6 Cara Jualan di TikTok Shop Mudah Untuk Pemula!

6 Cara Jualan di TikTok Shop Mudah Untuk Pemula! -  Bicara mengenai cara jualan di TikTok, siapa yang tidak kenal dengan platform berbasis video yang satu ini? TikTok menjadi sebuah tren dan bagian dari keseharian kita. Aplikasi ini banyak digunakan oleh semua kalangan khususnya remaja.

Cara Jualan di TikTok Shop Mudah Untuk Pemula!

6 Cara Jualan di TikTok Shop Mudah Untuk Pemula!

Tak heran, banyak pebisnis ulung yang menyebut TikTok sebagai lahan basah untuk meraup banyak keuntungan. Terlebih, dalam dua tahun terakhir ini, TikTok banyak mengembangkan fitur baru yang berfokus pada bisnis seperti profil bisnis, iklan, dan TikTok Shop. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan bisnis atau berencana memulai berjualan di TikTok, cara jualan di TikTok berikut ini tidak boleh Anda lewatkan! Yuk, kita kupas satu per satu.

Mengapa Harus Berjualan di TikTok?


Dirangkum dari Business of Apps dan Wallroo, berikut ini beberapa alasan kuat mengapa Anda harus berjualan di TikTok atau setidaknya mengapa platform yang satu ini layak untuk dipertimbangkan sebagai ladang bisnis Anda.

  1. Pengguna aktif bulanan TikTok mencapai 1,4 miliar di seluruh dunia per kuartal II 2022.
  1. Aplikasi TikTok telah diunduh lebih dari 3 milyar kali di seluruh dunia.
  2. Pengguna Internet di dunia telah mencapai 8.8 miliar dengan 20.83% pengguna yang ada adalah user TikTok.
  3. Gen Z. 60% pengguna TikTok adalah generasi Z dengan usia rata-rata belasan sampai 20 an awal.
  4. TikTok tersedia di lebih dari 150 negara.
  5. Pengguna TikTok umumnya menghabiskan waktu 1.5 jam setiap harinya untuk melihat video TikTok.
  6. 1 juta tayangan video setiap harinya.
  7. Terdapat fitur analisis video yang memungkinkan penggunanya menganalisis video yang telah diupload. Seperti total penayangan, jangkauan audiens, dan lain sebagainya.
  8. TikTok memiliki fitur AI (Artificial Intelligence) yang memungkinkan video unik dan menarik tampil di laman FYP (For Your Page), sehingga memungkinkan konten yang ada menjadi viral dan dijangkau lebih banyak audiens.
  9. Fitur Duet. Fitur ini memungkinkan terjadinya kolaborasi antar dua akun, menjadikan konten yang dipromosikan nampak lebih menarik.

Mengenal TikTok Shop


Sebelum masuk ke pembahas cara jualan di TikTok, mari kita berkenalan dengan TikTok Shop.

TikTok Shop adalah sebuah fitur yang disediakan oleh TikTok dan memungkinkan para pengguna, kreator, pebisnis, brand untuk menawarkan produknya secara langsung dengan cara menautkan link pada video, LIVE, maupun pada etalase Shop. 

Berdasarkan survei yang dibuat oleh Adweek, sebanyak 49% pengguna TikTok akan membeli produk atau jasa setelah mereka menonton iklan, ulasan, ataupun promosi yang ada. 
Dari adanya temuan ini, tentunya semakin memperkuat alasan untuk bejualan di TikTok. Adapun cara berjualannya sebagai berikut.

5 Cara Jualan di Tiktok Shop Untuk Pemula


Tidak hanya cara berjualan di Instagram dan facebook yang bisa dilakukan oleh pemula. TikTok juga merupakan platform beginner friendly yang memungkinkan para pebisnis baru untuk menjalankan bisnisnya dengan mudah. Nah, kira-kira cara jualan di TikTok apa saja yang sebaiknya Anda terapkan? Yuk, ikuti langkah berikut ini.

1. Ubah Ke Akun Bisnis


Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk bisa berjualan di TikTok Shop yakni dengan membuat akun bisnis. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu mengunjungi laman TikTok Shop Seller. Jika Anda sudah memiliki akun TikTok, selanjutnya pilih ‘Sign Up with TikTok Account’. Sebaliknya, jika Anda belum mempunyai akun TikTok, Anda bisa langsung mendaftarkan diri di halaman yang sama dengan mengisi data diri seperti Nomor HP, Email, dan Password. Lalu klik ‘submit’ dan ikuti langkah berikutnya.

2. Lengkapi Data dan Verifikasi Akun Jualan Anda


Setelah Anda berhasil mendaftar ke TikTok Shop, cara jualan di TikTok selanjutnya yaitu melengkapi informasi atau data diri akun Anda. Mulai dari alamat, contact person, nomor HP, rekening bank, dan lainnya.

Jika sudah, berikutnya lakukan verifikasi akun dengan cara melengkapi data diri pada bagian ‘Verify Documents’ yang ada di homepage. Pilih tipe akun yang ingin Anda buat, apakah individu atau korporasi. Lalu, unggah foto KTP dengan ukuran tidak melebihi 10 MB. Pastikan informasi yang Anda unggah sudah benar karena informasi yang yang sudah terkirim tidak dapat diperbaharui lagi.

3. Tambahkan Produk Jualan Anda ke Tiktok Shop


Setelah akun Anda berhasil terverifikasi, kini Anda bisa mulai menambahkan produk ke akun TikTok Shop milik Anda. Caranya adalah sebagai berikut ini:

  • Masuk ke TikTok Seller Shop Center.
  • Pastikan produk yang ingin Anda upload tidak termasuk ke dalam produk terlarang atau yang melanggar kebijakan TikTok.
  • Scroll ke bawah lalu klik ‘Add First Product’ dan pilih ‘Upload Now’.
  • Masukan nama produk dan detail lainnya seperti dimensi produk, berat, warna, dan lain sebagainya.
  • Pilih kategori produk.
  • Tambahkan brand produk jika ada.
  • Unggah foto produk minimal 3 gambar dan maksimal 9 gambar. Pastikan foto yang digunakan beresolusi tinggi dengan dimensi 1:1 dan menunjukan detail produk secara jelas.
  • Unggah video produk jika ada.
  • Tambahkan pilihan variasi seperti ukuran dan lain sebagainya.
  • Periksa kembali lalu tekan ‘Publish’.
  • Tips Menambahkan Produk Jualan di TikTok Shop:
  • Gunakan foto berukuran 1:1.
  • Gunakan deskripsi yang menarik. Deskripsi yang menarik berupa kalimat aktif yang dilengkapi dengan emoji untuk menampilkan kesan visual pada text yang ada.
  • Upload dokumen ownership untuk menerangkan produk tersebut adalah milik Anda atau menyatakan keasliannya.
  • Agar lebih menarik, tambahkan video produk.

4. Buat Konten Menarik Untuk Menjangkau Banyak Audiens


Hal keempat yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai salah satu cara jualan di TikTok berikutnya yaitu membuat konten yang menarik, konten yang mampu menjangkau banyak audiens, dan jika memungkinkan konten tersebut bisa masuk ke dalam FYP (For Your Page).

Tips Membuat Konten TikTok yang Menarik:


Tentukan niche atau tema konten. Ini bertujuan untuk mempermudah Anda dalam menentukan dan memproduksi jenis konten yang mampu menarik audiens, terutama audiens yang memiliki ketertarikan terhadap topik tersebut.

Gunakan musik yang sedang viral atau musik enerjik. Musik dapat menarik perhatian audiens dan memancing rasa penasaran mereka. Yang terpenting, pastikan musik tersebut sesuai dengan tema konten yang Anda buat.

Gunakan efek dan transisi yang menyenangkan. TikTok memiliki beragam efek dan transisi yang bisa Anda gunakan untuk melatih kreatifitas Anda serta mempercantik hasil video yang ada.

Sematkan hashtag yang populer atau banyak dicari. Penggunaan hashtag yang ada mampu meningkatkan visibilitas konten dan menjangkau lebih banyak orang.

Buat konten original dan kreatif agar akun Anda bisa lebih menonjol dari akun bisnis lainnya yang serupa.

Buat konten yang menghibur. TikTok adalah aplikasi penayangan video berdurasi pendek yang sering dipilih sebagai media hiburan. Oleh karenanya, untuk meningkatkan visibilitas akun dan menaikan brand awareness, ada baiknya Anda memproduksi konten yang menghibur dan menyenangkan bagi siapa saja yang menontonnya.

5. Berikan Promo Menarik


Cara jualan di TikTok yang kelima yakni berkaitan dengan promosi atau pemasaran. Ada berbagai strategi pemasaran bisa Anda lakukan untuk mendongkrak penjualan di TikTok. Salah satu diantaranya yakni dengan memberikan promo menarik seperti diskon produk, B1G1 (buy one get one), dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan strategi promosi lainnya seperti ide promosi berikut ini.

Ide Promosi di TikTok:


  • Giveaway 
  • Berkolaborasi dengan influencer atau akun TikTok yang memiliki banyak followers (endorse)
  • Membuat konten informatif tentang informasi atau tren terkini
  • Menggunakan hashtag populer
  • Adakan LIVE
  • Buat konten atau challenge berhadiah
  • Berkolaborasi dengan influencer atau akun TikTok yang memiliki banyak followers (endorse)
  • Membuat konten informatif tentang informasi atau tren terkini
  • Menggunakan hashtag populer
  • Adakan LIVE
  • Buat konten atau challenge berhadiah

Kelebihan TikTok Shop


Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh TikTok Shop untuk para pebisnis ataupun konten kreator?

1. Meningkatkan Penjualan


TikTok adalah platform berbasis video yang menonjolkan tampilan visual. Platform ini adalah tempat yang cocok untuk memasarkan produk Anda.

Saat audiens tertarik dengan video atau sesi LIVE Anda, mereka bisa dengan mudah membeli produk Anda tanpa perlu keluar dari aplikasi.

2. Mudah Untuk Diset-up


Mendaftar akun TikTok Shop sangatlah mudah, tidak membutuhkan keahlian khusus seperti coding ataupun lainnya. Hanya membutuhkan beberapa saat saja sampai akun Anda benar-benar siap untuk digunakan. Lalu selanjutnya Anda bisa mengikuti cara jualan di TikTok.

3. Potongan Penjualan Rendah


Setiap platform penjualan umumnya mengenakan tarif potongan. TikTok merupakan salah satu platform yang menerapkan potongan rendah.

Untuk 90 hari pertama, potongan penjualan di TikTok sebesar 1,8% dan setelah melewati 90 hari, potongan yang ada akan meningkat menjadi 5%. Potongan penjualan ini masih terbilang rendah jika kita bandingkan dengan Amazon yang biaya potongannya antara 8-15%.

4. Memudahkan Para Influencers dan Affiliate Mempromosikan Produk Anda


Adanya TikTok memudahkan Anda untuk bekerjasama dengan para influencer. Anda cukup mencari influencer yang tepat, mengirimkan produk, lalu meminta mereka untuk memposting video yang terhubung ke produk Anda.

Hal ini juga berlaku pada affiliate dimana mereka akan berlomba-lomba untuk membuat konten yang menarik dan menyematkan link produk di dalam videonya. Cara ini tentunya dapat membantu meningkatkan penjualan produk Anda!

Sobatsiana, itulah sederet cara jualan di TikTok. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk membuka bisnis pribadi ataupun mengembangkan usaha yang sudah ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel