10 Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui!

Manfaat buah Salak bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui! - Buah bersisik yang memiliki banyak manfaat kesehatanSalak, buah bersisik yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salak adalah salah satu buah yang sangat populer di Indonesia. Berasal dari Sumatera dan Jawa, buah ini memiliki kulit coklat dan scaliness kasar, sehingga juga dikenal sebagai buah ular.

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Selain rasanya yang enak, yang cenderung manis dan asam, ternyata manfaat kesehatan salak juga sangat beragam. Salak mengandung kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, zat besi dan juga serat. Hal ini tentu sangat diperlukan bagi tubuh. 

Berikut adalah manfaat buah salak yang perlu Anda ketahui:

1. Pencernaan yang sehat 

Manfaat buah salak juga dapat menyehatkan saluran pencernaan karena mengandung tanin, saponin dan flavonoid. Ketiga zat ini adalah senyawa yang sangat oksidatif yang baik untuk pencernaan. 

Tanin dalam buah salak juga bisa menjadi anti diare, yang dapat membantu menyembuhkan diare, lho. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi salak dengan kulit, yang dapat membantu mencegah sembelit.

2. Mendukung Kesehatan Mata

Salak mengandung vitamin A, yang cukup tinggi. Seperti diketahui, kesehatan mata harus didukung dengan asupan vitamin A yang baik. Salak juga mengandung beta-karoten, salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh mata. 

3. Menjaga daya tahan tubuh yang baik 

Pertahanan tubuh yang baik adalah kuncinya agar Anda bisa bergerak dengan baik. Pertahanan tubuh dapat berada dalam kondisi prima jika mereka menerima asupan vitamin B yang cukup. Sementara itu, salak merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin B, lho.  

4. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Salak memiliki kandungan karbohidrat atau dengan kata lain kandungan gula. Namun, jenis gula dalam salak adalah jenis gula yang baik. Dengan demikian, manfaat kesehatan salak juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, karbohidrat dari Salak diubah menjadi glukosa. Kemudian glukosa diubah kembali menjadi energi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Salak diketahui tidak mengandung kolesterol, melainkan kalium. Kalium memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Tidak hanya itu, Salak juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. 

6. Menghindari tubuh dari penyakit kronis 

Mengonsumsi buah salak juga dapat membantu tubuh terhindar dari penyakit kronis. Karena Salak mengandung berbagai antioksidan dan dapat menghambat terjadinya peradangan dalam tubuh. 

Dengan demikian, makan salak tidak hanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi juga melindungi Anda dari diabetes dan stroke. Antioksidan dari buah Salak juga dapat mencegah penumpukan sel inflamasi. 

7. Menjaga kesehatan pankreas 

Dalam Salak ada kandungan yang dapat meregenerasi sel pankreas. Pankreas yang sehat dibutuhkan oleh penderita diabetes. Karena penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin normal karena berkurangnya fungsi sel pankreas.

8. Meningkatkan memori Ingatan

Manfaat salak yang satu ini membuatnya disebut buah ingatan. Alasannya karena Salak mengandung mineral dan bahan aktif berupa kalium dan pektin. Kandungan zat ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak, meningkatkan kemampuan kognitif dan memperkuat memori. 

Selain itu, antioksidan dalam buah salak membantu mencegah stres oksidatif dalam sel-sel tubuh. Dengan demikian, konsumsi buah salak dapat mengurangi risiko terkena penyakit neurodegeneratif.  

9. Kontrol gula darah 

Seperti dijelaskan di atas, Salak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pankreas. Pankreas adalah organ yang memainkan peran penting dalam produksi insulin, sehingga dapat membantu mengontrol gula darah. 

Selain itu, kandungan pterostilbene, bahan kimia yang mirip dengan resveratrol, dianggap mampu melindungi sel beta di pankreas dan mencegah resistensi insulin. 

10. Membantu menurunkan berat badan

Membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan, salak bisa menjadi pilihan buah. Buah bersisik ini mengandung karbohidrat, serat, kalsium dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh. 

Karbohidrat bisa menjadi energi ekstra dalam diet. Kemudian zat antioksidan sangat baik dalam mengobati sel dan menghambat penuaan dini. Sedangkan serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama

Itulah sejumlah manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah salak yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda ingin mencobanya? Meski bersisik seperti ular, buah ini memiliki rasa yang lezat, mudah didapat dan mudah dikonsumsi. Cari tahu informasi atau fakta sehat tentang buah-buahan lain dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel