Pakaian Adat Lombok Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya!

Pakaian Adat Lombok Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya! - Pakaian adat Lombok merupakan sebuah kekayaan dan salah satu daya tarik yang bisa Anda saksikan apabila berlibur di Pulau Lombok. Lombok adalah tempat destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh kalangan wisatawan, baik turis lokal maupun luar negeri. 

Pakaian Adat Lombok

Pakaian Adat Lombok

Dengan adanya pakaian adat suku sasak ini mampu menarik minat para wisatawan untuk bisa datang dan melihat keunikan yang terdapat pada Pulau Lombok, melalui pakaian ini mencerminkan adanya tradisi unik dari kehidupan suku sasak Lombok, berikut ulasan.model pakaian istiadat Suku Sasak Lombok.

Pulau ini populer dengan kepulauan seribu masjid, bila Anda berlibur ke Lombok anda akan disuguhkan bangunan unik yaitu disepanjang perjalanan Anda menemukan poly masjid. Disini pula Anda mampu melihat pura-pura seperti halnya yang ada di Bali. 

Jika di Bali Anda mampu melihat banyak pura, namun di Lombok Anda sanggup menyaksikan adanya masjid & juga pura. Jadi Anda bisa melihatnya di satu tempat sangat unik kan. 

Kekayaan budaya yg sanggup dinikmati saat Anda mengambil Paket Liburan ke Lombok bersama Lombok Tour Plus dimulai menurut tradisi suku orisinil Lombok misalnya ; Suku Sasak, desa istiadat, masjid tertua, tarian, sampai pakaian adatnya. 

Mereka yg berkunjung ke objek wisata Desa Adat Lombok niscaya akan diperlihatkan bagaimana suku asli Lombok masih bertahan dengan kehidupan tradisionalnya pada tengah gempuran modernitas di Lombok.pakaian spesiallombok 

Sesederhana dari pakaian tradisional Lombok hingga kini masih mereka pertahankan. Bahkan, banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang turut membeli kain khas lombok. Kain ini bisa menjadi oleh-oleh khas Lombok dan menambah kenangan berlibur mereka di Pulau Lombok. 

Nah, apakah Anda ada yang hendak berlibur ke Pulau Lombok? jangan sampai tidak memahami keunikan dari pakaian istiadat Sasak Lombok, suku orisinil Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Seperti suku-suku pada wilayah lainnya di Indonesia, rakyat Suku Sasak pula mempunyai tradisi & kebudayaan yg sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai yg tertanam semenjak zaman nenek-moyang mereka. 

Nilai-nilai inilah yang dipegang teguh sang masyarakat Suku Sasak Lombok sampai sekarang, untuk menjalankan kehidupan. Mereka percaya, bahwa apa yg diterapkan oleh leluhur merupakan suatu yang baik buat merawat komunitasnya.Contoh Pakaian Adat Lombok Yang Tradisional 

Pakaian adat menjadi galat satu hal yang sakral dari budaya Suku Sasak. Karenanya, hingga kinisandang adat masih dipakai dalam aneka macam upacara atau ritual istiadat eksklusif. Berikut ini banyak sekali kelengkapan beserta contoh pakaian tata cara Lombok yang perlu Anda ketahui.

Keunikan Pakaian Adat Lombok

Nama sandang tata cara Lombok buat perempuandikenal dengan sebutan Pakaian Lambung. Pakaian ini biasanya digunakan pada ketika menyambut kedatangan tamu dan ketika tengah melaksanakan upacara istiadat yang dikenal menggunakan nama Mendakin atau Nyongkol.sandang tradisional lombok 

1. Lambung

Bentuknya berupa model kerah berbentuk V yang diberi hiasan pada bagian gigir baju. Kelengkapan pada pakaian Lambung, pada antaranya terdapat Pangkak yg adalah mahkota emas berbentuk bunga cempaka & mawar yang diselipkan disela konde/sanggul. 

2. Tangkong

Tangkong, yaitu baju yang terbuat berdasarkan bahan beludru atau brokat berwarna gelap menjadi lambang keagungan. 

Baca Juga: Pakaian Adat Sumatera Utara lengkap dengan Penjelasannya!

3. Tongkak

Tongkak, yaitu kain sabuk panjang yang dililitkan pada pinggang menggunakan bagian ujung rumbai berada pada sebelah kiri perlambang kesuburan & darma. 

4. Lempot

Lempot yang adalah kain tenun panjang menggunakan corak khas Lombok yang disampirkan di pundak sebelah kiri. Penggunaan selendang ini bermakna afeksi. 

5. Kereng

Yang ke lima, Kereng yang merupakan kain tenun songket spesialLombok yang dililitkan dalam pinggang hingga sebatas mata kaki. Penggunaannya sebagai lambang kesopanan, dan kesuburan. 

6. Aksesoris

Terakhir, ada aksesoris menjadi pelengkap, misalnya rantai perak ikat pinggang, giwang, kalung, & sebagainya.

Pakaian Adat buat Laki-laki

Kini giliran Anda mengetahui sandang adat Lombok NTB buat laki-laki yang tak jarang diklaim Pegon. 

Kelengkapan sandang Pegon, di antaranya sebagai berikut. Pertama, Cappuq atau Sapuk, yaitu mahkota yg dipakai sebagai lambang pernghormatan dalam Tuhan Yang Maha Esa. 

Penggunannya jua dimaksudkan buat menjaga pemikiran pemakaianya dari hal-hal kotor & buruk. Kedua, ada Pegon yg adalah baju yang menerima pengaruh adat Jawa dan mengadopsi contoh jas Eropa sebagai lambang keagungan dan kesopanan. 

Untuk memudahkan penggunanya, umumnya ada celah terbuka dibagian belakang tengah Pegon. Ketiga, Leang atau Dodot, yaitu kain songket yang berfungsi buat menyelipkan keris. Kain ini dipakai dengan cara melilitkannya di sekeliling pinggang, sehingga terlihat misalnya ikat pinggang. 

Kain songket yang dipakai beragam motifnya, terdapat subahnale, keker, bintang empet yang kesemuanya bermakna semangat dalam berkarya & pengabdian terhadap warga . 

Keempat, kain dalam dengan wiron, yaitu jenis kain yang digunakna menjadi penutup tubuh bagian bawah yang dililitkan dari pinggang hingga sebatas mata kaki menggunakan ujung tengah lurus menjuntai ke bawah. Hal ini melambangkan kerendahan hati dan sikat tawadhu’ yang wajib dimiliki setiap warga Suku Sasak. 

Dalam penggunaan kain wiron tidak diperkenankan buat menggunakan kain polos berwarna putih atau merah, melainkan kain bermotif khas Lombok dengan adonan motif batik Jawa. 

Akhir Kata

Itulah tadi pakaian norma Suku Sasak Lombok yang perlu buat Anda ketahui. Sebenarnya terdapat beberapa suku lainnya yg berada pada Lombok & mempunyai pakaian istiadat spesial Lombok sendiri. Tetapi, memang Suku Sasak mempunyai populasi terbanyak dibandingkan menggunakan suku-suku orisinil Lombok lainnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel