6 Tips Santap Sahur, Biar selama waktu Puasa Tubuh Tidak Lemas

Tips Santap Sahur, Biar selama waktu Puasa Tubuh Tidak Lemas! - Tanpa terasa bulan Ramadhan telah memasuki hari ke 7. Selama satu bulan penuh di bulan Ramadan umat Islam di seluruh penjuru dunia wajib untuk menjalankan yang namanya ibadah puasa Ramadhan yaitu dengan menahan lapar dan dahaga kurang lebih selama 12-13 jam dalam sehari. Sayangnya, puasa ramadhan bagi sebagian orang kadang suka dijadikan alasan untuk lebih bermalas-malasan, sehingga hal ini dapat mengurangi kegiatan aktifitas fisik. 

Tips Santap Sahur

tips santap sahur
Sumber Gambar: Suarasurabaya.net

Padahal jika dilakukan dengan cara dan niat yang benar, puasa adalah salah media yang membuat tubuh kita menjadi sehat. Jadi, sebenarnya ini tergantung bagaimana kita pintar mensiasatinya untuk cara berpuasa maupun menu saat santap sahur.

Nah, agar selama kita berpuasa di waktu seharian tersebut agar aktivitas tetap lancar dan tubuh tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa ada beberapa tips santap sahur yang bisa dicoba, sehingga nantinya hal ini bisa membantu sahabat agar tidak lemas saat berpuasa dari matahari terbit sampai dengan matahari terbenam kembali. Apa saja tips sahurnya? yuk simak ulasannya berikut ini!

Tips Santap Sahur Agar Badan Tidak Lemas

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Didalam tubuh manusia karbohidrat mutlak sangat diperlukan, hal ini untuk memberikan asupan energi untuk tubuh agar kuat dan tidak mudah cepat lapar. Oleh karena itu dalam memasak makanan pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, karena jenis makanan yan mengandung karbohidrat kompleks akan memerlukan waktu lebih banyak untuk dicerna, sehingga proses pelepasan energi didalam tubuh menjadi lebih lambat. Seperti halnya kentang, roti, gandum, beras merah, maupun oatmeal.

Selain itu, adanya asupan karbohidrat kompleks juga tidak cepat menaikan kadar gula darah berbeda halnya dengan kandungan karbohidrat sederhana atau olahan yang bisa dengan cepat menaikan kadar gula darah sekaligus menurunkannya. Akibatnya akan membuat orang tersebut akan lebih cepat merasa lapar maupun lemas di saat menalankan ibadah puasa seharian penuh.

Baca Juga: Doa yang Biasa dibaca Rasulullah Setelah Santap Sahur

2. Makan Dengan Porsi yang Wajar

Tips santap sahur yang kedua adalah membiasakan pola makan dengan porsi yang wajar. Santap Sahur memang diperuntukan dengan tujuan agar tubuh kita mendapatkan amunisi yang cukup ketika tubuh kita harus menahan rasa haus dan lapar di sepanjang hari. Namun, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk kita makan tanpa mengkontrol dan dalam jumlah porsi banyak, karena jika ini dilakukan malah akan membuat tubuh kita tidak berenergi karena kita jadi mudah sekali mengantuk.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Disamping adanya karbohidrat kompleks, yang tidak boleh terlupakan diantaranya adalah memperbanyak asupan protein. Hal ini bertujuan untuk menghindari tubuh tidak mudah lemas memasuki waktu di siang hari dan hindari juga makanan yang berlemak maupun pedas. Jadi, salah satu sumber protein yang baik dan bisa membuat perut kita kenyang lebih lama adalah makan telur. Selain itu, ada juga yogurt  yang mengandung probiotik juga sangat baik untuk pencernaan.

4. Banyak Minum Air Putih

Tips santap sahur yang keempat adalah dengan memperbanyak minum air putih. Dalam hal ini kita harus pintar-pinar mengatur asupan cairan tubuh selama berpuasa dengan mengkonsumsi air yang banyak di waktu sahur, berbuka, dan saat malam hari. Selain dengan minum air putih, bisa juga menambah asupan cairan ubuh dengan minum jus buah tanpa gula.

5. Konsumsi Buah

Dengan mengkonsumsi buah-buahan yang tepat, hal ini baik dilakukan karena bahan makanan ini sudah terbukti mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin untuk tubuh. Nutrisi dan vitamin yang ada tersebut tidak hanya dapat berfungsi sebagai sumber tenaga / energi tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh kita agar tetap sehat, kuat dan tidak mudah terserang penyakit meski dalam seharian tidak makan dan minum secara rutin.

Selama berpuasa, adapun beberapa buah-buahan yang sangat direkomendasikan untuk disantap saat santap sahur antara lain adalah buah pisang, papaya, apel, mangga, kurma, jambu biji, alpukat, dan jeruk.

6. Sahur Berdekatan Dengan Waktu Imsak

Santap Sahur adalah salah satu bentuk ibadah sunnah saat menjalan kan ibadah puasa dan hal ini dianjurkan sekali, agar umat muslim dapat mempersiapkan diri untuk lebih siap dan kuat saat menjalankan ibadah puasa. Tips santap sahur yang dicontohkan Rasulullah SAW adalah sahur itu lebih baik berdekatan dengan waktu imsak, tujuannya agar jedanya tidak terlalu lama dan ini tentu akan berbeda jika kita makan sahur lebih awal atau dilakukannya seusai shalat tarawih misalnya, bisa jadi kalau ini sahabat lakukan maka pada saar waktu Dzuhur tubuh kita sudah merasa sangat lapar dan tentu saja hal ini akan mengganggu aktivitas dan ibadah puasa kita sendiri.

Baca Juga: Doa yang Biasa dibaca Rasulullah Setelah Santap Sahur

Akhir Kata

Nah, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan kita dapat melakukan beberapa tips sahur yang ada diatas. Semoga ibadah kita semua bisa berjalan dengan lancar dan tanpa adanya rasa mengeluh lemas, karena jika ada tentu itu sangat berpengaruh terhadap aktifitas kita sehari-hari. Selamat menjalankan Ibadah puasa Ramadan, dan sampai jumpa di ulasan yan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel