Memahami Bitcoin dan Cara Kerjanya

Memahami Bitcoin dan Cara Kerjanya - Bitcoin merupakan mata uang digital dan populer saat ini. Dengan memahami bitcoin dan cara kerjanya, maka kita akan mengetahui fungsi bitcoin yang sebenarnya.

Ilustrasi Koin Bitcoin

Mari Mengenal Bitcoin

Jadi apa itu bitcoin dan bagaimana cara kerjanya? Bitcoin yaitu salah satu mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi paling besar saat ini. Dibuat oleh Satoshi Nakamoto yang masih belum jelas siapa sebenarnya dia. karena bitcoin adalah mata uang digital yang terdesentralisasi, maka fungsi bank tidak dibutuhkan pada sistem bitcoin. Bahkan mata uang digital ini dapat dikirim ke luar negeri hanya dalam hitungan menit saja, dan tentunya biaya yang diperlukan untuk transfer tersebut sangat rendah. Bahkan jauh lebih rendah dibandingkan bank.

Siapapun yang memiliki bitcoin dan melakukan transaksi di bitcoin semua data sangat terbuka. Namun dalam bentuk anonim. Karena data pemilik bitcoin tersimpan rapi dan sangat rahasia, bahkan tidak ada seorangpun yang bisa mengetahuinya. Bitcoin ini disimpan di dalam sebuah dompet digital, dimana dompet ini berisikan kumpulan huruf dan angka tanpa adanya nama atau identitas pemiliknya. Oleh sebab itu, bitcoin merupakan mata uang kripto yang aman namun transparan.

Pengguna Yang Anonim

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa bitcoin dibuat dengan transparan namun data pengguna tetap di rahasiakan. Jadi semua transaksi yang dilakukan di bitcoin dapat dilihat oleh siapapun, akan tetapi identitas pemilik bitcoin tersebut tetap dirahasiakan atau dikenal dengan anonim.

Banyak sekali pakar yang khawatir jika bitcoin dijadikan tempat yang nyaman bagi pelaku kejahatan, seperti pendanaan terorisme. Karena selain penggunanya yang anonim, transaksi atau transfer dengan menggunakan bitcoin dikenakan biaya yang sangat rendah. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang mulai menggunakan bitcoin untuk berbagai kebutuhan. Termasuk sebagai alat pembayaran. Meskipun masih banyak negara di dunia yang tidak mengizinkan penggunaan bitcoin sebagai pengganti uang untuk membeli sesuatu.

Indonesia dan Bitcoin

Indonesia menjadi salah satu pengguna bitcoin yang cukup besar. Bahkan pengguna bitcoin di Indonesia ini didominasi anak-anak muda yang sudah melek investasi. Sama seperti negara-negara lain, sikap pemerintah Indonesia terhadap bitcoin masih sama. Pemerintah mengizinkan bitcoin dan mata uang kripto lainnya sebagai aset digital. 

Jadi siapapun boleh memiliki bitcoin di Indonesia, namun ada beberapa cryptocurrency yang diharamkan oleh MUI, akan tetapi tidak membuat anak-anak muda Indonesia khususnya para pecinta cryptocurrency untuk berinvestasi di bidang kripto ini. Namun ada juga negara yang sudah menggunakan bitcoin sebagai alat pembayarannya, seperti di El Salvador, dan mungkin akan diikuti oleh negara-negara lainnya di masa depan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel