15 Manfaat Ikan Salmon untuk Kesehatan Tubuh - Wajib Anda Ketahui ya!

Manfaat ikan salmon untuk kesehatan tubuh – Salmon adalah salah satu hidangan paling populer dengan tekstur lembut dan penuh nutrisi. Ditambah dengan kandungan omega-3, yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Tak heran jika banyak orang dari berbagai negara suka makan salmon.

Manfaat Ikan Salmon

Manfaat Ikan Salmon

Salmon adalah sumber protein berkualitas tinggi. Ini mengandung lemak omega-3, yang merupakan protein penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita.  

Setiap 3,5 ons daging salmon mengandung 22 hingga 25 gram protein, yang dapat memberi tubuh kita banyak manfaat, .B seperti melindungi kesehatan tulang, dengan cepat memulihkan tubuh dari cedera, dan sebagainya.

1. Mengandung Kaya akan Lemak Omega-3 

Tubuh kita tidak dapat memproduksi lemak omega-3 sendiri, meskipun protein ini sangat penting dan diperlukan. Kandungan omega-3 dalam salmon tentu dapat membantu Anda menekan nutrisi dalam tubuh Anda.  

Setiap 100 gram daging salmon liar mengandung sekitar 2,6 gram asam lemak omega-3. Jadi Anda dapat memenuhi kebutuhan lemak omega-3 dalam tubuh Anda dengan makan 2 porsi salmon dalam waktu seminggu. 

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung 

Makan salmon secara teratur dapat membantu Anda terlindungi dari penyakit jantung, Ruppers! Salmon dapat meningkatkan kandungan asam lemak omega-3 dalam darah.  

Dengan mengonsumsi ikan ini, kadar omega-3 dan omega-6 dalam tubuh bisa lebih seimbang, menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Dapat Mengurangi Risiko Kanker 

Omega-3 dalam salmon juga ditemukan untuk mengurangi risiko kanker, Ruppers. Kanker dapat terjadi karena ketidakseimbangan antara omega-3 dan omega-6 dalam tubuh.  

Anda dapat menambahkan ikan ini ke dalam diet Anda setiap minggu untuk meningkatkan kadar omega-3 dalam tubuh Anda.  

4.  Dapat Menjaga Kesehatan Tulang 

Salmon mengandung kalsitonin, yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Kandungan kalsitonin dalam salmon juga dapat mencegah osteoporosis dan penyakit sendi.  

Selain kalsitonin, ikan ini juga mengandung kalsium, yang dibutuhkan oleh tulang Anda sehingga bisa menjadi lebih sehat. 

Siapa yang sedang dalam proses diet atau menurunkan berat badan? Salmon sangat cocok untuk Anda konsumsi di saat penurunan berat badan.  

Selain kandungan protein yang tinggi, salmon juga dapat mengatur hormon yang mengontrol nafsu makan Anda. Anda bisa merasa kenyang untuk waktu yang lama.

5. Sumber Vitamin 

Salmon tidak hanya mengandung omega-3, tetapi juga banyak vitamin seperti vitamin B, D dan lain-lain. Semua vitamin yang terkandung di dalamnya dapat bekerja sama untuk menjaga tubuh dalam kondisi terbaik. 

6. Meningkatkan Daya Ingat dan Fungsi Otak 

Kandungan omega-3 yang tinggi pada salmon dapat meningkatkan daya ingat, Ruppers.  

Kombinasi asam lemak omega-3 dan vitamin lain yang ditemukan dalam salmon dapat menjadi antidepresan, mencegah kerusakan pada sistem saraf dan juga menenangkan otak. 

7. Mengontrol Tekanan Darah 

Salmon memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium dalam ikan ini dapat membantu mengontrol atau menurunkan tekanan darah dalam tubuh dan mengurangi risiko stroke. 

8.  Inflamasi atau Peradangan 

Tahukah Anda bahwa peradangan atau peradangan adalah hal yang sangat berbahaya? Peradangan dapat menyebabkan banyak hal yang tidak diinginkan, seperti reaksi autoimun, nyeri sendi, penambahan berat badan, stroke, dan juga sakit maag.  

Salmon dapat membantu Anda mengurangi peradangan ini, Ruppers. Kandungan omega-3 dalam salmon dapat membantu tubuh mengatur hormon lokal dan melindungi Anda dari migrain, obesitas, radang sendi, dan penyakit lainnya.

9. Sumber Potasium yang baik 

 Salmon kaya akan kalium. Faktanya adalah bahwa kandungan kalium dalam salmon lebih banyak daripada pada pisang. Hal ini juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. 

10. Meningkatkan Fungsi Tiroid 

Salmon juga mengandung selenium, yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan selenium inilah yang dapat membantu menurunkan antibodi tiroid pada orang dengan penyakit tiroid autoimun.  

Satu studi mengatakan selenium telah terbukti lebih umum pada salmon daripada yang ditemukan dalam kapsul minyak ikan.

11. Bermanfaat bagi Mental 

Salmon juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. Kandungan omega-3 pada salmon bermanfaat untuk proses kognitif dan juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko depresi, demensia, attention deficit hyperactivity disorder, dan lain-lain. 

12. Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan omega-3 dalam salmon juga terbukti sangat baik untuk kesehatan mata. Salmon dapat mencegah mata kering, mata lelah dan juga degenerasi makula terkait mata.

13. Mengatasi Kesulitan Tidur 

Setelah bosan dengan aktivitas, Anda membutuhkan tidur malam yang baik untuk mengembalikan energi untuk hari esok. Namun, jika kualitas tidur Anda buruk karena gangguan tidur, hal ini tentu akan menghambat aktivitas.  

Anda bisa menggunakan ikan ini untuk mengatasi insomnia. Ikan ini mengandung triptofan, obat penenang alami. Kandungan inilah yang Anda konsumsi untuk mengatasi masalah insomnia. 

Akhir Kata

 Nah, itulah 13 manfaat ikan salmon yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulailah menambahkan ikan salmon ke menu makanan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel