5 Penyebab Radang Pada Sendi dan Cara Mengobatinya!

Penyebab Radang Sendi dan Cara Mengobatinya! - Halo sahabat, ketika badan kita sehat tentu ini adalah nikmat yang luar biasa. Tahukah kalian bahwa radang pada sendi atau artritis adalah salah satu peradangan yang dapat terjadi pada satu atau di beberapa sendi, sehingga ini dapat menyebabkan sendi kita menjadi kaku dan sulit untuk digerakkan.

Penyebab Radang Sendi

Radang Pada Sendi

Tahukah kalian bahwa radang sendi ini bisa dialami oleh siapa saja, jadi semua golongan usia, termasuk kalangan remaja hinga anak-anak. Namun, radang sendi ini paling sering terjadi pada orang tua yang berusia di atas 65 tahun. Penyakit radang sendi bisa disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah adanya penumpukan kristal asam urat yang disebut dengan gout arthritis.

Penyebab terjadinya radang sendi ini berbeda-beda. Adapun berdasarkan penyebabnya, radang sendi ini ternyata dapat dibagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu:

1. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh adanya penyakit autoimun, yaitu apabila sistem kekebalan tubuh itu yang menyerang jaringannya sendiri.

2. Osteroarthritis

Osteoarthritis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan adanya penipisan dan kerusakan pada tulang rawan. Kondisi ini akan disebabkan karena terjadinya gesekan langsung antartulang.

3. Reactive arthritis atau Sindrom Reiter

Reactive arthritis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh adanya reaksi peradangan yang dapat terjadi di bagian tubuh yang lain. Kondisi ini juga sering dipicu oleh adanya infeksi bakteri yang terjadi pada saluran kemih.

4. Septic arthritis

Septic arthritis atau infectious arthritis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh adanya infeksi bakteri, virus, atau jamur yang terjadi pada sendi.

5. Gout arthritis

Gout arthritis adalah salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat yang ada di dalam sendi. Kaum pria lebih berisiko terserang penyakit radang sendi jenis ini.

Selain itu ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab radang sendi di atas, ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terjadi radang sendi, antara lain:

  • Karena Usia, misalnya saja osteroarthritis yang dapat menyerang dan lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun
  • Jenis kelamin, misalnya seperi gout arthritis yang akan lebih sering terjadi pada kaum laki-laki
  • Riwayat penyakit, seperti adanya mengidap penyakit asam urat, penyakit autoimun atau penyakit infeksi
  • Adanya Riwayat cedera pada sendi
  • Obesitas

Gejala Radang Sendi

Gejala radang sendi pada umumnya akan dapat menimbulkan gejala berupa:

  • Nyeri pada sendi dan kaku pada sendi
  • Adanya pembengkakan pada sendi
  • Terjadi keterbatasan gerak sendi
  • Munculnya kemerahan dan rasa hangat pada sendi
  • Mengecilnya untuk ukuran otot yang ada di sekitar sendi (atrofi otot)
  • Terjadinya penurunan kekuatan otot di area sekitar sendi

Ada juga gejala lain yang bisa dirasakan oleh seseorang yang menderita radang sendi biasanya ini sesuai dengan penyebab yang mendasari kondisi orang itu sendiri, di antaranya:

  • Terjadi demam, jika hal ini disebabkan oleh penyakit infeksi
  • Rasa lelah berlebihan dan lemah yang tidak jelas penyebabnya
  • Munculnya suara gesekan saat sendi itu digerakkan
  • Munculnya taji tulang atau tulang tambahan yang ada di sekitar sendi yang meradang
  • Muncul benjolan kecil pada area sendi yang mengalami peradangan
  • Measa kesulitan untuk menggerakkan bagian tubuh yang sedang mengalami radang sendi

Pengobatan untuk radang sendi

Ada beberapa pengobatan untuk radang sendi yang bisa sahabat lakukan antara lain:

  • Fisioterapi
  • Pembedahan
  • Obat-obatan: anti radang dan anti nyeri
  • Terapi alternatif seperti akupuntur.

Salah satu pantangan bagi orang yang mengidap radang sendi adalah dengan menghindari mengkonsumsi makanan manis-manis, adanya tinggi garam dan mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu vitamin radang sendi perlu sekali dikonsumsi agar dapat menjaga tubuh tetap sehat dan selalu fit. Pencegahan lainnya yang bisa di coba yaitu bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, rajin dalam berolahraga, selalu menjaga berat badan dan berusaha menghindari trauma sendi.

Pencegahan Radang Sendi

Sahabat dapat menurunkan beberapa risiko terjadinya radang sendi dengan melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Jaga postur tubuh kalian dengan baik saat duduk atau saat berdiri
  2. Jaga berat badan agar tetap ideal
  3. Selalu aktif, rajin dalam bergerak, dan berolahraga secara teratur setiap hari
  4. Perbanyak dalam mengonsumsi sayur, buah, dan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 dan kandungan kondrotin sulfat, misalnya timun dan ikan laut.
  5. Lakukan cek kontrol secara rutin ke dokter atau bidan terdekat, jika sahabat memiliki penyakit penyakit asam urat, autoimun atau penyakit infeksiyang karena ini bisa meningkatkan risiko terjadinya radang sendi yang sakit sekali

Akhir Kata

Demikianlah ulasan tentang 5 Penyebab Radang Sendi dan Cara Mengobatinya!. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan menjadi referensi bagi kita semua. Terimakasih sudah membaca ulasan ini. Sampai jumpa lagi pada ulasan seputar kesehatan yang lainnya,

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....