Pakaian Adat Jambi Dengan Keunikan, Gambar Dan Penjelasannya

Pakaian Adat Jambi Dengan Keunikan, Gambar Dan Penjelasannya – Indonesia adalah sebuah Negara yang memiliki beragam suku bangsa. Dengan berbagai suku bangsa ini, tentunya Indonesia pula kaya akan keberagaman kebudayaan yang unik & menarik. 

Pakaian Adat Jambi

Pakaian Adat Jambi

Mulai berdasarkan tariannya, istiadat, norma, musik, dan pakaian adat tradisional serta bahasa. Seluruh suku di Indonesia memiliki ciri khas budayanya masing-masing. Terutama wilayah Jambi. Untuk paparan lengkapnya adalah sebagai berikut!

Nama Pakaian Adat Jambi

Untuk pakaian adat Jambi, terdapat beberapa jenis keunikannya. Jambi memiliki dua jenis fungsi pakaian adat yakni pakaian yang dikenakan dalam sehari-hari & baju resmi yang biasa dikenakan pada acara-acara spesifik. Untuk pakaian adat sehari-hari, biasanya wargaJambi akan mengenakan pakaian yg sederhana dan tidak mencolok dibandingkan dengan pakaian adat yang diperuntukan acara resminya. 

Untuk laki-laki , umumnya akan mengenakan celana berwarna hitam yang memiliki model melebar pada bagian betis dan dilengkapi menggunakan kopiah. Sedangkan teruntuk perempuan, umumnya mempunyai ciri khas yakni pakaian tanpa bagian lengan.

Baju Adat Jambi Anak

Untuk baju tata cara Jambi anak sebenarnya tak kalah jauh berbeda dengan untuk pakaian dewasa. Yang membedakannya hanyalah beberapa sentuhan & warna-rona yang umumnya diubah dan disesuaikan dengan usia anak-anak yang senang dengan rona cerah & warna -Warni. 

Pada pakaian adat Jambi untuk kegiatan sehari-hari memang tidak terlalu terlihat perbedaan yang mencolok, keduanya memang hampir sama. Perbedaan yang lebih mencolok umumnya terlihat dalam pakaian adat untuk program resmi yang memiliki sentuhan rona dan aksesoris yang beraneka ragam.

Keunikan Pakaian Adat Jambi

Setelah sedikit mengenal baju tradisional untuk sehari-hari, sekarang saatnya Anda mengetahui keunikan baju istiadat Jambi resmi yang sangat kental menggunakan sentuhan budaya Melayu. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan nama sandang tata cara Jambi & keunikannya yg biasa dikenakan pada program-acara adat istiadat atau program resmi di wilayah Jambi.

Aksesoris

Biasa digunakan aksesoris sangat lengkap, mulai sebuah Cincin, Gelang Kaki, Kalung, Anting, Gelang Emas dan selendang warna merah jambu yg tipis.

Sarung Songket.

Pada pakaian Wanita terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi yaitu benang sutra.Pada Pakaian Wanita.Terdapat Aksesoris tambahan yaitu penutup ketua atau pesangkon yang terbuat berdasarkan duri pandan.

Panjang Lengan baju Adat Jambi

Untuk Pria umumnya 3/4 saja. Pria mengenakan Aksesoris kepala.Bentuknya tegak yg menjulang tinggi, buat bahannya kain beludru sebagai penompangnya menggunakan tabahan kertas karton supaya tegak.Bahan Kain Beludru.Digunakan untuk pembuatan pakaian.

Nama baju pakaian Adat Jambi wanita umumnya terkenal dengan baju kurung, baju jenis ini terbuat dari sebuah kain beludru. Lalu, umumnya akan dilengkapi menggunakan selendang, ikat pinggang, teratai dada atau tutup dada, dan pula pending. 

Pada bagian bawah, seorang wanita Jambi biasanya akan mengenakan selendang dan sarung songket merah yang ditenun menurut benang sutra. Dan tidak lupa sandal selop sebagai alas kaki. Untuk perempuan Jambi biasanya memakai penutup ketua atau mahkota sebagai perhiasan kepala. Mahkota ini dianggap pesangkon yang mempunyai rona kuning dan berbentuk misalnya duri pandan. 

Baca Juga: Pakaian Adat Kalimantan Selatan

Sebagai penggenap Pakaian Adat Jambi yang terbaru, pakaian wanita Jambi juga akan dilengkapi dengan beberapa perhiasan tambahan yang sangat khas. Adapun beberapa aksesoris yang disematkan pada pakaiannya misalnya, gelang, anting, cincin, & jua kalung. Untuk gelang terdiri terdapat gelang tangan & juga gelang kaki. 

Untuk gelang tangan mempunyai 4 jenis, misalnya gelang buku beban, gelang kano, gelang kilat bahu, dan gelang ceper. Sedangkan pada gelang kaki, menggunakan gelang Nago Betapo dan gelang ular melingkar. Untuk bagian anting & cincin, masing-masing terdiri menurut dua macam. Lalu, akan ada 3 jenis kalung yang dikenakan, yakni kalung rantai Sembilan, kalung jayo, dan jua kalung tapak. 

Saat ini, jenis sandang yang satu ini biasanya dikenakan dalam saat upacara sakral misalnya pernikahan. Yang menjadi ciri spesialpada pakaian ini merupakan rona dan sentuhan kain songket yang menjadi spesialtersendiri. 

Warna yg masih ada pada baju perempuanadalah merah, rona merah lebih mayoritas pada pakaiannya, sedangkan rona emas berasal berdasarkan aksesoris & pelengkap. Tak sporadis, buat pengantin perempuandiberikan rangkaian bunga berwarna putih menggunakan bunga mawar merah yang disematkan dalam bagian belakang pendengaran sebelah kanannya.

Pakaian Adat Jambi Pria

Setelah mengetahui baju untuk perempuan, belum lengkap apabila Anda masih belum mengenal sandang pria Jambi. Sebenarnya, sandang yang digunakan nir jauh tidak sama menggunakan pakaian wanita. Pada sandang laki-lakibiasanya pula menggunakan baju kurung tanggung dengan lengan yang berukuran sedang. Baju kurung buat pria mempunyai panjang lengan yang hanya sampai siku saja. Oleh karenanya, baju kurung pria jua disebut menjadi baju kurung tanggung. 

Di balik contoh baju ini ternyata memiliki makna tersendiri. Dengan sandang lengan tanggung, dibutuhkan bahwa pria Jambi akan lebih cekatan & lebih tangkas waktu bekerja. Sama halnya dengan baju kurung perempuanJambi, baju kurung tanggung ini pula terbuat menurut bahan beludru dengan tambahan dari benang emas yang membentuk motif kembang bertabur, melayu, pucuk rebung dan jua kembang berangkai. Ternyata penggunaan benang emas ini bukan tanpa alasan belaka. Warna emas dilambangkan menjadi kesuburan dan juga kekayaan. 

Baca Juga: Gerak dan Busana Tari Gopala

Baju istiadat Jambi pria jua dilengkapi dengan perhiasan menggunakan sentuhan yang senada dengan yang dimiliki oleh baju perempuan. apabila perempuanJambi mengenakan sebuah pesangkon, maka pria Jambi akan mengenakan lacak sebagai penutup kepalanya. Lacak ini terbuat menurut kain beludru merah yang senada dengan baju kurung yang dipakai. Bentuknya wajibtegak sebagai akibatnya harus dipasangkan kertas karton pada dalamnya. 

Lecak ini dilengkapi menggunakan tanamanyang merupakan Bungo runci & tali runci. Sedangkan buat alas kaki pria nir jauh berbeda dengan yg dimiliki wanita, yakni sandal selop rona hitam. apabila disandingkan sebenarnya memang nir jauh tidak sama antara pakaian perempuandan sandang pria. Yang membedakannya hanyalah sentuhan aksesoris yang digunakannya saja. 

Tak hanya hiasan pada ketua saja, baju adat Jambi untuk pria pula dilengkapi dengan beberapa aksesoris. Pada bagian pinggang disematkan selendang menggunakan rumbai-rumbai pada bagian ujung dan disatukan menggunakan pending yang merupakan rantai logam menjadi sabuk pengikat. Lalu, sebuah keris pula disematkan dalam bagian perut yang merupakan simbol kebesaran. 

Tak hanya perempuanyg mengenakan gelang, tetapi laki-lakiJambi jua mempunyai gelang sebagai pelengkap yg disebut menjadi gelang kilat bahu. Gelang ini adalah gelang logam yang mempunyai lukisan naga kuning. Naga kuning memiliki arti jika sang lelaki telah diberi kekuasaan. 

Dari penjelasan pada atas, tentunya Anda sudah sedikit mengenal & mempunyai gambaran mengenai pakaian istiadat Jambi. Baju kurung merupakan sebuah baju norma Jambi yg dikenakan baik sang pria juga perempuan. Namun, keduanya memiliki perbedaan bentuk misalnya yang telah dijelaskan diatas. 

Biasanya sandang tradisional Jambi mempunyai warna merah sebagai rona dasar & sentuhan rona emas menjadi aksesoris atau sentuhan pada baju adatnya. Selain rona merah, Anda pula mampu menemukan formasi antara warna merah belia dan jua hijau belia buat baju norma berdasarkan Jambi. 

Sebenarnya, seiring saat berjalannya waktu baju adat Jambi memiliki warna yang lebih bervariasi & majemuk tetapi pula nir meninggalkan aksesoris logam emas yang mempunyai makna tersendiri. 

Akhir Kata

Itulah beberapa penerangan tentang pakaian adat Jambi. Semoga artikel ini bermanfaat & menambah wawasan kalian tentang kebudayaan Indonesia. Sekian dan terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel