4 Manfaat Sagu untuk Kesehatan Anda yang Wajib diketahui!

Manfaat Sagu untuk Kesehatan Anda - Sagu terkenal sebagai makanan pokok bagi masyarakat Indonesia Timur. Makanan yang merupakan hasil ekstraksi dari batang palem tropis atau sagu Metroxylon tidak hanya merupakan sumber karbohidrat, tetapi juga dikenal baik untuk kesehatan. 

Manfaat Sagu untuk Kesehatan Anda


Manfaat Sagu untuk Kesehatan Anda

Pohon sagu kaya akan pati, karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak molekul glukosa, dan digunakan sebagai sumber energi. Bahkan, pohon sagu dapat mengandung sekitar 100-800 kilogram pati. Oleh karena itu, makanan bertepung memainkan peran penting dalam diet sehat.  

Sagu tidak hanya makanan pokok, tetapi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai penganan lezat. Sagu dikonsumsi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain seperti Malaysia, Filipina dan Papua Nugini. 

Menurut penelitian, sagu adalah sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan cepat diserap oleh tubuh. Selain karbohidrat tinggi, masing-masing mengandung 100 gram sagu 332 kalori dan beberapa nutrisi penting lainnya, seperti: serat protein lemak seng.  

Sagu juga bebas gluten, jadi ada baiknya digunakan sebagai pengganti tepung dan biji-bijian untuk orang dengan penyakit celiac atau mereka yang mengikuti diet bebas gluten, seperti dalam diet Paleo. Selain itu, sagu juga dikenal kaya akan antioksidan, yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. 

4 Manfaat Kesehatan Sagu  


Meskipun sagu mengandung vitamin dan mineral yang lebih rendah dibandingkan dengan biji-bijian utuh, bahan makanan yang satu ini memiliki manfaat potensial bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari sagu: 

1. Melawan radikal bebas  


Jumlah radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu kerusakan sel. Sagu dikenal kaya akan polifenol seperti tanin dan flavonoid, yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. 

2. Memperkuat daya tahan  


Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sagu dan protein kedelai dalam bentuk suplemen dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama aktivitas fisik seperti olahraga.  

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan respon insulin pada pesepeda, yang tidak mudah menguras mereka saat bersepeda dengan intensitas tinggi. 

3. Memberikan energi tambahan bagi tubuh  


Seperti disebutkan sebelumnya, sagu adalah sumber karbohidrat yang mudah dicerna menjadi glukosa dan mudah diserap oleh tubuh. Hal ini dapat memberikan energi ekstra bagi tubuh, terutama bagi Anda yang melakukan aktivitas berat seperti olahraga. 

4. Menurunkan risiko penyakit jantung  


Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi sagu dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan trigliserida, yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Namun, manfaat sagu dalam menurunkan risiko penyakit jantung masih memerlukan penelitian lebih lanjut.  

Sagu tidak hanya digunakan sebagai makanan pokok atau diolah menjadi berbagai hidangan, tetapi juga biasa digunakan dalam produksi monosodium glutamat (MSG), kain, dan etanol, bahkan plastik yang dapat terurai secara alami.  

Beberapa manfaat kesehatan potensial dari sagu menjanjikan, tetapi mereka masih memerlukan uji klinis lebih lanjut. Jika Anda ingin mengkonsumsi sagu sebagai bagian dari diet, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui bagian sagu mana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel