Ketahui Ragam Camilan Oleh-oleh Khas Indonesia Berikut ini!

Ketahui Ragam Camilan Oleh-oleh Khas Indonesia Berikut ini! - Indonesia kaya akan kuliner, baik itu berupa hidangan berat, maupun camilan. Banyak sekali camilan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Camilan-camilan tersebut sangat kental dengan ciri khas suatu daerah. Jika daerah tersebut penghasil ikan, camilannya pun biasanya olahan ikan seperti kerupuk.

Camilan Oleh-oleh Khas Indonesia

Camilan Oleh-oleh Khas Indonesia

Hampir semua camilan ini dapat dijadikan oleh-oleh karena cenderung kering dan awet. Penasaran apa saja camilannya? Simak di bawah ini.

1. Padang

Makanan khas Padang sudah dikenal luas hingga ke mancanegara. Namun, tahukah Anda apa saja oleh-oleh makanannya? Baik makanan asli dan oleh-oleh khas Padang, keduanya memiliki kemiripan yaitu kaya akan bumbu. Untuk camilan oleh-oleh, Anda bisa menemukan rendang talua kariang, karak kaliang, roti randang, keripik sanjai balado, karupuak jangek, dendeng daun singkong, dakak-dakak, kopi kiniko, bareh randang, galamai, aria pinang, rakik maco, kipang kacang, dan masih banyak lagi.

2. Gorontalo

Gorontalo mempunyai makanan khas dengan rasa yang unik dan hanya bisa ditemukan di sana. Begitupun oleh-oleh makanannya. Jika Anda bawa dari Gorontalo langsung, rasanya pasti otentik. Oleh-oleh asli Gorontalo yang bisa Anda temukan seperti kopi pinogu, kue karawo, duduli, pia saronde, keripik kasubi pahangga, dan lainnya.

3. Makassar

Daerah yang terkenal dengan konronya ini memiliki beberapa oleh-oleh berupa camilan dan minuman enak. Beberapa diantaranya seperti keripik pisang ijo, kerupuk jintan, deppa tori, beppa pute, bolu cukke, bagea, abon raos, baje’, kue gambung, keripik dangke, kacang sembunyi, kopi Toraja, dan sirup DHT untuk membuat es pisang ijo.

4. Bali

Tidak hanya terkenal dengan seni tari dan seni lukis Bali, pulau ini juga terkenal dengan camilan oleh-oleh yang khas juga enak. Pasti semua orang sudah tahu dengan kepopuleran pie susu, pia Legong, brem Bali, kacang disco, kacang koro, arak Bali, garam laut Bali, coklat luwak, bagiak, dodol Buleleng, dan kopi Kintamani yang hanya ada di Bali.

5. Bengkulu

Salah satu kota yang wajib dilewati ketika road trip Sumatra adalah Bengkulu. Provinsi ini memiliki berbagai camilan oleh-oleh yang lain dari biasanya. Misalnya saja kue tat yang berbentuk seperti kue pie dengan bentuk persegi. Selain itu, ada beberapa makanan khas lainnya seperti lempuk durian, emping Bengkulu, manisan terong ungu, sirup jeruk kalamansi, perut gurita, perut punai, lepek binti, dan kopi Bengkulu yang ditanam di dataran tinggi Kepahiang.

6. Palangkaraya

Sedang memikirkan oleh-oleh apa yang cocok setelah liburan di Palangkaraya? Ada cukup banyak oleh-oleh yang bisa Anda bawa. Misalnya seperti keripik kelakai, rabuk patin kandas sarai, tahu bakso ijo, wadai apam, olahan ikan seluang, dan wadi ikan. Semuanya bisa dengan mudah Anda dapatkan di pusat atau toko oleh-oleh terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel