7 Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh - Rasanya tidak hanya lezat, ada juga berbagai manfaat ikan yang mungkin tidak Anda ketahui. Manfaat ini berasal dari berbagai nutrisi yang dikandungnya dan tentunya baik untuk kesehatan tubuh Anda.  

Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh

Gangfish (Chanos chanos) adalah jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Habitat asli bandfish sebenarnya ada di laut, tetapi ikan ini dapat hidup di air tawar dan air payau, sehingga banyak yang dibudidayakan sebagai ikan air tawar.  

Di Indonesia, ikan bandeng sering diolah dengan cara digoreng, dipresto atau dibakar. Selain itu, ikan perban juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Kandungan Nutrisi dari Ikan Bandeng  

Ikan adalah sumber protein yang baik. Dalam 100 gram ikan, sekitar 20 gram protein dan berbagai nutrisi mengandung sebagai berikut: 120-150 kalori 2,8 gram lemak 150 miligram fosfor 27 miligram kalium 65 miligram natrium 20 miligram kalsium 2 miligram zat besi 45 mikrogram (mcg) vitamin A  

Ikan juga mengandung vitamin B serta asam lemak omega-3 (EPA dan DHA). Bahkan, kandungan omega-3 pada ikan dapat bersaing dengan salmon, tuna dan labu. Manfaat Ikan Bandeng untuk Kesehatan Tubuh  

Di balik rasanya yang hangat dan lezat, ikan bandeng memiliki berbagai manfaat yang harus dilewatkan. Beberapa manfaat ikan tersebut adalah: 

1. Mendukung kesehatan dan fungsi otak  

Kandungan lemak omega-3, protein dan antioksidan dalam bandeng memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi otak. Nutrisi ini dikenal untuk meningkatkan memori dan konsentrasi dan mencegah penuaan penuaan demensia atau demensia, terutama pada orang tua.  

Selain itu, asam lemak omega-3 juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi dan anak-anak. 

2. Menjaga kesehatan jantung  

Selain kesehatan otak, asam lemak omega-3 adalah jenis lemak baik yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan juga dikenal dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol, serta mengontrol tekanan darah. 

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata  

Ikan mengandung berbagai nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Nutrisi ini termasuk vitamin A, vitamin B, lutein dan asam lemak omega-3.  

Dengan asupan nutrisi ini yang cukup, fungsi mata Anda tetap optimal. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kondisi mata seperti katarak dan degenerasi makula. 

4. Menjaga kesehatan tulang dan gigi  

Bandengfish tidak hanya mengandung susu dan produk olahan, tetapi juga kalsium dan fosfor, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi dan mengurangi risiko penyakit tulang seperti rakhitis dan osteoporosis.  

Oleh karena itu, ikan perban dapat digunakan sebagai salah satu pilihan makanan untuk mendukung fungsi dan kesehatan tulang Anda. 

5. Mencegah anemia  

Ikan bandeng mengandung vitamin B, asam folat dan zat besi, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Kurangnya nutrisi ini dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah, yang kemudian memicu anemia.  

Oleh karena itu, penyerapan zat besi mungkin cukup dengan makan ikan atau jenis makanan lain yang juga kaya nutrisi ini, seperti daging tanpa lemak dan telur.  

Anda juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi Anda dengan menggunakan suplemen zat besi sesuai dengan rekomendasi dokter Anda. 

6. Memperkuat daya tahan Tubuh

Kandungan vitamin A, zat besi dan protein pada ikan berperan dalam pembentukan sel kekebalan tubuh sehingga dapat memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, tubuh akan mampu melawan kuman penyebab penyakit dan Anda tidak akan mudah sakit. 

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin  

Ikan juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mendukung tumbuh kembang janin serta memenuhi kebutuhan nutrisi ibu selama kehamilan. Jumlah porsi ikan yang direkomendasikan untuk wanita hamil adalah 2-3 porsi per minggu.  

Baca Juga: 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan Tubuh

Ikan adalah sumber protein hewani yang baik untuk tubuh. Manfaat ikan bandeng di atas akan dimaksimalkan jika Anda mengimbangi hal ini dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya seperti buah dan sayur, serta olahraga teratur.  

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang manfaat ikan atau jika Anda memiliki alergi makanan laut, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi ikan jenis ini. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya reaksi alergi akibat konsumsi ikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel