13 Tips Menjual Produk di Media Sosial Agar Laris Manis

Tips Menjual Produk di Media Sosial Agar Laris Manis - Adanya kehadiran media sosial bisnis adalah media yang dapat memperluas jangkauan Anda selaku pemilik Brand produk dan meningkatkan laba Anda dan ini berarti dapat meningkatkan penjualan Anda. Menjual di media sosial membutuhkan pendekatan khusus yang akan menarik minat konsumen sedemikian rupa sehingga mereka ingin mengklik ke situs web Anda dan mengeksplorasi apa yang Anda tawarkan. Idealnya, mereka akan menyelesaikan pembelian, memposting secara positif tentang hal itu di akun media sosial mereka dan kembali berbelanja dengan Anda lagi, tentu ini menghasilkan prospek baru untuk bisnis Anda.

Tips Menjual Produk di Media Sosial

Tips Menjual Produk di Media Sosial

Dengan demikian, sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda, dengan kehadiran media sosial ini setidaknya menjadi salah satu platform yang sesuai untuk kegiatan bisnis . Platform sosial yang umumnya paling cocok untuk bisnis dan penjualan eCommerce adalah Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube.

Menjual Produk melalui media sosial tentu ada proses dan langkah-langkah yang harus di terapkan seperti:

  • Menarik perhatian konsumen
  • Mengidentifikasi kebutuhan konsumen
  • Menampilkan bagaimana Anda dapat mengisi kebutuhan itu
  • Membangun hubungan berkelanjutan yang positif
  • Mendapatkan respon positif (yaitu, penjualan)
  • Menghasilkan prospek baru
  • Loyalitas yang bermanfaat

Dengan pendekatan yang tepat, media sosial dapat digunakan tidak hanya untuk pemasaran digital strategis, tetapi juga untuk penjualan.

Pemasaran versus penjualan

Media sosial dikenal sebagai alat pemasaran yang cerdas dan efektif dengan jangkauan global. Tapi itu juga bisa menjadi alat penjualan yang efektif juga, bila digunakan dengan benar.

"Pemasaran" dan "menjual" adalah istilah yang sering digunakan secara bergantian, namun mereka bukan hal yang sama.

Pemasaran

  • Menekankan konsumen
  • Mengidentifikasi prospek target
  • Mengkomunikasikan citra merek
  • Menciptakan kesadaran merek
  • Memberikan layanan pelanggan premium
  • Meminta umpan balik konsumen
  • Mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan konsumen
  • Berusaha untuk mendapatkan interaksi merek-konsumen yang positif

Pemasaran itu dinamis; Fokusnya adalah pada konsumen dan bukan produk. Ini berkisar pada pemenuhan kebutuhan dan kepentingan konsumen.

Menjual

  • Menekankan produk
  • Secara proaktif mencari prospek
  • Prospek yang memenuhi syarat melalui interaksi
  • Mengakui kekhawatiran prospek
  • Memunculkan pembelian
  • Menindaklanjuti jika pembelian tidak selesai

Penjualan berputar di sekitar kepentingan vendor. Hal ini difokuskan pada produk atau layanan. Ini semua tentang mengubah produk atau layanan menjadi uang tunai.

Penjualan di media sosial bergantung pada konsumen yang memiliki persepsi positif tentang kompetensi, keahlian, dan keunggulan merek atau bisnis. Hal ini dicapai melalui pemasaran yang cerdas, tetapi pemasaran tidak cukup dengan sendirinya untuk mencapai penjualan.

Berikut adalah beberapa tips efektif untuk menjual di media sosial. Anda tidak dapat mengabaikan semua yang telah Anda pelajari tentang pemasaran digital; Taktik ini harus digunakan bersamaan dengan strategi pemasaran media sosial yang terbukti.

Anda perlu menampilkan diri sebagai asli dan menarik, dan mengubah konsumen yang tertarik menjadi pembeli. Anda perlu melakukan ini tanpa menjadi agresif atau memaksa. Anda perlu menyampaikan pesan bahwa ini semua tentang konsumen – bukan Anda.

Tips Menjual Produk di Media Sosial    

1. Rencanakan dengan baik 

Kembangkan kampanye media sosial yang menggabungkan pemasaran dan penjualan. Apa identitas merek Anda? Bagaimana Anda akan mengkomunikasikan hal ini melalui media sosial? Cerita apa yang ingin anda ceritakan? Anda perlu memutuskan apakah akan menekankan produk, layanan, tema atau promosi, dan mencari cara untuk mendorong konsumen untuk secara aktif berpartisipasi dengan Anda dalam hal ini.

2. Jangan membuat asumsi tentang apa yang diinginkan pelanggan

Apa yang Anda anggap berharga dalam produk atau layanan Anda mungkin bukan yang paling dihargai konsumen. Tempatkan diri Anda pada posisi pelanggan potensial – apa yang diperlukan bagi Anda untuk mengklik ke situs web Anda dan menyelesaikan pembelian?

