26 Cara Merawat HP agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak - Terbaru 2022

Cara Merawat HP agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak Terbaru 2022. - Saat ini, smartphone sudah berubah seperti kebutuhan primer. Sering kali dalam menggunakan HP dapat membuatnya rentan terhadap kerusakan, terutama jika penggunaannya terlalu bar bar. Kerusakan pada smartphone bisa seperti pada layar yang retak, baterai yang boros, dan sistem operasi yang melambat sampai sering ngeload saat digunakan. Tentu saja, untuk mencegah hal ini, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat ponsel Android dengan baik.

Cara Merawat HP agar Tetap Awet

Cara Merawat HP agar Tetap Awet

Selain itu, tidak ada jaminan bahwa smartphone mahal akan lebih tahan lama daripada yang harganya lebih murah. Tahan lama atau tidaknya perangkat elektronik tentu sangat tergantung dari pemakainya. Terkadang kita perlu mengetahui berbagai kebiasaan buruk yang menyebabkan smartphone cepat rusak. Tujuannya adalah untuk tidak sering mengganti kartu smartphone dan menginstalla hal hal yang tidak penting karena itu dapat membuat kerusakan pada HP.

26 Cara Merawat HP dengan Baik Agar Tidak Cepat Rusak

Tentu performa smartphone akan dapat menurun dari waktu ke waktu, terutama jika sering digunakan untuk berkomunikasi, bekerja, menelusuri informasi, dan mensosialisasikan file ke media. Agar bisa tetap awet permanen, berikut cara merawat HP Android, iPhone dan merek lain yang telah dirangkum sebagai informasi penting untuk Anda.

1. Bersihkan Debu yang Menempel di Bagian Smartphone

Berikut cara merawat ponsel Android baru untuk membersihkan debu yang menempel di smartphone. Debu yang mengendap di smartphone dapat membuat perangkat jadi panas lebih mudah. Jadi Anda perlu rutin membersihkan smartphone agar performanya tidak melambat.

Gunakan kain microfiber atau kain kacamata untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat membersihkan smartphone. Jangan gunakan sapu tangan, karena serat mungkin tetap ada di smartphone. Tidak hanya membersihkan debu di layar, tetapi juga menempelkannya ke bagian dalam komponen.

2. Gunakan Pengisi Daya Asli / Original

Bagaimana cara menyimpan baterai Android? Salah satunya adalah penggunaan charger asli. Karena penggunaan charger abal-abal atau KW, yang kualitasnya inferior dan tidak serta merta memenuhi spesifikasi baterai, dapat merusak smartphone.

Selain itu, penggunaan power bank saat mengisi baterai tidak disarankan terlalu sering, karena panas dari power bank berpotensi menyebabkan kerusakan. Bukan berarti seharusnya tidak, tetapi hanya mengatur penggunaannya jika Anda berada dalam kondisi yang sangat mendesak.

3. Hindari Menggunakan Smartphone di Are yang Panas

Hindari menggunakan smartphone di ruang terbuka yang sangat panas jika Anda menyukai aktivitas di luar ruangan. Suhu yang disarankan untuk menggunakan smartphone adalah 16 hingga 30 derajat Celcius. Prosedur untuk menjaga HP tetap permanen pada teks di kotak smartphone biasanya merekomendasikan hal ini agar HP tidak langsung terkena sinar matahari oleh api.

Jadi Anda bisa menyimpan/menggunakan smartphone di tempat yang cukup aman. Ruangan tertutup dengan suhu normal mampu menjaga kinerja dan kinerja smartphone dibandingkan dengan seringnya sinar matahari

4. Pilih Casing Smartphone yang Tepat

Ada banyak aksesoris smartphone / kasus di pasar dan kadang-kadang dapat membingungkan kita untuk memilih yang terbaik. Saat memilih aksesori HP, siapa yang akan berpikir untuk mempengaruhi membuat smartphone tahan lama?

Aksesori smartphone asli telah disesuaikan dengan bentuk dan spesifikasi HP, membuatnya lebih nyaman digunakan. Hanya saja menggunakan aksesoris bisa memanaskan HP lebih cepat. Jadi Anda harus pintar memilih aksesoris yang bisa mengeluarkan panas.

Jika aksesori yang digunakan mengalami kesulitan memancarkan panas, Anda dapat melepasnya saat mengisi daya baterai. Tujuannya agar HORSEpower tidak panas. Cara merawat HP Android dengan benar patut dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang suka mengganti aksesori.

5. Isi Daya Sesuai Kebutuhan

Cara merawat tenaga kuda dengan baik dan tepat adalah mengisi sesuai kebutuhan. Jangan mengisi daya hingga 100 persen agar baterai smartphone bisa bertahan lama. Mengapa begitu? Oleh karena itu, baterai smartphone dengan kapasitas lithium-ion (Li-on) dapat menurun ketika mereka menerima tegangan tinggi.

Juga tahu, jika lapisan lithium logam baterai terus menerima arus listrik, baterai akan menjadi tidak stabil. Hal ini dapat menyebabkan baterai smartphone menonjol dan bahkan meledak jika dibiarkan berdiri untuk waktu yang lama.

Disarankan untuk mengisi daya smartphone antara 30-80 persen agar tegangannya tetap rendah sehingga baterai smartphone lebih awet. Apakah Anda ingin mencoba merawat Samsung, Xiaomi, dan lainnya? Jika Anda memegang baterai HP dengan benar, Anda mungkin menemukan bahwa ponsel cerdas Anda tetap terjaga dan memiliki umur panjang.

6. Hapus Cache History

Apakah Anda sering mengalami aplikasi yang tiba-tiba tidak responsif atau sering disebut sebagai crash? Bahkan, Anda tidak selalu harus menutup atau bahkan menghapus aplikasi dengan paksa. Pertama, coba gunakan metode untuk menghapus cache. Pada langkah ini, Anda dapat mencoba memecahkan masalah umum yang terjadi saat menjalankan aplikasi.

Untuk menghapus cache aplikasi, cukup buka pengaturan di HP lalu pilih opsi Aplikasi. Selanjutnya, buka bagian Kelola Aplikasi dan tekan aplikasi yang terasa bermasalah. Anda tidak perlu khawatir tentang mencoba merawat ponsel Android Anda dengan baik agar tetap permanen karena membersihkan cache tidak akan membantu menghapus data dan pengaturan dari aplikasi. Aktivitas ini hanya membuang file sementara yang mungkin menjadi penyebab masalah.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Ponsel Android sering merespon perlahan atau lambat saat membuka aplikasi. Salah satu alasannya adalah ada beberapa aplikasi yang mengkonsumsi CPU dan RAM yang cukup besar. Ini menurunkan kinerja HP lebih cepat. Periksa semua aplikasi yang diinstal lagi, apakah mereka benar-benar digunakan?

Berikut cara merawat HP Android Vivo atau Oppo dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Jadi jangan hanya menginstal aplikasi yang hanya mengisi ruang disk. Perhatikan kapasitas RAM dan ROM serta chipset yang digunakan, apakah mendukung banyak aplikasi aplikasi atau tidak.

8. Hindari Bermain Game Saat Memuat Aplikasi Lainnya

Bermain game saat smartphone sedang mengisi daya adalah salah satu penyebab baterai jatuh dengan cepat dan juga rusak. Baterai lebih mudah mengembang jika beban saat ini terlalu tinggi selama pengisian daya. Jadi, cara merawat Xiaomi dan baterai HP lainnya untuk menghentikan kebiasaan bermain game saat mengisi daya baterai.

Juga, ketahuilah bahwa aplikasi game rata-rata memiliki potensi untuk mengkonsumsi RAM dan CPU di smartphone. Beban HP akan bertambah berat saat Anda bermain game saat mengisi daya. Tak heran jika smartphone cepat rusak, jika kebiasaan buruk ini tidak berhenti.

9. Gunakan Pelindung Layar untuk Membuat Layar Tahan Goresan

Alasan layar HP rusak memang bermacam-macam. Salah satunya adalah karena transparansi kita sendiri. Anda pasti kesal ketika layar HP retak karena sudah jatuh? Salah satu cara untuk merawat ponsel Android, terutama layar, adalah dengan menggunakan pelindung layar atau pelindung layar. Pelindung layar dapat melindungi layar sentuh smartphone dari goresan dan menghemat layar LCD jika smartphone secara tidak sengaja jatuh.

Perhatikan juga bahwa goresan layar smartphone dapat terjadi karena kuku yang tidak sengaja tergores. Biasanya, goresan meninggalkan jejak yang membuat layar smartphone terlihat kotor dan cacat. Jadi lengkapi smartphone dengan pelindung layar agar tetap awet. Ayo, jangan lupa untuk melindungi smartphone kesayangan Anda!

10. Pembaruan untuk Aplikasi dan Sistem Operasi (OS)

Anda dapat memperbarui sistem operasi dan aplikasi Anda untuk membuat ponsel cerdas Anda berjalan lebih cepat. Pembaruan sistem atau aplikasi menawarkan berbagai manfaat, mulai dari memperbaiki masalah keamanan, memperbaiki bug, meningkatkan kinerja, dan mengubah fitur baru.

iPhone dan smartphone Android dapat secara otomatis mengaktifkan pembaruan aplikasi. Smartphone Android dapat melakukan pembaruan sistem dengan membuka fitur Pengaturan dan memeriksa pembaruan.

Seperti halnya iPhone, Anda dapat memilih opsi untuk menginstal pembaruan secara otomatis melalui Pengaturan>General> Pembaruan Perangkat Lunak. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk menginstalnya. Anda bisa mencoba cara merawat HP realme 5i atau smartphone lainnya.

11. Menggunakan Antivirus

Smartphone dapat terkena virus yang berasal dari aplikasi, pesan teks, atau lampiran email. Jadi Anda harus menggunakan antivirus untuk mencegah virus atau malware memasuki ponsel cerdas Anda. Cara merawat HP Android dengan benar adalah rutin membersihkan smartphone dengan antivirus minimal sekali setiap tiga hari sekali.

12. Jaga Tombol atau Keyboard Tetap Aman

Jadi selanjutnya, jaga baik-baik ponsel Android dengan memperhatikan penggunaan keyboard, salah satu komponen yang penting untuk mengetik. Tombol smartphone memiliki fungsi yang berbeda. Jika terus digunakan, maka akan mengakibatkan penurunan fungsi tombol smartphone.

Beberapa HP masih menyertakan tombol seperti menu atau tombol home dan tombol kembali, meskipun smartphone terbaru sudah banyak menggunakan layar sentuh. Anda dapat menggunakan tombol dengan bijak dan tidak menekannya sepanjang waktu ketika tidak diperlukan.

13. Jangan Terlalu Sering Melakukan Multitask

Sebagian besar pengguna HP saat ini menyukai multitasking. Sebenarnya, legal untuk melakukan ini selama smartphone digunakan untuk mendukungnya. Namun membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus bisa membuat ponsel lebih lambat, apalagi jika spesifikasi HP biasa-biasa saja. Berikut cara merawat baterai Android untuk menahan salah satunya dengan menutup aplikasi lain sebelum membuka aplikasi baru. Jangan sampai HP menjadi lesu akibat aktivitas multitasking.

14. Matikan Smartphone Saat Tidak Digunakan

Smartphone juga membutuhkan istirahat seperti perangkat elektronik lainnya. Perangkat keras smartphone dikosongkan ketika sering digunakan, terutama ketika diperkuat. Cara lain untuk menjaga HP tetap awet adalah dengan mematikan smartphone saat tidak digunakan. Ini membantu mendinginkan komponen penting pada smartphone seperti RAM, prosesor dan juga baterai.

15. Simpan Smartphone Dengan Baik

Meski terkesan sepele, banyak orang menyukai Teledor saat menyimpan smartphone. Akibatnya, tenaga kuda bisa jatuh di ketinggian, disiram dengan air atau disiram ke bak mandi. Berbagai kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kehidupan smartphone menjadi lebih pendek, terutama jika sering jatuh.

Smartphone dengan layar sentuh memiliki sensitivitas tinggi dalam penggunaannya. Jadi Anda perlu memastikan bahwa itu disimpan di tempat yang tepat sehingga tidak mudah tergores oleh benda lain seperti koin atau kunci. Anda bisa menyediakan wadah khusus untuk menyimpan smartphone agar lebih rapi dan aman saat dibutuhkan.

16. Data Smartphone Cadangan

Mencadangkan data smartphone sangat penting untuk memastikan bahwa semua data dari kontak, foto, video, dan dokumen disimpan saat Anda mengganti smartphone nanti. Karena banyak data yang dipindahkan, kinerja chipset, RAM dan rom smartphone menjadi lebih mudah. Jadi tenaga kuda lebih cepat dan tentunya lebih tahan lama.

Pengguna iPhone dapat mencadangkan data dengan masuk ke Pengaturan lalu mencari Cadangan iCloud>Cloud dan memastikan tanda centang. Sementara pengguna Android dapat membuka Settings>Google>backup. Cara merawat HP Oppo dengan baik, anda bisa mencoba terutama jika anda memiliki setumpuk data pada smartphone.

17. Hindari Medan Magnet

Mungkin hanya sedikit yang tahu bahwa smartphone Android harus dihindari dari medan magnet. Oleh karena itu, medan magnet, air dan logam lainnya dapat merusak speaker. Speaker menjadi bagian dari smartphone yang sangat penting, baik untuk mendengarkan musik maupun untuk menelepon. Tanpa sadar, kita sering menempatkan smartphone di TV, radio, dan sesuatu yang berbau seperti magnet. Kebiasaan di atas dapat membuat smartphone Anda berumur pendek.

Menghindari ponsel dari beberapa benda di atas juga berfungsi untuk membuat suara yang keluar dari ponsel lebih stabil dan tidak mati. Jangan mendengarkan musik atau video dengan volume speaker penuh, hanya maksimal 90 persen, sehingga speaker HP tidak mudah rusak. Bagi Anda yang suka mendengarkan musik, tentu patut dicoba cara merawat HP agar bisa bertahan lama.

18. Jangan Mengisi Daya HP saat Anda Tidur

Mengisi daya ponsel Anda saat Anda tidur dapat menyebabkan ponsel Anda terlalu panas. Karena pengisian baterai biasanya hanya membutuhkan waktu 2-3 jam. Selama tidur bisa berlangsung sekitar 5-8 jam. Mengisi daya ponsel Anda saat Anda sedang tidur juga bisa terlalu panas untuk tiba-tiba meledak.

19. Hapus Widget yang Tidak Penting

Selain perawatan hardware, penggunaan aplikasi/software atau software juga patut disebutkan agar smartphone Android tetap awet. Di bagian Perangkat Lunak / Aplikasi, Anda perlu memperhatikan widget aplikasi di telepon.

Widget terdistribusi memberi tekanan yang tidak teratur pada kinerja smartphone, karena widget biasanya masih aktif di latar belakang tanpa sepengetahuan pengguna. Sangat disarankan untuk menghapus widget yang tidak penting, terutama di layar beranda. Jadi cara merawat baterai HP yang patut dipertimbangkan adalah dengan mengurangi penggunaan widget.

20. Jangan Mengisi Daya Jika Baterai 0%

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa mengisi baterai sebesar 0% dapat dengan cepat merusak kinerja baterai. Alasan untuk ini adalah bahwa tegangan meningkat, sehingga baterai tertekan. Baterai ponsel dapat bekerja dengan baik dari kapasitas 30-80%. Jadi Anda bisa mengisi daya saat kapasitas baterai di bawah 30%. Juga, jangan mengisi baterai 100%, karena tegangan tinggi menekan kinerja baterai dan mempersingkat masa pakai baterai.

21. Hindari Overheating

Overheating adalah suatu kondisi ketika smartphone terlalu panas, biasanya karena penggunaannya yang berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama. Ternyata overheating memiliki dampak besar pada masa pakai baterai smartphone, karena dapat mempersingkat umur dan dampak smartphone menjadi rendah dengan cepat. Anda dapat berhenti menggunakannya jika ada overheating sampai suhu kembali normal. Jika perlu, matikan smartphone agar proses pendinginan berjalan lebih cepat.

22. Hindari Permainan Berat

Jadi jaga baik HP Android untuk jangka panjang lainnya, install game sesuai spesifikasi HP. Karena game online memiliki ukuran yang relatif besar dan jika spesifikasi smartphone tidak mendukung, itu cenderung menggantung.

Jika terus diberlakukan, bukan tidak mungkin smartphone cepat pecah karena terus dipaksakan. Jadi Anda dapat melihat spesifikasi minimum permainan untuk dimainkan dan kemudian memperhatikan apakah ponsel cerdas Anda memenuhi persyaratan minimum.

23. Pemeliharaan Perangkat Lunak Android

Aplikasi atau software Android juga membutuhkan perhatian pengguna smartphone Android. Karena aplikasi menjadi presentasi utama smartphone saat digunakan. Anda dapat mengurus perangkat lunak untuk mencegah HP menjadi lambat dengan cara berikut:

  • Perhatikan RAM dan spesifikasi
  • Instal aplikasi sesuai kebutuhan dan instal hanya aplikasi tepercaya
  • Jangan mengunduh aplikasi di luar Google Playstore karena mereka memiliki potensi untuk membawa malware dan jelas tidak aman.
  • Instal program antivirus yang mendapat peringkat bagus dan benar-benar berfungsi

24. Jangan Mendekati Perangkat Elektronik Lainnya

Kebiasaan ini sering dibuat, yang secara tidak sadar dapat merusak telepon. Ini seperti meletakkan ponsel Anda di dekat TV. Biasanya, ketika ponsel berada di dekat TV, layar TV berkedip atau menunjukkan strip di layar saat pesan atau panggilan masuk. Untuk menghindari hal ini, jauhkan telepon dari perangkat elektronik lainnya.

25. Jangan Bawa Ponsel Anda ke Kamar Mandi

Tidak semua, tetapi ada beberapa dari kita yang ponselnya selalu melekat pada tangan, bahkan jika mereka pergi ke toilet dan masih memegang ponsel Heheehe di tangan mereka.

Tentu saja kebiasaan ini harus dihindari, karena di kamar mandi banyak air, risiko terkena air sangat tinggi. Ketika ponsel jatuh ke bak mandi, Anda sudah tahu apa yang akan terjadi kecuali ponsel tahan air.

26. Matikan Ponsel Saat Anda Tidur

Kebiasaan ini memberikan waktu untuk ponsel, mengingat ponsel selalu selalu aktif, mungkin mati jika hanya baterai yang kosong hehehe.

Dengan selalu memberikan waktu istirahat untuk tenaga kuda, itu akan tahan lama. Selain itu, mematikan ponsel saat tidur juga akan membuat tidur kita berkualitas lebih tinggi.

Akhir Kata

Bagaimana, apakah Anda sudah tahu cara merawat HP agar tidak cepat rusak? Setiap pengguna smartphone perlu tahu cara membuat perangkat yang digunakannya agar tetap tahan lama. Anda juga dapat menggunakan perlindungan dalam bentuk asuransi smartphone untuk melindungi ponsel Anda dari risiko kerusakan jangka pendek dan jangka panjang, jika HP Anda harganya mahal sekali. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan kalian semua ya, sampai jumpa di ulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel