YUK MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN!

YUK MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN! - Kesehatan Lingkungan merupakan cakupan semua aspek alam dan lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia. Istilah lain yang sering digunakan dalam kesehatan lingkungan adalah kesehatan lingkungan masyarakat, dan perlindungan kesehatan masyarakat / perlindungan kesehatan lingkungan.

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN

Menjaga Lingkungan yang sehat merupakan salah satu upaya untuk mencegah ada nya wabah penyakit atau gangguan Kesehatan lainnya dari faktor lingkungan yang tidak sehat. lingkungan dalam kondisi bersih dan sehat akan membuat para penghuni di lingkungan sekitar merasa nyaman dan kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. 

Kebersihan lingkungan juga mempunya arti keadaan yang bebas kotoran, seperti debu, atau sampah yang berseakan dan lain-lain. masalah kebersihan lingkungan setiap hari dan setiap tahun trus meningkat. Oleh karena nya kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman,bersih,sejuk dan sehat.

Timbul nya suatu wabah atau penyakit biasa nya terjadi karena lingkungan yang kotor dan tidak sehat, kualitas kesehatan berawal dari kesehatan lingkungannya. Lingkungan dengan kondisi bersih yang bebas dari timbunan sampah akan terhindar dari bencana seperti banjir pada musim hujan. Salah satu penyebab banjir di berbagai wilayah saat ini adalah karena banyaknya sampah yang berserakan sehingga menghambat aliran air. Hal ini merupakan salah satu perilaku buruk seakan sudah menjadi budaya masyarakat lndonesia, khususnya di wilayah perkotaan dan Perdesaan sekalipun.

Maka dari itu kita semua harus mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, bukan kewajiban satu orang tapi kewajiban semua manusia yang hidup. bergerak mewujudkannya tanpa saling mengandalkan baik dilingkungan tempat tinggal,tempat kerja tempat rekreasi, serta tempat dan fasilitas umum lainnya.

Hilangkan Budaya membuang sampah di sungai dan selokan yang menyebabkan lingkungan yang bersih sulit dicapai. Pemerintah tidak dapat hanya sebatas menghimbau mengenai kebersihan lingkungan tetapi harus menjalankan nya juga agar dapat menjadi contoh untuk masyarakatnya. 

Melalui kerjasama yang baik dan saling mendukung, tentu upaya memunculkan kesadaran budaya hidup sehat dan bersih akan tampak ringnan dan mudah diwujudkan dalam waktu singkat. lingkungan yang bersih adalah tanggungjawab semua orang termasuk di dalamnya pemerintah melalui kebijakan dan realisasi tindakan nyatanya.

Dalam keadaan yang sehat kita akan siap menghadapi dan mengimbangi era globalisasi dunia yang sangat pesat. Faktor kesehatan akan sangat berperan penting dalam menghadapi kemajuan zaman sehingga kita dapat mewujudkan apa yang menjadi impian kita dimasa depan.

Ditulis Oleh: Wafa Fauziyyah (Mahasiswa STEI SEBI) 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel