16 Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan Tahun 2021

Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan Tahun 2021 / 1442 H - Halo sahabat pada kesempatan kali ini kami akan berbagi kembali beberapa ide yang bisa sahabat coba untuk keperluan bisnis di bulan Ramadhan. Nah, buat sahabat yang saat ini masih bingung mau buka usaha apa di bulan Ramadhan tahun ini maka jangan khawatir karena kami sudah merangkum beberapa ide yang bisa sahabat coba pada bulan ini. 

Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan Tahun 2021

Tanggal 13 April 2020 tepat kita memasuki 1 Ramadhan 1442 H yang artinya di hari itu kita sudah melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan. Nah, artinya kita sebagai orang islam maka diwajibkan untuk berpuasa bagi yang memenuhi syaratnya. Smeoga kita di bulan ramadhan ini dapat menunaikan ibadah puasa sampai tunai "Aamiin". 

Kembali lagi ke topik pembahasan disini akan kami sajikan beberapa ide bisnis yang sangat menjanjikan ketika di jalankan di bulan ramadhan diantaranya sebagai berikut ini! Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai ya :) !

Daftar Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan:


1. Jualan Kolak

Halo sahabat, pasti diantara kalian ada yang suka berburu makanan takjil untuk berbuka puasa kan ya? nah disini kami punya rekomendasi untuk ide bisnis yang bisa sahabat lakukan adalah dengan berjualan Kolak. Kenapa Kolak? ya karena di Indonesia ini masyarakatnya suka dengan Kolak. Sedangkan kolak di negara +62 ini sangat beragam ada Kolak Pisang, Kolak Kacang Ijo, Kolak Waluh alias Labu Kuning, Kolak Campur dan kolak kreasi lainnya.

Tentu dengan sajian yang indah menggugah selera bagi siapa saja yang melihanya apalagi disaat keadaan berpuasa pasti makin pengen ngiler hha. Janganlupa pergunakan Gadget sebagai media promosinya share aja foto foto kolak itu di Media sosial dijamin banyak yang kepo.

Baca Juga: 7 Menu Rekomended Berbuka Puasa Bersama Keluarga di Rumah

2. Jualan Bubur

Disini saya punya ide bisnis lagi yaitu Jualan Bubur. Biasanya menu ini juga banyak diburu orang. Apalagi buburnya di kasih varian rasa sampai bubur dengan campur. Ada bubur Ayam, ada bubur dengan skala minuman dingin sampai dengan bubur di campur buah-buahan dan daging.

3. Jualan Minuman Segar "Es Degan, Es Campur, Es Apa aja Boleh"

Nah, yang tak kalah wow lagi yaitu di sore hari biasanya yang diserbu orang itu minuman dingin. Seperti halnya Es Buah, Es Kelapa muda, Es Campur, Es Dawet dan es yang lainnya. Jadi manfaatkan aja suasa ramadhan ini sebagai salah satu manfaat berkahnya di bulan ramadhan. Agar lebih menarik calon costumer maka sajikan juga dengan kemasan yang kekinian kek ada kata-kata baper dan kata-kata motivasi contohnya seperti: Ramadan Membawa Ketamvanan dll. Yang tidak kalah penting ya rasa minumannya kudu enak harga kudu merakyat.

4. Jualan Kurma dan Buah-buahan

Dibulan Ramadhan pasti salah satu buah yang jadi andalan yaitu buah kurma. Apalagi buah kurma ini buah yang sering dimakan Nabi disaat hendak berbuka puasa. Bahkan sunah dari Nabi Muhammad SAW disunahkan untuk makan yang manis-manis disaat berbuka puasa dan Nabi sering memakan buah Kurma.

Tidak hanya buah kurma saja louh, karena kebutuhan dalam pembuatan esbuah atau es campur di bulan Ramadhan tentunya akan semakin tinggi, tentu di butuhkan stok penjual buah yang banyak nah oleh karena itu, jualan buah di bulan ramadan juga salah satu ide bisnis yang menjanjikan.

5. Jualan Gorengan " Sempolan, Pentol, Tahu Mercon, Ikan Goreng dll

Salah satu makanan yang juga banyak diburu banyak orang di bulan Ramadhan terutama menjelang waktu berbuka puasa adalah Gorengan. Gorengan ini beragam ya ada Resolis, Tahu isi, Pentol Goreng, Tahu Pentol Goreng, Siomay Goreng, dan masih banyak lagi.

Kalau di tempat kami di wilayah Tabalong itu, gorengan salah satunya dan ada lagi wadai khas banjar seperti Apam, Kue Lumpur, Lapis, Amparan tatak pisang, Kue Lam, Bingka dll.

6. Jualan Menu Makan Berbuka Puasa " Mie Ayam, Bakso, Sate, Semur, Ikan Goreng dll

Biasanya di bulan Ramadhan itu yang banyak di buru orang terutama kaula muda yaitu Rumah makan sebagai tempat bukber. Nah, buat sahabat yang mempunyai kantong dobel maka dapat membuat rumah makan lesehan apalagi lokasinya berada di alun-alun kota atau daerah perkotaan tentu sangat strategis membuka rumah makan.

Tidak bisa di pungkiri selama masa pandemi ini banyak anak-anak tidak bisa bertemu dengan temannya di setiap harinya nah biasanya mereka akan memanfaatkan bulan Ramadan sebagai media untuk bukber bareng sambil reunian. Di tempat kami saja di setiap malam sepanjang bulan Ramadan yang namanya rumah makan selalu ramai dipadati pengunjung. Sampai ada yang rumah makan mendapatkan bokingan full terus di bulan Ramadhan untuk keperluan Bukber.

Tidak hanya di rumah makan saja, kalian bisa juga berjualan dengan mendirikan sebuah warung di pinggir jalan raya dijamin pasti ada orang yang mampir ke warung kalian asalkan sambil di promosikan di media sosial ya.

7. Jualan Pakaian Muslim Muslimah

Nah, yang tak kalah ramenya lagi yaitu berjualan baju koko dan perlengkapan ibadah. Biasanya menjelang bulan ramadan atau di bulan ramadan orang-orang akan lebih tinggi untuk berbelanja ada yang sekedar ngabuburit di mall lihat pakaian atau hanya ingin kepo dengan trend busana yang nantinya buming menjelang idul fitri dan juga belanja untuk keperluan sedekah serta yang lainnya.

8. Jasa Antar Barang dan Makanan "Goo Food dan Gojek"

Nah, menjadi Ojekers juga tak kalah ramenya, biasanya di bulan Ramadan itu kebutuhan konsumtif orang akan semakin tinggi nah biasanya banyak om ojek berseliweran mengantarkan barang orderan pelanggan entah itu makanan sampai dengan barang kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan.

9. Jasa Katering Makanan

Membuka jasa katering makanan juga bisa dilakukan di bulan Ramadan. Apalagi kalau ada project bukber dan saur on the Road tentu ini sangat menjanjikan. Nah, biasanya katering seperti ini sangat ramai sekali mendapatkan orderan di saat bulan Ramadan. Entah itu katering Kue, Snack Kotakan maupun isi Nasi keperluan bukber.

10. Jualan Mercon- Kembang Api

Yang tak kalah ketinggalan di bulan Ramadhan adalah petasan. Permainan ini menjadi bagian dari kemeriahan bulan Ramadhan yang biasa dilakukan oleh anak-anak SD sampai SMP bahkan ada juga orang tua yang sengaja membuat petasan rakitan guna merayakan malam di bulan Ramadan menjelang berbuka puasa. Nah, untuk petasan ini selalu ramai di beli orang di saat bulan ramadhan apalagi menjelang idul fitri. Namun pemerintah selalu mengingatkan dan melarang penggunaan petasan di masyarakat di khawatirkan bisa berbahaya dan membawa musibah bagi orang lain.

11. Jasa Laundry

Ide bisnis yang ke 11 yaitu buka jasa cuci pakaian yaitu Laundry. Jadi, buat sahabat yang hobinya nyuci atau punya modal dobel atau punya mesin cuci lebih dari satu di rumah maka tidak ada salahnya sahabat buka jasa Laundry. Apalagi saat ini banyak keluarga yang menggunakan jasa cuci ini seperti halnya di wilayah perkotaan.

12. Ternak Ayam Kampung atau Ayam Potong

Berternak ayam kampung juga salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Biasanya di bulan Ramadan itu orang akan lebih banyak makan yang terkesan mewah dan nyaman untuk memuaskan hawa nafsunya. Jadi hal ini juga menjadi salah satu kesempaan bagi sahabat memanfaatkan kondisi dalam bulan Ramadhan untuk berternak ayam.

13. Budidaya Ikan Air Tawar

Di bulan Ramadhan konsumsi masayarakat terhadap ikan akan jauh lebih meningkat di banding di bulan biasanya, dikarenakan hal ini yaitu di masyarakat ada yang namanya acara Bukber. Di acara tersebut biasanya banyak di jumpai menu ikan Lele Goreng, Patin Bakar, Patin Kuah Asam, Ikan Nila Bakar, Nila Goreng dan sampai dengan jenis ikan air tawar yang lainnya.

14. Produk Kecantikan dan Kesehatan

Yang tak kalah penting lagi, di dalam bulan Ramadhan kesehatan dan kecantikan tetap terus di jawa terutama bagi kalangan kaum hawa, maka tak heran selalu muncul jenis produk kecantikan terbaru di bulan Ramadhan. Nah, ini tentunya salah satu peluang yang tetap menjanjikan ketika di jalankan pada saat bulan Ramadhan.

15. Jualan Kue Kering

Berjualan kue kering di bulan Ramadhan juga menjadi salah satu ide bisnis menjanjikan di bulan Ramadhan. Karena di bulan ini konsumtif masayarakat terhadap makanan akan lebih tinggi dibandingkan di bulan biasanya. Apalagi saat menjelang idul fitri tentu kebanyak masyarakat tidak mau ribet membuat kue kering sendiri maka biasanya mereka akan beli ke orang lain.

16. EO (Event Organizer Pekan Ramadhan)

Nah, ide bisnis di masa pandemi yang bisa sahabat coba yaitu EO Ramadhan, ya walaupaun untuk masa ini kegiatan namun acara bisa dilakukan kalau di suatu wilayah terbebas dari covid. Yang tak kalah pentingnya adalah kalian harus tetap inovaif dalam mengemas kegiatannya di masa-masa pandemi seperti ini. Kalau di bulan Ramadan di luar pandemi tentu EO kegiatan Ramadhan selalu kebanjiran job.

Baca Juga: 30 Ide Menu Buka Puasa Paling Rekomenden dan Enak!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan tentang 16 Ide Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan Tahun 2021 yang bisa sahabat coba di tempat kalian. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan referensi atau ide bagi kalian semua yang nantinya akan berencana ber wirausaha atau berbisnis di bulan Ramadhan. Cukup sekian yang dapat kami sajikan, terimakasih sudah membacanya dan sampai jumpa pada ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel