Inilah Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Saat Selesai Santap Sahur

Waktu Mustajab berdoa di bulan Ramadan, Inilah Doa yang Selalu Dibaca oleh Rasulullah Saat selesai Santap Sahur - Halo sahabat semua, di bulan ini kita sudah berada di awal Ramadhan. Setiap umat muslim sebelum menjalankan ibadah puasa di dalam bulan Ramadan bisanya akan melaksanakan santap sahur. Meski bukan syarat sahnya puasa tetapi dengan makan sahur inilah yang membedakan puasanya umat terdahulu dengan puasanya umat Rasulullah SAW, dengan makan sahur setidaknya akan jadi bekal bagi tubuh kita serta mendapat tenaga sehingga nantinya kita akan sanggup menjalankan ibadah puasa seharian.

Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Saat Selesai Santap Sahur

Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Saat Selesai Santap Sahur
Sumber Gambar: Okezone.com

Disadur dari Ensiklopedia Pendidikan Islam suntingan dari Kamarul Azmi Jasmi, menyebutkan bahwa dari segi bahasa, sahur adalah makan dan minum pada akhir malam.

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa Anas RA berkata Rasulullah bersabda, "Sahurlah kamu karena (makan) di waktu sahur itu mengandung keberkahan."

Rasulullah disebutkan tidak pernah mengkhususkan makanan tertentu untuk dikonsumsi. Namun, HR. Abu Dawud no. 2.345 mencatat bahwa beliau bersabda, "Sebaik-baiknya makanan sahur seorang mukmin adalah kurma."

Selain itu, malaikat Allah akan turun kebumi menebar rahmat Allah SWT ketika waktu sahur. Sehingga, pada waktu sahur sungguh mustajab untuk memanjatkan doa.

Baca Juga: Tips Santap Sahur Agar Saat Puasa Tubuh Tetap Vit dan Tidak Lemas

Saat kita semua melaksanakan ibadah selama bulan Ramadan, tentu tidak sedikit umat muslim di muka bumi yang ingin meneladani kebiasaan dari Rasulullah SAW. Praktiknya bisa dilakukan dalam berbagai hal di kehidupan sehari-hari, termasuk saat makan sahur dan di waktu berbuka puasa.

Rasulullah SAW bersama para sahabat selalu makan sahur sebelum menunaikan ibadah puasa. Menu yang terbaik dan paling sering disantap oleh Rasulullah SAW saat sahur adalah kurma.

Setelah selesai makan sahur, Rasulullah SAW kerap membaca doa ini, seperti yang sudah tercantum di dalam hadis yang di riwayatkan oleh Thabrani. Berikut doa dan artinya.

Doa Sahur yang Dibaca Rasulullah Selesai Makan Sahur


Yarhamullahul mutasahhirin.

Artinya:

" Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur."


Baca Juga: Tips Santap Sahur Agar Saat Puasa Tubuh Tetap Vit dan Tidak Lemas

Akhir Kata

Nah, itulah Doa yang Selalu Dibaca Rasulullah Saat Selesai Santap Sahur yang dapat kami sajikan. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Semoga ibadah puasa kita selalu diberi kelancaan dan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin Allahumma Aamiin.

Sumber referensi : :Liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel