Apa itu Slug? 5 Tips Mudah Membuat Slug URL SEO Friendly

Tips Mudah Membuat Slug URL SEO Friendly - Tahukah Anda bahwa Slug URL dapat meningkatkan rating SEO website Anda? Cari tahu tentang apa itu slug URL, tips, dan bagaimana membuat slug URL di Wordpress.

Slug URL SEO Friendly

Dalam kamus SEO, pasti Anda pernah mendengar istilah slug. Walaupun jika diartikan menurut istilah, slug artinya ‘siput’, tapi bukan itu yang akan dibahas disini. Lantas, apa itu slug?

Apa itu Slug?

Slug adalah sebuah URL yang SEO-friendly. Slug URL merupakan teks yang terletak di bagian akhir URL.

Coba perhatikan contoh URL berikut:

URL 1: www.example.com/blog/id=23851526&cat=5615

URL 2: www.example.com/blog/apa-itu-slug

Bandingkan kedua URL dan bagian yang ditebalkan di atas. Mana URL yang lebih meyakinkan dan lebih mudah dibaca? Tentu Anda setuju bahwa URL kedua lebih meyakinkan dan lebih mudah dibaca.

Mengapa demikian?

Bagi pengunjung, melihat URL kedua membantu mereka mengetahui isi konten dari halaman tersebut. Bayangkan jika Anda membagikan link tersebut ke teman Anda.

Tentu teman Anda akan lebih yakin untuk mengeklik URL kedua dibandingkan dengan URL pertama. Tanpa disadari, traffic kunjungan ke website Anda pun meningkat.

Lalu, bagaimana dengan mesin pencarian seperti Google? Apakah bentuk URL tersebut berpengaruh?

Ya. URL kedua lebih membantu mesin pencari menemukan website Anda ketika sebuah kata kunci dimasukan.

Slug URL juga membantu mesin pencari mencocokan link, judul dan isi. Dengan begitu, rating SEO website Anda pun akan naik.

Lalu, bagaimana membuat slug URL yang SEO friendly? Ikuti tips berikut.

5 Tips Membuat Slug URL SEO-Friendly

Perhatikan struktur URL berikut ini:

URL 1: www.example.com/blog/tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

URL 2: www.example.com/tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

URL pertama dan URL kedua memiliki struktur URL yang berbeda, tetapi  slug URL yang dimiliki sama, yaitu “tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly”. Di bagian inilah, Anda bisa mengkreasikan slug URL.

Berikut tips dalam membuat slug URL yang SEO friendly:

1. Samakan Slug URL dengan Judul/Heading/Keyword

Mari ambil contoh kasus artikel ini. Artikel ini memiliki judul atau heading “Apa itu Slug? 5 Tips Mudah Membuat Slug URL SEO-Friendly”.

Dari judul tersebut, Anda sudah bisa langsung membuat slug URL, yaitu “/apa-itu-slug-5-tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly”.

Jika disatukan dengan struktur URL, maka akan menjadi:

www.example.com/apa-itu-slug-5-tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

Namun, apakah Anda berpikir bahwa URL Anda menjadi panjang sekali? Ya, URL yang panjang memang tidak efektif. Maka, opsi lainnya adalah Anda bisa mempersingkat slug URL hanya dengan kata kuncinya saja.

Contohnya:

URL 1: www.example.com/apa-itu-slug

URL 2: https://percetakanku.co.id/cetak-brosur-murah-di-jakarta/

Oke, sekarang URL Anda sudah terlihat lebih cantik.

2. Hilangkan Karakter yang Tidak Aman, Angka dan Tanggal

Tips pertama adalah cara cepat untuk membuat slug URL. Benar, tapi kurang efektif.

Perhatikan kembali apakah slug URL Anda mengandung karakter yang tidak aman, angka atau tanggal. Jika ya, maka sebaiknya Anda menghilangkannya lebih dulu sebelum menjadikannya slug URL.

Contoh:

www.example.com/5-tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

Menjadi:

www.example.com/tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

Mengapa karakter yang tidak aman, angka dan tanggal harus dihilangkan? Berikut beberapa alasannya:

1.Karakter yang tidak aman seperti < > & % # / @ : [spasi] kecuali tanda hubung (–) dan garis bawah (_) akan mengganggu kinerja web browser dan web crawler. Karakter tersebut tidak akan dikenali sebagai teks apalagi kata kunci. Jadi, lebih baik Anda menghilangkan semua karakter tersebut dari slug URL.

2.Angka sebetulnya tidak dipermasalahkan oleh web browser dan web crawler. Tapi akan menjadi masalah ketika Anda mengganti judul. Misalnya Anda ingin mengganti judul “5 Tips Mudah Membuat Slug URL SEO-Friendly” menjadi “10 Tips Mudah Membuat Slug URL SEO-Friendly”.

Maka, Anda juga harus mengganti slug URL. Mesin pencari memerlukan waktu untuk mengubah ini. Sehingga, ada kemungkinan judul dan slug URL Anda akan berbeda. Bayangkan kasus seperti ini:

URL: www.example.com/5-tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

Judul: 10 Tips Mudah Membuat Slug URL SEO-Friendly

Hal ini tentu akan terlihat aneh di mata pengunjung bukan?

3. Kasus tanggal serupa dengan angka. Tidak terlalu berpengaruh kepada web browser dan web crawler, tapi berpengaruh pada artikel Anda. Artikel yang diberi tanggal akan memberi kesan “ketinggalan zaman” padahal mungkin artikel Anda tidak lekang oleh masa.

3. Usahakan Total Karakter URL antara 50 Hingga 60

URL yang terlalu panjang akan terpotong saat tampil di halaman pencarian. Padahal, informasi pentingnya ada pada bagian ujung teks.

Perhatikan contoh berikut

URL 1: https://www.domainesia.com/hosting/

URL2: www.example.com/blog/2020/tips-mudah-membuat-slug-url-seo-friendly

URL 1 masih aman karena memiliki panjang 56 karakter, sedangkan URL 2 memiliki panjang lebih dari 60 karakter. Anda bisa menghilangkan URL subdomain “/ nama halaman untuk mempersingkat URL.

4. Gunakan Huruf Kecil / lowercase

Jika Anda perhatikan, hampir semua URL memiliki huruf kecil atau lowercase. Walaupun webserver modern sudah memperlakukan huruf besar dan huruf kecil dengan cara yang sama, tapi beberapa masih memberlakukan aturan case sensitive.

Case sensitive adalah aturan di mana huruf besar dan huruf kecil diartikan berbeda. Jadi, agar aman, gunakan selalu huruf kecil dalam slug URL Anda.

5. Hilangkan Spasi Menjadi Karakter – atau _

Karakter spasi akan diubah menjadi %20 oleh web browser. Bandingkan URL berikut:

URL 1: www.example.com/apa%20itu%20slug

URL 2: www.example.com/apa-itu-slug

URL 3: www.example.com/apa_itu_slug

Jika Anda perhatikan, tentu URL 2 dan URL 3 lebih mudah dibaca. Maka, gunakan karakter – atau _ untuk menggantikan spasi.

Membuat Slug Wordpress

Oke, sekarang Anda sudah tahu bagaimana membuat Slug URL yang SEO friendly. Selanjutnya, saatnya Anda mempraktekkannya langsung cara mengubah slug di Wordpress. Berikut langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Dashboard Wordpress Anda

Jika Anda belum memiliki website berbasis Wordpress, Anda bisa mendapatkannya di domainesia.com. DomaiNesia menyediakan fitur Instant Deploy.

Dengan fitur ini, Anda bisa langsung mendapatkan website berbasis Wordpress hanya dengan satu kali klik. Website bisa langsung digunakan tanpa instalasi dan kode pemrograman apapun.

2. Mengganti Struktur Permalink Wordpress

Klik menu Settings > Permalinks untuk mengganti struktur permalink. Di sana Anda akan melihat beberapa struktur permalink. Pilihlah struktur yang paling sederhana seperti “Post Name” atau rancang permalink Anda sendiri di “Custom Structure”.

3. Mengganti Slug URL Halaman

Setelah permalink, selanjutnya Anda perlu mengubah slug URL untuk masing-masing halaman. Saat Anda membuat atau mengubah sebuah artikel, di bagian atas judul akan terdapat bagian “Permalink”. Klik “Ubah” untuk mengubah slug URL Anda. 

Masih ragu untuk mengubah struktur URL Anda setelah mengetahui apa itu slug URL? Jangan sampai deh, karena slug URL sangat berperan penting dalam meningkatkan rating SEO website. Jadi, jangan lupa untuk mengikuti tips dan langkah membuat slug URL di atas agar rating SEO website Anda terus naik!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel