara seperti puja-puji kepada yang berkuasa baik itu roh-roh maupun manusia yang memiliki kuasa serta digunakan sebagai alat musik pengiring tarian Suku Dayak.

Jenis-Jenis Alat Musik Sape


1. Sape Kayaan

Alat musik Sape yang dimiliki oleh Suku Dayak ini terdiri atas dua jenis, yang pertama adalah 'Sape’ Kayaan (ditemukan oleh orang kayaan). Sape untuk jenis ini memiliki 4 buah tangga nada dengan ciri yang tentunya berbadan lebar, bertangkai kecil, panjangnya itu sekitar 1 meter dan memiliki 2 senar/tali dari bahan pelastik. 

2. Sape Kenyah

Sedangkan jenis yang kedua yaitu Sape’ Kenyah (ditemukan oleh orang kenyah). Adapun untuk jenis sape ini; berbadan kecil memanjang, dan untuk bagian ujungnya itu berbentuk kecil dengan mempunyai panjang sekitar 1,5 meter, serta memiliki tangga nada 11-12 dan talinya itu berasal dari senar gitar atau sebuah dawai yang halus tiga sampai 5 untai.

Jadi dari kedua jenis Sape ini, jenis Sape Kenyah adalah yang paling populer. Hal ini dikarenakan mempunyai irama dan bunyi lantunannya yang dapat membawa si pendengar serasa di awang-awang. Dahulu kala ketika malam tiba, perlahan anak muda Suku Dayak setempat mulai memainkannya. Jalan ataupun rumah betang (rumah komunal masyarakat dayak) yang dapat membuat pemilik rumah tertidur dengan pulas menikmatinya.

Baca Juga; Alat Musik Rebab berasal dari Daerah mana? dan berikut Penjelasannya!

Jadi unuk alat musik Sape yang selama ini telah diakui berasal dari masyarakat Kayaan di sekitar daerah aliran Sungai Mendalam, di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Konon, katanya Sape ini berasal dari sekelompok masyarakat kecil Kayaan di sekitar daerah yang ada di aliran  sungai Mendalam yang berdialog Pagung, Desa Datah Dian (Andri WP, 2014:2).

Akhir Kata

Terimakasih sudah membaca ulasan ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Sekian yang dapat kami sajikan, sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Sumber: Indonesia.go.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
Download Poster ini Gratis!