Spesifikasi Oppo F21 Pro

Spesifikasi Oppo F21 Pro - Oppo memperkenalkan seri F21 Pro beberapa hari yang lalu, termasuk model 4G dan 5G. Kedua smartphone hadir dalam warna Cosmic Black, tetapi Anda juga memiliki opsi untuk membeli versi 4G dalam warna Sunset Orange dan varian 5G dalam warna Rainbow Spectrum. Kami mendapat kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan model Sunset Orange Oppo F21 Pro 4G, jadi inilah kesan pertama kami.

Spesifikasi Oppo F21 Pro

Spesifikasi Oppo F21 Pro

Oppo F21 Pro hadir dalam kotak berwarna biru, termasuk casing pelindung, alat ejector SIM, kabel USB-C, adaptor 33W, dan dokumen biasa. Oppo F21 Pro mengemas layar FullHD+ AMOLED 6,4" dengan refresh rate 90Hz, touch sampling rate 180Hz, dan kecerahan puncak 600 nits. Ini dilindungi oleh Gorilla Glass 5 dan memiliki pembaca sidik jari di bawahnya, yang kami temukan cepat dan akurat dalam waktu singkat yang kami habiskan dengan smartphone.

Panel juga memiliki punch hole di sudut kiri atas untuk kamera selfie. Ini menggunakan sensor Sony IMX709 RGBW 32MP yang merupakan salah satu sorotan terbesar dari smartphone dan merupakan sensor yang sama yang kita miliki pada Reno7 Pro 5G yang lebih mahal.

F21 Pro memiliki sertifikasi Widevine L1, yang berarti dapat melakukan streaming video 1080p di aplikasi OTT, termasuk Amazon Prime Video. Smartphone ini juga mendukung codec HDR10 dan HLG, tetapi tidak dapat memutar video HDR di YouTube. Selain itu, implementasi refresh rate layar Oppo pada F21 Pro cukup aneh.

Smartphone ini memiliki dua opsi refresh rate di bawah menu pengaturan > Screen refresh rate - Tinggi dan Standar. Yang pertama menaikkan refresh rate ke 90Hz ketika Anda berinteraksi dengan layar dan beralih kembali ke 60Hz setelah beberapa detik tidak aktif (kecuali di aplikasi YouTube yang tetap pada 90Hz di seluruh). Ini akan membantu menghemat baterai sampai batas tertentu ketika Anda membaca sesuatu atau menonton video.

Namun, mode Standar, yang seharusnya tetap berpegang pada 60Hz di semua skenario, juga meningkatkan refresh rate layar menjadi 90Hz dan bekerja dengan cara yang persis sama dengan mode High. Kami menghubungi Oppo untuk kejelasan lebih lanjut tetapi belum menerima tanggapan. Mudah-mudahan, ini akan diperbaiki dengan pembaruan di masa depan.

Perlu juga disebutkan bahwa tidak ada set game uji standar kami, yang mendukung gameplay refresh rate tinggi, berjalan pada 90 FPS pada Oppo F21 Pro. Itu tidak mengherankan karena Reno7 Pro 5G yang lebih mahal juga tidak memainkannya dengan kecepatan refresh yang tinggi.

Cukup tentang layar. Pindah ke sisi lain dari Oppo F21 Pro, kami memiliki flash perumahan pulau dan tiga kamera - primer 64MP, kedalaman 2MP, dan mikroskop 2MP. Yang terakhir memungkinkan Anda mengambil foto atau video dengan pembesaran 15x atau 30x dan memiliki Orbit Light di sekitarnya untuk menerangi area secara merata.

Tapi itu bukan satu-satunya tujuan orbit light melayani. Ini bersinar untuk panggilan masuk dan pemberitahuan aplikasi dan ketika F21 Pro sedang mengisi daya. Ini juga berkedip ketika Anda meluncurkan game, tetapi kami tidak yakin mengapa ada orang yang menginginkannya. Anda dapat menyesuaikan fungsi Orbit Light dengan menavigasi ke menu Settings > Personalisations > Breathing light F21 Pro.

Panel belakang Oppo F21 Pro pada versi Cosmic Black dibuat dengan teknologi Oppo Glow, sedangkan model Sunset Orange memamerkan desain Fibreless-Leather.

Oppo memberi tahu kami bahwa mereka menggunakan kulit leci-biji-bijian untuk bahan dasar karena tahan air dan tahan aus. Dan desain ini tidak hanya membuat F21 Pro Sunset Orange terlihat premium tetapi juga menawarkan nuansa yang hebat, menambah pengalaman keseluruhan. Tidak lupa menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan casing pelindung untuk menghindari goresan dan noda sidik jari.

Kami menyukai desain keseluruhan dan pembuatan Oppo F21 Pro versi Sunset Orange. Itu ramping dan cukup kokoh. Dan pada 175 gram, itu nyaman untuk penggunaan jangka panjang, tetapi bingkai datar, terbuat dari polikarbonat, tidak untuk semua orang. Tombol daya dan tombol volume menawarkan umpan balik yang layak.

Di bagian dalam, Oppo F21 Pro memiliki Snapdragon 680 SoC dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Tidak ada opsi memori lain yang tersedia di India, tetapi Anda dapat memperluas penyimpanan hingga 1TB melalui kartu microSD dan RAM hampir hingga 5GB, yang, menurut pengalaman kami, hampir tidak membuat perbedaan di dunia nyata.

Smartphone ini menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12.1 di luar kotak dan patch keamanan Android Maret 2022. Oppo telah menjanjikan dua pembaruan versi Android dan hingga empat tahun pembaruan keamanan untuk F21 Pro tetapi tidak mengungkapkan frekuensi yang terakhir.

Perangkat lunak pada Oppo F21 Pro tidak menawarkan sesuatu yang berbeda dari apa yang dimiliki banyak smartphone ColorOS 12.1 lainnya. Namun, perlu dicatat bahwa umpan balik haptic yang kita dapatkan pada smartphone Oppo yang lebih mahal yang menjalankan ColorOS 12, termasuk Reno7 Pro 5G, Find N, dan Find X5 Pro saat melakukan tindakan yang berbeda seperti mengubah tingkat volume tidak ada pada F21 Pro. Itu tidak mengherankan karena seri F berada di tingkat yang lebih rendah, dan Oppo mengatakan kepada kami bahwa fitur ini membutuhkan motor khusus yang tidak dimiliki F21 Pro, jadi itu bukan sesuatu yang dapat ditambahkan dengan pembaruan perangkat lunak di masa depan.

Kinerja Oppo F21 Pro juga bukan apa-apa untuk ditulis di rumah. Ponsel bekerja dengan baik ketika menavigasi UI dan menjelajahi web, tetapi ada kalanya gagap, dan Anda tidak boleh mengharapkan pengalaman bermain game bintang di pengaturan tertinggi pada game seperti COD dan PUBG. Kami berharap bahwa karena F21 Pro ditenagai oleh chip Snapdragon 680, dan kami memiliki pengalaman serupa dengan Realme 9i yang memiliki silikon Qualcomm yang sama di pucuk pimpinan.

Mengisi bahan bakar seluruh paket adalah baterai 4.500 mAh yang menarik daya melalui port USB-C hingga 33W. Oppo mengatakan adaptor 33W yang dibundel dapat mengisi sel dari datar hingga 100% dalam 60 menit, tetapi dalam pengujian kami, dibutuhkan 1 jam dan 20 menit untuk pengisian penuh.

Oppo F21 Pro, yang merupakan Reno7 4G yang diganti namanya, dihargai INR22.999 ($ 300 / € 280) di India. Anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya jika Anda menginginkan smartphone yang tampak bagus dengan panel kulit, tetapi ingat bahwa ada paket serba tersedia dalam kisaran harga ini dari merek lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel