7 Makanan Khas Jakarta, Menikmati Hidangan Ibukota

Makanan Khas Jakarta, Menikmati Hidangan Ibukota - Sebuah kota sebagai pusatnya Indonesia. Berkumpulnya manusia dari beragam penjuru negeri untuk mengadu nasib di situ. Dimulai dari aceh yang berada di ujung Sumatera, atau Papua yang kaya di Timur Indonesia. Semua bergabung pada sebuah kota namanya Jakarta.

Makanan Khas Jakarta

Makanan Khas Jakarta

Jakarta tentunya punyai daya magnet tertentu sampai menjadi magnet untuk orang yang ingin mencari kerja. Konon, di situ terdapat banyak lapangan kerja. Hingga, beberapa orang ikhlas untuk berdesak-desakan untuk dapat pergi kerja waktu masih pagi buta.

Nah, keunikan jakarta yang paling jelas tentu saja ada di makanannya. Makanan ciri khas Betawi menjadi satu diantara daya magnet yang tidak dapat disangkal. Siapa saja yang sempat merasainya, tentunya ingin makan kembali yang ke-2 kalinya.

Lalu apa saja sich makanan ciri khas Jakarta yang dapat kita coba? Berikut beberapa makanan yang pantas untuk kamu coba saat bertandang ke Jakarta.

1. Kerak Telor

Makanan yang satu ini nampaknya telah bukanlah hal yang baru kembali. Kerak telor menjadi icon-nyasimbolnya Kota Jakarta. Kamu dapat menjumpai makanan ciri khas Betawi ini di Jakarta. Apa lagi jika cocok ada acara Minggu Raya Jakarta, lebih mudah kembali tuch carinya.

Kerak telor ini jika dilihat, sama persis omlet. Bahan intinya sudah pasti telor, selanjutnya ditambah lagi ketan dan beberapa bahan lain.

Ada yang unik dari makanan yang berupa lingkaran ini. Langkah mengolahnya memakai tungku arang, dan yang paling kece, sesudah 1/2 masak, saat mengolah kerak telor, wajannya dibalik.

Tapi, telor yang berada di wajan itu tidak tumpah lho. Kamu harus saksikan sendiri tuch agar yakin.

2. Ketoprak

Ketoprak sebagai makanan yang dibuat dari ketupat atau lontong yang dikasih tambahan tahu, bihun, dan tauge. Kepuasan ketoprak datang dari sauce kacang yang disiram di atas beberapa bahan barusan.

Tak lupa juga, pendamping berbentuk krupuk ditempatkan di atas ketoprak untuk menambahkan kepuasannya. Kamu dapat minta rasa yang pedas lho jika memang senang dengan yang nendang.

Baca Juga7 Makanan Khas Bali yang Super Lezat

3. Nasi Uduk

Makanan ini sudah tidak asing tentu dalam telinga orang Indonesia. Nasi uduk, jika di Jakarta biasa jadi menu makan pagi yang sedap. Kemungkinan jika disaksikan mirip-mirip nasi liwet getho ya memiliki bentuk.

Bahan dari nasi uduk ini tentu saja beras putih yang diolah bersama bumbu. Bumbu yang dipakai ialah santan, daun serai, daun jeruk, daun salam, dan garam.

Kelezatan nasi uduk ini akan semakin terasa bila dikonsumsi saat hangat. Rasanya renyah dan nikmat, plus tambahan telur dadar, ayam goreng, semur jengkol, kentang balado, sambal kacang, dan empal, jadikan makanan ini lebih spesial.

4. Semur Jengkol

Siapa sih yang tidak senang dengan jengkol? Tentunya semakin banyak dibanding yang menyukai ya? Karena mungkin hilangkan berbau jengkol itu yang sedikit susah. Dapat mengusik kehidupan berumah-tangga jika sampai berbau jengkol menebar ke mana saja.

Tapi, semur jengkol itu rasanya unik lho, apa lagi dipadankan dengan bumbu-bumbu opsi. Makanan ciri khas Betawi ini terbanyak fansnya di Betawi sudah pasti. Karena, orang Betawi tahu bagaimanakah cara hilangkan berbau jengkol yang kurang nikmat itu.

5. Nasi Ulam

Nasi ulam merupakan salah satunya makanan ciri khas betawi yang bahan intinya ialah nasi. Nasi ulam sebagai masakan kombinasi di antara cita-rasa Betawi dengan kulineran Cina.

Nasi ulam biasa dihidangkan dengan siraman semur kentang/semur tahu/semur telur di atas nasinya. Tidak lupa juga tambahan bihun goreng, cumi asin goreng, perkedel kentang, dan telur dadar irislah. Lebih nikmat kembali jika dikasih daun kemangi, bawang goreng, taburan kacang, dan sambal.

6. Gado-gado

Gado-gado ini kemungkinan sama persis salad sayur dari barat ya. Kombinasi sayur yang selanjutnya dikasih sauce kacang yang renyah dan sedap.

Gado-gado sebagai makanan campur-campur, didalamnya ada ketupat, telur, kentang, tahu, krupuk, dan taburan bawang goreng. Selanjutnya, tidak lupa siraman sauce kacang di atas seluruh bahan. Pas sekali jika ingin buat makan pagi, makan siang, atau makan malam.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Bali yang Super Lezat

7. Laksa Betawi

Laksa sebagai makanan khas yang dari wilayah Cibinong, tetapi selanjutnya memasuki sampai ke Jakarta dan pada akhirnya disebutkan laksa Betawi.

Laksa ini sebagai makanan berkuah yang terbagi dalam bihun, perkedel, telur, dan taburan daun kemangi dan daun kucai. Makanan yang ini dikuasai cita-rasa Cina dengan rasa yang renyah dan manis.

Nah, itu tadi makanan ciri khas Jakarta yang sayang sekali buat kamu lewatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel