20 Kuliner Khas Madura Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi

Menu Kuliner Khas Madura Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi - Menurut sahabat, Menu kuliner apa yang sangat identik dengan menu kulinernya orang Madura? apakah soto dan sate-nya? Jika kedua menu itu menjadi jawaban sahabat, maka sahabat akan mendapatkan nilai 100. Ya, dua kuliner tersebut memang identik dan memiliki kesan mendalam mengenai suku Madura. Bahkan bukan hanya karena dari cita rasa soto khas Madura dan sate Maduranya yang memang begitu enak dan menggoda, tetapi juga karena adanya kemudahan untuk mendapatkan dua jenis sajian menu ini. Malahan, jika sahabat memperhatikan lebih seksama, hampir setiap kota yang ada di Indonesia terdapat penjual asli orang Madura yang menyajikan dua menu kuliner uenak tersebut.

Kuliner Khas Madura

kuliner khas madura

Ternyata eh ternyata pada faktanya, Menu di madura ini memiliki kekayaan beragam kuliner yang sangat luar biasa. Bahkan ada berbagai menu kuliner dengan cita rasa yang sangat menggoyang lidah ini bisa sahabat dapatkan bila kalian menyempatkan diri untuk menjelajah ke Pulau Garam ini. Adapaun dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari pusat ibu kota Jawa Timur, Surabaya. Disini ada sejumlah kota yang ada di Pulau Madura bisa sahabat kunjungi untuk sekadar menikmati nikmatnya sajian khas dan nikmat kuliner yang istimewa khas Madura.

Daftar Menu Kuliner Khas Madura

Bila kamu tertarik mendapatkan pengalaman cita rasa baru kuliner khas Madura selain sate dan sotonya, daftar sajian di bawah ini bisa menjadi pegangan yang tepat untuk menjelajah Madura. Dijamin kamu tidak akan kecewa, deh!

1. Nasi Serpang

Mungkin sebagian masyarakat daerah lain agak asing mendengar kuliner khas madura ini. Nasi serpang adalah masakan khas madura yang menggabungkan makanan khas madura dijadikan satu sajian. Sajian ini menyajikan makanan yang lauknya menutupi nasi putih, dan juga tidak ada sayuran yang ada didalam nasi serpang tersebut. Jadi, apabila anda sedang berkunjung ke madura, tidak salahnya mencoba makanan yang satu ini. Hal ini dikarenakan didaerah lain hampir jarang yang menyediakan makanan nasi serpang ini.

2. Kaldu Kokot

Makanan ini sangat khas di pulau madura. Bila anda biasanya memakan sop yang berkuah segar, hal ini tentunya berbalik dengan kaldu kokot khas madura yang malah berkuah sangat kental. Kuah kaldu kokot ini terbuat dari kacang hijau yang dicampurkan dengan bumbu rempah yang ditambahkan dengan kikil sapi. Mungkin terdengar aneh apabila kacang hijau di buat kuah sop, tetapi perpaduan dengan bumbu rempah dan potongan kikil membuat cita rasa yang sangat menggugah selera.

3. Rujak Selingkuh

Masakan kuliner khas madura ini tentunya membuat bingung orang-orang yang belum pernah mendengarkannya. Namanya adalah rujak selingkuh, seperti orang saja, makanan juga bisa selingkuh. Rujak ini sebenarnya seperti rujak yang lainnya. Tetapi rujak selingkuh tetap ada beda dengan rujak yang lainnya yang membuat cita rasanya lebih gurih. Yang membedakan rujak selingkuh ini adalah pada campuran kuah soto babat yang ditambahkan ke sajian rujaknya dan juga ada tambahan singkong yang dikukus.

4. Topak Ladeh, kuliner khas lebaran

Jika sudah terbiasa dengan opor ayam saat lebaran, tidak ada salahnya mencoba alternatif lain, seperti kuliner khas Madura, Topak Ladeh. ‘Penampakannya’ memang mirip, namun Topak Ladeh dibumbui dengan pedas dan kuahnya berwarna merah pekat. Isian di dalamnya juga bukan ayam, melainkan daging sapi dan lontong. Sensasi rasanya cukup kuat, tapi tetap lezat. Kuliner ini bisa kamu dapatkan hampir di setiap rumah warga Madura saat lebaran. Kuliner ini juga paling asyik dimakan dengan kerupuk. Hm, yummy!

5. Kaldu Kokot yang bikin melotot

Bukan melotot karena marah, tapi karena kenikmatan yang tiada tara. Bayangkan, kamu akan menikmati menu khas Madura dengan kacang hijau yang dimasak dengan kaldu daging dan sumsum atau kikil sapi beserta tulangnya. Dari aromanya, kamu bisa menikmati betapa gurihnya masakan ini. Belum tampilan tulang sapi beserta sumsumnya yang memikat hati. Dengan kuah kaldu berlemak, kental dan berasa nikmat, ditambah daging dengan tekstur lembut yang sedap, kamu tidak akan bisa melupakan masakan ini. Ingin mencobanya, kamu bisa menuju ke Depot Kaldu Al Ghazali di Jalan Diponegoro, Sampang, yang seporsinya dihargai mulai dari 40,000 IDR.

6. Bebek Songkem, olahan khas Sampang

Sekilas, kuliner ini seperti bebek yang dipepes. Terlepas dari itu, kamu akan menikmati sajian yang istimewa jika punya kesempatan merasakannya. Bebek berkualitas baik akan dibumbui dengan berbagai rempah, plus lombok tentunya, dan dikukus dengan dibungkus daun pisang. Bebek rendah kolesterol ini akan menawarkan aroma yang begitu sedap serta rasa yang nikmat. Menyesap dagingnya yang lembut, kamu juga bisa mendapati sensasi rasa gurih. Maknyus banget! Bebek songkem Pak Salim di Sampang bisa menjadi jujukan wisata kuliner kamu dan jangan lupa menyiapkan mulai dari 22,000 IDR per porsi.

7. Bebek Sinjay yang populer

Bisa dikatakan kuliner khas Madura ini menjadi salah satu sajian populer setelah soto dan sate Madura. Bagaimana tidak, banyak wisatawan yang sengaja datang dan menyeberang ke Madura, melewati jembatan Suramadu, untuk menikmati kuliner bebek yang nikmat, terutama di restoran Rumah Makan Sinjay, Bangkalan. Daya tarik kuliner ini ada pada tekstur bebek yang lembut, dimasak dengan baik dan cocolan sambal yang istimewa. Bebek digoreng kering, tapi tetap juicy di dalamnya, dengan kremesan dan sambal mangga muda yang pedas asam serta lalapan membuat setiap penikmatnya bakal terpesona. Harganya juga terjangkau, lho, mulai dari 25,000 IDR.

8. Nasi Serpang, nasi campur khas Bangkalan

Yang sudah biasa menikmati nasi campur, tidak ada salahnya mencoba sajian ini kala berkunjung ke Bangkalan. Kamu bakal mendapatkan satu porsi nasi campur dengan suwiran daging ayam dan sapi, ditambah suwiran telur dengan sayur oseng buncis, sambal goreng kentang dan krecek, tempe goreng, oseng tahu dan bihun. Dari satu porsi sajian ini, dijamin kamu akan mendapatkan sensasi makan yang mengenyangkan. Banyak penjual nasi serpang berjualan di pinggir jalan kota Bangkalan dengan harga mulai dari 18,000 IDR per porsi. Sajian ini juga paling pas dinikmati saat sarapan, lho!

9. Nasi Jagung yang mengenyangkan

Ingin kuliner khas Madura yang dijamin mengenyangkan, nasi jagung atau nasi ampog adalah jawabnya. Campuran beras dan jagung yang dimasak dengan pulen, disajikan dengan berbagai lauk pauk dan sayuran, mulai dari urapan atau gudangan, pepes ikan atau ayam, juga tambahan lain seperti peyek ikan teri dan lalapan akan memberikan pengalaman rasa yang baru bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Madura. Bicara soal rasa, kamu akan menemukan sensasi enak, pedas, gurih dan pastinya mengenyangkan. Kamu bisa mendapatkan kuliner ini di pasar-pasar tradisional di seantero Madura dengan harga mulai dari 5,000 IDR.

10. Nasi Setan Madura, pas untuk pecinta pedas

Dari namanya, kamu sudah bisa membayangkan seperti apa rasanya. Tapi, membayangkan saja tidak cukup. Kamu harus siap menikmati sajian dengan menu yang komplet, mulai dari nasi putih hangat dengan topping lauk yang menggoda, seperti empal daging, oseng tempe, perkedel jagung, telur goreng suwir, ikan tongkol pindang, oseng kentang dan sambal khas Madura yang ‘membara’. Dijamin huh hah, deh! yang tertarik menikmati nasi setan ini, kamu bisa ke pusat kota Bangkalan di waktu malam dan hanya mengeluarkan 12,000 IDR untuk satu porsinya.

11. Campor, sajian anti-mainstream

Apa jadinya kuah kaldu dicampur dengan bumbu kacang? Kesannya tidak cocok banget, kan? Tapi perpaduan inilah yang menjadikan Campor menjadi kuliner khas Madura yang fenomenal, bahkan tidak akan bisa ditemui di wilayah lain di Indonesia. Dalam satu porsi Campor, kamu bakal mendapatkan potongan singkong rebus dipotong kecil, plus lontong dan tulang muda sapi dan sumsumnya, ditambah bihun yang diguyur kuah santan dan bumbu kacang yang panas. Dengan tambahan daun bawang di atasnya, kamu akan menikmati hidangan yang tiada duanya. Warung Ma’ Rawi di Jalan raya Lenteng-Sumenep bisa menjadi jujukan kamu untuk menikmati kuliner ini dengan per porsinya dihargai mulai dari 7,000 IDR.

12. Rujak Cingur Madura yang berbeda

Rujak cingur identik dengan Surabaya, karena itulah rujak cingur Madura berusaha untuk sedikit berbeda, dan ini terbukti berhasil. Bahan isian rujak cingur Madura kurang lebih sama dengan yang dari Surabaya, seperti cingur sapi, lontong, timun, mangga, kedondong, bengkoang, kangkung rebus, tahu, tempe, taoge dan kerupuk. Yang membedakan adalah bumbunya, atau lebih spesifik, pada petisnya. Rujak cingur Madura menggunakan petis yang dibuat dari ikan pindang, yang menjadikan rasanya jauh lebih gurih, dan sedikit lebih mahal. Salad khas Madura ini dijamin akan membuat kamu terpesona, bukan hanya karena rasanya, tapi juga karena harganya yang terjangkau.

13. Sate Laler Pamekasan

Laler berarti lalat dalam bahasa Madura. Tapi bukan berarti kamu akan menikmati sate lalat. Sate khas Pamekasan ini menyajikan sate dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Ukuran dagingnya kurang lebih sebesar lalat, yang akhirnya menjadi nama dari kuliner ini. Bicara soal rasa, kualitasnya sama dengan sate khas Madura lainnya, joss gandhos! Sate lalat Pak Ento bisa kamu kunjungi jika tertarik mencoba kuliner ini dengan harga mulai dari 9,000 IDR.

14. Soto Mata Sapi yang ‘mengerikan’ dan mengundang

Pernah menikmati makanan dengan sensasi disaksikan langsung oleh apa yang kamu makan? Jika ingin mendapatkan sensasi tersebut, tidak ada salahnya menikmati Soto Mata Sapi di Bangkalan. Soto ini bukan soto dengan telur mata sapi, melainkan soto dengan bahan mata sapi beneran. Mata sapi yang masih terbalut tulang disajikan dengan bumbu khas soto Madura yang wow. Paling pas menikmati kuliner khas Madura ini saat udara dingin dan sajian masih panas. Tidak usah mempertanyakan perihal rasa khas soto Madura karena semua orang sudah mengakuinya, termasuk untuk sajian yang ini! Harganya juga terjangkau. Di wilayah Pancar, Bangkalan, kuliner ini dihargai 12,000 IDR per porsinya.

15. Nasi Petis yang kaya lauk

Nasi petis bukan berarti nasi kamu akan diberi petis. Nasi campur khas Bangkalan ini bahkan menjadi hidangan ngehits yang wajib kamu coba karena porsi jumbo dan lauk yang melimpah.. Dalam satu porsi nasi petis, biasanya kamu akan mendapatkan separuh telur rebus, dendeng dan jeroan sapi, limpa plus hati sapi dalam ukuran yang besar. Sementara petisnya tersaji dalam kuah santan kental yang disiramkan di atas nasi. Menikmati sajian ini, kamu bisa menemukan rasa gurih dan sedap, juga pastinya mengenyangkan. Tempat terbaik menikmatinya adalah di Warung Gang Amboina, yang seporsinya dihargai 19,000 IDR.

16. Tajin Sobih yang menggoyang lidah

Sekilas sajian ini mirip dengan bubur sumsum. Namun, jika diperhatikan secara seksama, dan dinikmati, ada perbedaan mendasar yang bisa ditemukan. Kuliner dari campuran tepung ketan dan tepung terigu, yang diguyur gula merah cair dan disajikan di atas pincuk pisang menawarkan sensasi rasa manis dan legit. Tidak sulit menemukan penjual bubur ini, mulai dari pasar umum hingga yang dipikul. Momen paling pas menikmati kuliner khas Madura yang manis ini adalah seusai menghabiskan satu porsi rujak cingur Madura yang gurih dan pedas. Di pasar-pasar tradisional di Madura, Tajin Sobih dihargai 4,000 hingga 5,000 IDR per porsinya.

17. Apem Manis, dessert khas Madura

Yups, pulau Madura juga memiliki sajian pencuci mulut yang ringan dan manis, yaitu Apem Manis. Secara penampakan terlihat seperti serabi, tapi kue yang terbuat dari campuran tepung beras dan garam itu memiliki keistimewaan rasa tersendiri. Dalam satu porsinya, apem manis disajikan dengan kuah gula merah yang manis dan hangat. Sajian ini paling nikmat disantap sebagai teman minum kopi, atau seusai makan makanan dengan rempah yang pekat.

18. Es Kobbu yang menyegarkan

Yang gerah dengan panasnya pulau Madura, menikmati Es Kobbu bisa menjadi alternatif yang menyegarkan. Campuran gula aren, yang direbus bersama rempah cengkeh, jahe dan pala serta air pandan, yang disajikan dengan dicampur kelapa muda atau cincau dan es batu memberikan sensasi menyegarkan, sekaligus menyehatkan. Harganya 10,000 IDR per gelasnya, yang dijual di banyak tempat di berbagai kota di Madura.

19. Rujak Cingur

Makanan khas madura ini sudah dikenal banyak orang. Hal ini disebabkan karena makanan rujak cingur tidak hanya dijual didalam daerah madura tetapi juga dijual diluar daerah madura. Cingur diambil dari bahasa daerah madura yang mempunyai arti hidung sapi. Jika anda belum pernah mencoba rujak cingur, anda harus mencobanya, apalagi anda sedang berkunjung ke daerah madura.

Baca Juga: 30 Menu Kuliner Khas Sunda yang Lezat Banget

20. Bebek Songkem

Makanan khas Madura Sampang ini tidak kalah terkenalnya dengan olahan bebek sinjai. Rasanya pun sangat berbeda dengan masakan bebek sinjai. Bebek songkem khas madura terbuat dari bebek yang diberi bumbu rempah halus khas madura yang dikukus dengan dibungkus daun pisang selama kurang lebih tiga jam. Sehingga bumbu rempahnya meresap hingga ketulang-tulang.

Akhir Kata

Nah, itulah 20 Kuliner Khas Madura Jawa Timur yang Wajib Kamu Cicipi yang bisa kami sajikan. Buat kalian yang rumahnya dekat atau berada di Suarabaya maka jangan sampai tidak berkunjung ke Madura ya! Karena kulinernya enak dan endul surendul takendul-kendul.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel