5 Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia yang Perlu Kamu Ketahui!

Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia yang perlu Kamu Ketahui - Jurusan kuliah unik yang ada di Indonesia ternyata cukup beragam. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki keberagaam budaya yang sangat beragam jenisnya. Salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan kebudayaan di Indonesia tersebut adalah dengan meningkatkan pendidikan kebudayaan kepada masyarakat selaku para generasi penerus selanjutnya.

Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia

jurusan kuliah unik di Indonesia

Apalagi Budaya di Indonesia ini wajib untuk dilestarikan agar tidak hilang dengan begitu saja. Meski telah dilakukan berbagai gebrakan untuk menyalurkan ilmu seni kepada para pemuda pemudi yang ada namun hal ini tak dimungkiri bukan perkara mudah. Oleh karena itu terobosan ini diambil dengan cara membuka jurusan seni budaya di beberapa kampus di Indonesia. Terlebih untuk pendidikan tinggi yang menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia terbilang unik. Rupanya di Indonesia ada jurusan kuliah unik yang berkaitan dengan itu, dan ternyata ini menarik perhatian para pelajar Mancanegara untuk ikut mempelajarinya.

Jurusan Kuliah Unik di Indonesia

Biasanya saat menempuh pendidikan tinggi, pada umumnya para pelajar akan mengambil jurusan yang familiar ketimbang mereka menempuh kuliah di jurusan unik ini. Namun banyak diantaranya yang masih anti mainstream dan lebih memilih untuk berkuliah pada jurusan yang tidak biasa. Untuk lebih memperjelas maka berikut adalah ulasan lengkap mengenai beberapa jurusan kuliah yang unik dan langka di Indonesia, pastinya jurusan tidak ada di negara lainnya, kira-kira apa saja?

1. Seni Karawitan

Hal ini masih berkaitan dengan suatu budaya Indonesia, ada pula jurusan unik seperti ini, yakni seni karawitan. Karawitan merupakan seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog yang terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Jadi untuk mahasiswa di jurusan ini akan bisa mempelajari seni musik tradisional dari penjuru Nusantara. Para mahasiswa akan berkesempatan menguasai berbagai alat musik tradisional, seperti gamelan, gendang, kecapi, suling, dan sebagainya.

Selain itu, untuk bisa belajar teknik vokal dan aransemen dari musik tradisional, termasuk menyinden juga bisa dipelajari pada jurusan ini. Bagi sahaba yang tertarik, bisa mendaftar di Institut Seni Indonesia di Denpasar dan Surakarta yang mana jurusan seni karawitannya telah terakreditasi A.

2. Teknologi Batik

Jurusan yang kedua, paling unik di Indonesia adalah jurusan Batik. Sebagai kota Batik, di Pekalongan tepatnya di Universitas Pekalongan yang mana juga memiliki jurusan Teknologi Batik. Tepat pada tahun 2011, Universitas Pekalongan secara resmi telah membuka jurusan Teknologi Batik guna meluluskan generasi penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan serta teknologi seputar batik.

Di dalam jurusan teknologi batik ini kalian akan diberikan banyak sekali ilmu dan pemahaman tentang seluk-beluk dalam membatik yaitu mulai dari sejarah, filosofi, hingga proses produksi batik itu sendiri. Dengan adanya jurusan ini maka harapannya, para lulusan dari jurusan ini mampu dalam mengembangkan teknologi dan mendirikan usaha mandiri di bidang sentral batik.

3. Teknologi Game

Bagi kalangan anak jaman now, dalam bermain game merupakan salah satu rutinitas wajib dalam keseharian sehari-hai, seiring dengan perkembangan kemajuan gadget di Indonesia. Game juga saat ini telah menajdi salah satu cabang olahraga dunia lho. Uniknya lagi, di Indonesia ada beberapa universitas yang sudah membuka jurusan kuliah di bidang teknologi game, tentu ini seiring dengan semakin populernya ESports di Indonesia.

Di dalam jurusan teknologi game ini sahabat akan dapat mempelajari bagaimana sebuah game itu diciptakan sampai dengan bisa dimainkan oleh banyak orang. Sahabat juga akan diajarkan suatu cara merancang dari alur cerita permainan game, karakter, hingga memproduksi sebuah game itu hingga jadi. Bagi sahabat yang tertarik untuk mengambil pendidikan teknologi game maka sahabat bisa mendaftarkan diri di Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Surabaya.

4. Seni Pedalangan

Jurusan unik selanjutnya yatu Seni Pedalangan. Hal ini berkaitan dengan kebudayaan wayang, baik itu wayang kulit, wayang golek hingga dengan wayang orang. Bahkan tidak hanya milik dan kebanggaan bagi masyarakat Jawa saja. Saat ini kebudayaan Wayang sudah menjadi bagian dari kebangaan masyarakat seluruh Indonesia, seiring dengan sebaran masyarakat Jawa ke berbagai wilayah Tanah Air bahkan sampai di Negara luar negeri. Tentunya kehadiran Seni Pedalangan dalam wewayangan tidak lepas dari peran Dalang dibalik lakon yang diperankan oleh wayang.

Untuk bisa mencetak para Dalang yang handal dan bisa membawa kebudayaan wayang ke mata dunia internasional maka di Indonesia ada salah satu Universitas yang menyediakan jurusan seni Pedalangan lho, yakni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jurusan Seni pedalangan ini merupakan suatu jurusan yang sangat spesifik dan khusus membahas tentang seni pertunjukan wayang tradisional Indonesia. Disini sahabat akan diajarkan berbagai hal tentang konsep-konsep dalam pementasan wewayangan khususnya wayang tradisional, belajar untuk bisa bagaimana berperan menjadi dalang yang profesional serta membuat alur cerita dalam pementasan, filosofi dari pedalangan hingga pengetahuan dari sejarah pedalangan itu sendiri.

5. Sastra Jawa

Jurusan unuk yang terakhir yaitu Sastra Jawa. Jurusan ini sanga unik, karena hanya ada di Indonesia. Tidak hanya sekadar dari bahasa, di jurusan Sastra Jawa yang ada di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Gajah Mada, sahabat akan mendapatkan pendidikan tinggi sastra Jawa di jurusan ini. Disini sahabat akan mendapatkan pengajaran seputar karya sastra, karya sastra, dan suatu kebudayaan Jawa dengan lebih luas.

Sastra jawa merupakan program studi yang memang terkesan unik, tapi dengan sahabat mempelajari ilmu dan budaya Jawa seperti melalui naskah-naskah kunonya, sahabat akan lebih memahami dari seluk-beluk sastra dan kebudayaan Jawa dengan berbagai ragam topik bahasan, mulai dari kesehatannya, filsafatnya, dan politik.

Baca Juga: 12 keuntungan Memulai Bisnis Sejak Usia Muda

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jurusan yang unik di Indonesia. Semoga kita selaku generasi bangsa dapat melestarikan kebudayaan yang ada di Indonesia. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Sampai jumpa lagi di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel