5 Tips Cara Nabung yang Baik dan Benar yang Perlu Anda Ketahui!

Tips Cara Nabung yang Baik dan Benar - Membiasakan diri menabung bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang, apalagi jika memiliki kebiasaan hidup yang boros dan sangat sulit diatasi. Tentu saja, gaya hidup yang sangat konsumtif tidak akan berdampak baik pada kondisi keuangan. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya, kita perlu menghemat pengeluaran untuk mengurangi karakteristik ini dan juga mengendalikan aliran keuangan tetap stabil. 

Tips Cara Nabung yang Baik dan Benar

Tips Cara Nabung yang Baik dan Benar

Bukan tidak mungkin untuk belajar menabung secara konsisten untuk perbaikan keuangan di masa depan masih dapat dilakukan asalkan dengan sungguh-sungguh. Berikut ini sudah kami rangkum cara nabung yang baik dan benar yang bisa Anda simak.!

1. Tetapkan tujuan Anda Menabung

Jangan terburu-buru untuk memikirkan cara menabung dengan cepat. Pertama, Anda perlu menentukan tujuan menabung agar Anda lebih termotivasi dan bersemangat. Jika Anda menabung tanpa tujuan, Anda akan lebih mudah tergoda untuk mengambil isi tabungan tersebut.

Tujuan menabung dapat untuk membeli barang yang diinginkan, membeli rumah untuk masa depan, atau membantu acara resepsi pernikahan. Nah, agar lebih bersemangat untuk menyisihkan uang Anda, tuliskan tujuan tabungan yang Anda miliki di dekat tabungan atau celengan yang ada di rumah. Jadi setiap kali Anda menyisihkan uang untuk ditabung, Anda selalu mengingat tujuan Anda cepat terlaksana dan menjadi lebih bersemangat untuk menabung.

2. Selalu sisihkan jumlah nominal yang sudah ditentukan

Cara yang tepat untuk menghemat uang bukanlah dengan menyimpan sisa uang dari pengeluaran mingguan atau bulanan, tetapi untuk menyisihkan sejumlah uang dari penghasilan Anda. Jika Anda baru mulai terbiasa menabung, tidak apa-apa untuk memulai dengan denominasi yang tidak terlalu besar, tetapi Anda harus yakin bahwa Anda dapat mencapai jumlah itu.

Misalnya dengan menggunakan tips menabung sehari-hari, yaitu menyisihkan uang sebesar Rp 5.000 per hari. Jika Anda secara rutin menyisihkan jumlah ini selama 20 hari, Anda akan mendapatkan penghematan sebesar Rp100.000,-. Berkomitmenlah pada diri sendiri untuk rajin menyisihkan denominasi tertentu dengan jangka waktu tertentu yang dapat Anda tentukan sendiri. Jika Anda memiliki rutinitas yang cukup, Anda dapat menambahkan nominal secara bertahap.

3. Buat skala prioritas dan patuhi anggaran

Bingung bagaimana cara menyisihkan uang untuk ditabung? Tandanya adalah Anda perlu mengukur prioritas keuangan Anda, ya. Skala prioritas adalah penyortiran permintaan sesuai dengan tingkat permintaan yang sebenarnya. Ketika Anda membuat skala prioritas, Anda tidak akan tersumbat saat berbelanja barang jika Anda harus membayar cicilan atau tagihan.

Skala prioritas menghemat pengeluaran anda tidak benar-benar perlu sambil membantu anda keluar dari gaya hidup mengkonsumsi. Agar Anda dapat melakukan cara menabung yang benar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat skala prioritas, yaitu:

  • Tingkat kebutuhan hidup
  • Sisihkan sejumlah uang untuk di tabung
Jangan merancang skala prioritas yang membuat Anda stres, tetapi seimbangkan pendapatan dan pengeluaran Anda. Oleh karena itu, setelah Anda membuat skala prioritas, Anda harus tetap berpegang pada anggaran. Sulit untuk tetap pada anggaran yang dialokasikan, tetapi jika Anda ingin mencari barang-barang yang di luar anggaran, ingatlah bahwa Anda menabung untuk tujuan tertentu.

4. Gunakan celengan yang sulit dibuka

Cara menabung di rumah yang sudah dilakukan sejak lama adalah dengan menggunakan celengan. Bank tabungan sekarang dapat mengambil bentuk apa pun, mulai dari wadah yang kita kenal hingga menggunakan rekening bank yang tidak terdaftar sebagai m-banking. Dengan cara ini, Anda akan malas untuk mengambil uang karena Anda harus pergi ke ATM, tetapi jaman sekarang sudah canggih bisa menggunakan jaringan internet dan digital.

Jika Anda tidak ingin menjadi sulit dalam menabung, Anda dapat menggunakan celengan fisik dalam bentuk apa pun. Cara menabung di celengan yang efektif adalah dengan mencari celengan yang sulit dibuka, baik oleh Anda maupun oleh siapapun. Contohnya adalah penggunaan celengan tanah liat seperti celengan ayam jago, babi dll, karena jika Anda ingin mengambilnya, Anda perlu memecahkannya terlebih dahulu.

5. Hindari kebiasaan buruk yang membuat Anda boros

Jika Anda masih sering mengalami kesulitan menabung dan bertanya-tanya bagaimana cara mengumpulkan uang, Anda mungkin ingin melihat kebiasaan sehari-hari Anda. Bisa jadi Anda memiliki kebiasaan buruk yang boros. Misalnya, Anda secara tidak sadar sering impulsif membeli barang di toko online secara berlebihan, ketika Anda mungkin ingin membeli hanya untuk kebutuhan bulanan tetapi pada akhirnya barang tersebut bukan sebuah kebutuhan. 

Oleh karena itu, hindari kebiasaan buruk ini dan fokuslah pada apa yang Anda butuhkan. Jangan membeli apa pun hanya karena dipengaruhi oleh influencer di media sosial ketika Anda tidak membutuhkannya. Setelah Anda menemukan sifat mengkonsumsi berlebihan ini, berkomitmen untuk tidak meneruskannya.

Akhir Kata

Inilah 5 cara menabung di rumah, yang praktis, cepat dan efektif serta bisa dicoba bagi Anda yang baru ingin mulai menabung atau membiasakan menabung lagi. Dengan menabung, Anda telah menyelamatkan situasi keuangan Anda dari keterpurukan di masa depan. Semoga ulasan ini bermanfaat ya, sampai jumpa lagi diulasan yang lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

.....KLIK 1X (CLOSE).....