7 Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal

Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah yang Paling Terkenal - Wisatawan Harus Membawa Pulang Makanan tradisional ciri khas Jawa tengah menjadi satu diantara keyword yang umumnya banyak dicari wisatawan. Tidak cuma pada beberapa momen liburan panjang saja, pada lawatan darmawisata juga makanan tradisionil ciri khas Jawa tengah sering jadi kerap dicari.

Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah

Makanan Tradisional Khas Jawa tengah

Makanan bisa menjadi satu diantara ide oleh-olehan yang tersering diputuskan oleh warga Indonesia saat melancong. Ide makanan tradisional khas Jawa tengah yang telah di lampirkan berikut tentu akan jadi gagasan bagus yang bisa kamu tentukan nanti saat pelesiran ke Propinsi Jawa tengah dan berkunjung kota-kota cantiknya.

1. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Nasi Gandul


Makanan tradisional khas Jawa tengah yang masuk ke referensi kesempatan ini ialah Nasi Gandul yang dari Pati. Nasi gandul ini termasuk unik lho karena dia akan dihidangkan di atas daun pisang. Selanjutnya di sekitarnya akan berisi lauk daging sapi selanjutnya nasi akan disiram dengan kuah yang fresh.

Rasa nasi gandul ini cukup renyah dan ada rasa manis yang akan membuat penikmatnya jadi suka. Hidangan kulineran satu ini cukup terkenal lho. Hal itu dikarenakan oleh Nasi Gandul memiliki cita-rasa unik dan berlainan dari hidangan lain. Selainnya dihidangkan dengan lauk daging sapi, bermacam lauk pada nasi gandul yang lain pun tidak kalah sedapnya lho. Ada telur, tempe dan tahu bacem, dan lain-lain yang ditanggung akan menambahkan selera kamu.

2. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Gudeg


Gudeg sebagai salah satunya makanan terkenal yang sangat populer di semua nusantara. Gudeg menjadi satu diantara sajin khas Jawa tengah yang populer antara beberapa wisatawan, baik lokal atau luar negeri. Karena itu tidaklah aneh bila saat bertandang ke wilayah di Jawa tengah seperti Jogja dan Solo, hidangan Gudeg akan benar-benar gampangnya kamu jumpai.

Cita rasa menguasai renyah dan manis membuat pencinta kulineran ditanggung terpikir-bayang dan akan cobanya kembali. Gudeg ciri khas Jawa tengah ini dibuat dari buah nangka muda yang diolah bersama santan dan berbagai macam bumbu dan rempah ciri khas nusantara yang membuat gudeg makin nikmat. Berita baiknya yang penting kamu kenali jika Gudeg ciri khas Jawa tengah memiliki 3 tipe yang bisa kamu tentukan. Dimulai dari gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg manggar.

3. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Tahu Bakso


Sebagai orang Indonesia, tidak mungkin kamu tidak pernah makan bakso. Tetapi bagaimana bila tahu bakso? Apa kamu pernah melahapnya? Tahu bakso menjadi satu diantara kudapan kota Semarang yang dapat kamu tentukan jika akan membawa oleh-olehan. Melahap kudapan tahu bakso didampingi satu cangkir teh di pengujung hari ditanggung sangat nikmat.

Dominan rasa renyah yang ada pada tahu bakso ciri khas Semarang menjadikan cemilan yang diunggulkan masyarakat Jawa tengah. Apa lagi bila dikonsumsinya sekalian menggigit cabai rawit hijau. Ditanggung makin sedap karena ada kesan pedas dalam mulut. Ada dua jenis tahu bakso ciri khas Semarang. Tahu bakso yang direbus dan yang dimasak. Kamu tinggal samakan saja opsi yang mana paling ingin kamu coba karena ke-2 nya sama nikmat.

4. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Soto Kudus


Makanan tradisional khas Jawa tengah selanjutnya yang bisa kamu cicip dan cicipi ialah Soto Kudus. Salah satunya yang paling bagus yang sedikit orang tahu dari Soto Kudus ialah soto ini akan dihidangkan dengan memakai tempat yang lumayan kecil.

Dikarenakan Soto Kudus cuman memakai mangkok kecil, karena itu tidak boleh bingung bila ada yang sampai menambahkan jatah karena semangkuk pasti berasa kurang. Jika ditanyakan masalah rasa, tak perlu ditanyakan. Rasa yang dipunyai Soto Kudus ini ditanggung renyah, nikmat, dan fresh. Apa lagi bila dikonsumsi dengan beragam variasi pilihan lauk tambahan.

5. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Nasi Grombyang


Nasi Grombyang menjadi satu diantara kulineran tradisional ciri khas Jawa tengah, persisnya datang dari Pemalang, sebagai referensi Mamikos selanjutnya. Asal-usul nama hidangan kulineran satu ini sebetulnya ialah dari langkah penyuguhannya yang lain dari kulineran lain.

Sebab nasi Grombyang ini akan dihidangkan dengan kuah yang lebih banyak dibanding isi makanannya. Karena itu jadi seperti terlihat grombyang-grombyang. Dalam satu mangkuk nasi Grombyang kamu akan mendapati kombinasi nasi, lauk daging kerbau dan kuah. Namun saat ini banyak yang memakai daging sapi dalam penyuguhannya. Di wilayah aslinya, warung nasi Grombyang demikian disukai beberapa pencinta kulineran lho.

6. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Ganas Asem


Garang asem jadi ide makanan tradisional ciri khas Jawa tengah terpopuler yang Mamikos simpan di daftar ini. Suguhkan satu ini kemungkinan bukan nama makanan yang asing untuk mayoritas orang. Karena Ganas Asem memang sangat populer karena kepuasan rasanya.

Malah di wilayah aslinya seperti Demak, Pekalongan, Pati, atau Semarang, hidangan kulineran satu ini menjadi satu diantara makanan setiap hari lho. Makanan tradisional ciri khas Jawa tengah satu ini sama karena material dasar pembikinannya yang gampang yaitu dari daging ayam yang diolah dengan santan, selanjutnya dibuntel dengan daun pisang. Rasanya? Nikmat mengagumkan, karena ada kesan asam sekalian pedas dalam saat yang sama.

Sajian kulineran ciri khas Jawa tengah satu ini akan menjadi lebih nikmat saat kamu mengkonsumsinya dengan nasi hangat, sate-sate yang ada atau telur dadar. Kombinasi rasa fresh, renyah, dan nikmat akan bercampur jadi satu di mulut. Tidaklah aneh jika rumah makan yang menyuguhkan ganas asem sebagai menu mereka selalu dipenuhi pada jam-jam makan siang.

7. Makanan Tradisional Khas Jawa tengah: Lumpia


Belum lengkap jika kamu sedang ada di Jawa tengah, terutamanya di Kota Semarang, tetapi terlupa untuk mencicip Lumpia nya yang populer itu. Lumpia Semarang menjadi satu diantara kudapan ciri khas yang disebut hasil akulturasi budaya asli Indonesia dengan budaya Tionghoa. Apa lagi ada beragam jenis isian yang ada pada Lumpia Semarang. Misalkan saja telur, daging ayam, udang, dan beragam isian yang lain menambahkan rasa sedapnya.


Cita rasa nikmat akan semakin menambah ingin tambah terus apa lagi bila memadankan lumpia dengan cabai rawit hijau. Berhati-hati untuk yang berdiet karena bisa ditegaskan jadwal diet kamu bisa jadi tidak berhasil karena bujukan lumpia Semarang ini. Menariknya, lumpia Semarang ini benar-benar pas buat kamu tentukan sebagai oleh-olehan untuk keluarga di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel