5 Jenis Penyimpanan Eksternal Pada Komputer atau Laptop yang Perlu kalian Ketahuia!

Jenis Penyimpanan Eksternal Pada Komputer atau Laptop yang Perlu kalian Ketahuia! - Pada kesempatan ini izinkan kami untuk berbagi informasi mengenai jenis-jenis penyimpanan Eksternal yang dapat digunakan di perangkat komputer. Jadi, penyimpanan eksternal adalah sebuah peranti keras yang dapat berguna untuk menyimpan data secara permanen. 

Maka dengan adanya kapasitas penyimpanan ekternal ini kita tidak perlu risau jika nantinya mengalami kapasitas penyimpanan internal yang penuh, karna hal ini tidak seperti penyimpanan internal yang berdampak langsung pada kinerja komputer kita. Karena jenis media penyimpanan ekternal ini terpisah pada sistem komputer dan tidak ada pengaruhnya pada sistem operasi cpu nya. Untuk itu agar kalian juga mengetahui jenis-jenisnya silahkan simak ulasan selengkapnya berikut ini!.

Jenis Penyimpanan Eksternal Pada Komputer

Jenis Penyimpanan Eksternal Pada Komputer

Seperti halnya yang sudah kita ketahui bahwa untuk penyimpanan ekternal yang paling sering ditemui adalah berupa flashdisk dan harddisk external, apalagi unuk kedua hardware tersebut memiliki fungsi yang sama dalam penyimpanan data namun ukuran penyimpanannya kadang berbeda-beda. Kelebihan dari penyimpanan eksternal adalah lebih mudah dibawa kemana-mana sedangkan untuk penyimpanan internal tergabung pada perangkat komputer itu sendiri. 

1. Hard Disk Eksternal

Hard disk eksternal adalah jenis penyimpanan data yang sangat mudah untuk di bawah kemana-mana, biasanya jenis hard disk ini sering digunakan pada tipe personal komputer/komputer perorangan atau biasa juga sebagai penyimpanan tambahan untuk komputer dan juga laptop itu sendiri. Hard disk yang terdapat pada komputer atau laptop, dan juga pada suatu peralatan elektronik yang mana membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Sesuai dengan yang sudah saya ungkapkan pada paragraf diatas bahwa hard disk terbagi menjadi dua yaitu Hard Disk Internal dan Hard Disk Eksternal.

Baca Juga: EarPhone Gaming Terbaik yang Perlu kalian Coba!

2 Flash Disk USB

Jenis penyimpanan yang kedua yaitu Flash Disk. Jenis ini merupakan peranti yang paling banyak dan paling sering digunakan oleh masyarakat karena kapasitas penyimpanannya yang cukup besar dan ukurannya yang kecil mudah dibawa kemana-mana. Perangkat keras memang sangat berguna sekali.

3. Floppy Disk

Jenis penyimpanan yang ke tigas yaitu ada Floppy Disk atau biasa disebut dengan nama Disket. Ini adalah perangkat keras eksternal yang bisa digunakan untuk menyimpan data. Ukurannya yang tipis dan juga lebih fleksibel. Disket sengaja di buat untuk mempermudah proses perpindahan data dengan ukuran yang relatif kecil ke komputer yang lainnya. Ukuran Disket ini sebesar 5 ¼ inci (133 mm). Sedangkan 3 ½ inci (90 mm) adalah bentuk standar dari Disket. Alat penyimpan data ini sudah berkembang sejak pertengahan 1970-an hingga di tahun 2000-an.

4. Zip Disk

Jenis penyimpanan yang ke empat yaitu Zip Disk. Ini adalah sebuah perangkat yang tidak jauh beda dengan Floppy Disk, namun untuk kelebihan dari Zip Disk ialah memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibanding dengan Floppy Disk. Karena Zip Disk ini memiliki kapasitas penyimpanan cukup sebesar yaitu 100 MB, selanjutnya sudah ditingkatkan menjadi 250 mb dan kemudian ditingkatkan lagi kapasitasnya ,menjadi 750 mb dan terus berkembang hingga sekarang ini.

5. Piringan Optik

Tentu jenis penyimpanan yang satu ini tidak asing lagi, sebut juga dengan nama Piringan optik atau (optical disk). Jenis perangkat keras ini adalah piringan yang dapat menampung sebuah data hingga ratusan sampai ribuan kali daya tampung yang ada di dalam disket tersebu. Piringan optik biasa disebut juga dengan CD atau DVD. Perangkat keras penyimpanan ini sering kita jumpai di pasar maupun pada saat hendak membarning skripsi, bahkan peranggkat ini dapa digunakan dalam berbagai kebutuhan. 

Baca Juga: Fitur Terbaru Android 12 yang Perlu Kalian Ketahui!

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan perihal 5 Jenis Penyimpanan Eksternal Pada Komputer yang Perlu kalian Ketahuia! Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih sudah membaca ulasan ini, sampai jumpa lagi pada pembahasan artikel yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....