3. Kenali target pelanggan Anda

Lihatlah apa yang sedang tren di media sosial bagi orang-orang yang cenderung menggurui bisnis Anda. Anda perlu meluangkan waktu untuk melakukan penelitian.

4. Buat konten yang bagus

Anda ingin memposisikan diri Anda sebagai ahli dalam niche Anda – tetapi ingat bahwa, kecuali Anda berfokus pada penjualan bisnis-ke-bisnis, audiens Anda tidak akan ditangkap oleh istilah atau konten teknis atau kompleks. 

Buat posting dan tautkan ke blog dan artikel lain yang ditulis untuk khalayak umum orang normal. Juga ingatlah untuk membuat konten dengan nada dan materi yang sesuai dengan target konsumen Anda. Misalnya, konten yang ditargetkan untuk seseorang berusia dua puluhan yang ingin menghadiri festival akan sangat berbeda dari konten yang ditargetkan untuk pensiunan yang melihat tur kilang anggur.

5. Tetap Berpikir Positif

Jangan tertipu dengan berpikir bahwa Anda perlu memanipulasi orang atau menundukkan mereka pada "penjualan keras". Ini sebenarnya lebih mungkin untuk mengusir pelanggan daripada menarik dan menahan mereka.

6. Pastikan konten Anda memenuhi kebutuhan Pelanggan

 Yang belum dimiliki konsumen dan Anda dapat mengisi atau memberikan solusi. Dengan menunjukkan lebih dari satu cara agar Anda dapat membantu menjembatani kesenjangan antara di mana mereka berada dan di mana mereka ingin berada, Anda menunjukkan kepada mereka mengapa mereka harus percaya dan membeli dari bisnis Anda.

7. Posting secara teratur

Pastikan Anda juga menanggapi komentar di posting Anda – media sosial adalah alat untuk berkomunikasi dengan konsumen, tidak berbicara pada mereka. Anda harus memposting setidaknya sekali sehari di Facebook, dan dua kali sehari di Twitter atau Instagram. Melalui posting yang konsisten Anda mendapatkan perhatian.

8. Mintalah feedback! 

Ajukan pertanyaan kepada pengikut Anda, jalankan jajak pendapat, sebutkan atau retweet komentar, dan tampilkan umpan balik di halaman Anda. Orang suka merasa bahwa pendapat mereka penting.

9. Jangan berasumsi bahwa konversi konsumen akan terjadi di media sosial 

Platform media sosial adalah tempat untuk membuat koneksi, membangun hubungan dan kepercayaan, dan mendorong konsumen untuk mengunjungi dan menjelajahi situs web bisnis Anda. Tawarkan posting pencicip dari apa yang Anda tawarkan secara online untuk menghubungkan prospek dan minta mereka mengklik untuk mengeksplorasi lebih lanjut dan melakukan pembelian.

10. Akun Email atau Kontak Person Bussines

Dorong pengikut Anda untuk ikut serta dalam buletin email, pemberitahuan SMS, dan bentuk pemasaran digital lainnya.

11. Buat promosi pada waktu yang berbeda di setiap saat

Analisis apa yang terbaik dan tweak jika diperlukan.

12. Tetap di Kawal

Ketika konsumen menjadi pelanggan dan menyelesaikan pembelian, tindak lanjuti dengan mereka! Anda bisa:

  • Mengirim pesan terima kasih elektronik
  • Kirim tweet untuk menunjukkan apresiasi
  • Sebutkan mereka dalam sebuah posting
  • Berbagi voucher atau kode diskon
  • Hadiahi mereka atas kesetiaan mereka

13. Dorong pengikut Anda untuk membagikan konten Anda

 Tawarkan ajakan kepada pelanggan yang sudah ada dan kalau bisa membawa pelanggan baru.

Tunjukkan kepada pengikut Anda mengapa Anda adalah yang terbaik dalam bisnis Anda! Tawarkan tips, taktik, wawasan, dan cuplikan di balik layar. Bagaimana, mengapa dan cerita menarik yang berhubungan dengan cara apa pun dengan bisnis Anda sangat berharga bagi konsumen dan akan membuat mereka tetap mengikuti dan membagikan profil Anda.

Penjualan di media sosial bergantung pada menghubungkan dengan pelanggan dan pelanggan potensial Anda dan membangun hubungan dengan mereka. Bahkan jika konsumen tidak siap untuk membeli dari Anda sekarang, mereka akan mengingat Anda di masa depan jika Anda telah melakukan pekerjaan Anda dengan baik. Anda tidak dapat memaksa penjualan, tetapi Anda dapat membuat diri Anda mudah diingat untuk semua alasan yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel